pandemi dan endemik

Coronavirus mulai menyebar akhir tahun 2019. Tidak disangka hingga tahun 2021, awal tahun ini pun virus corona masih tersebar di seluruh dunia.

 

Apa yang Dimaksud Dengan Pandemi?

Pandemi adalah suatu epidemi yang menyebar ke berbagai negara dunia dan menyerang banyak orang. Epidemi diartikan sebagai sebuah istilah yang digunakan untuk mengetahui seberapa meningkat jumlah kasus penyakit secara tiba-tiba pada suatu area tertentu.

Istilah pandemi digunakan untuk menunjukan tingginya suatu penyakit tertentu. Jadi yang membedakan epidemi dan pandemi adalah keduanya memiliki rujukan tentang skala. Epidemi dalam skala yang besar, pandemi memiliki skala global.

Salah satunya adalah COVID-19. Jauh sebelum pandemi virus corona, dulu pernah ada yang namanya flu babi. Penyakit ini bisa terjadi ketika strain influenza baru (H1N1) menyebar ke berbagai belahan dunia. Tidak dipungkiri, Indonesia juga. Selain flu babi, penyakit dan virus yang pernah berdampak luas di dunia seperti ebola, sindrom pernapasan akut (SARS), flu spanyol, dan kolera.

 

Baca Juga : 

Kenali Corona Tanpa Gejala yang Tidak Disadari

5 Hal Penting terkait Mutasi Baru Virus Corona

 

Apa yang Dimaksud Dengan Endemik?

Organisasi Kesehatan Dunia (WFO) menyatakan bahwa COVID-19 kemungkinan akan menjadi endemik. Endemik sendiri merupakan kedahiran suatu penyakit yang secara terus menerus terjadi dalam suatu wilayah geografis, bisa saja muncul pada negara atau wilayah tertentu yang spesifik dalam rentang waktu tertentu. Bisa juga bertahan lama dalam beberapa tahun.

Endemik dapat menyerang hanya pada satu lingkup misalnya terjadi pada satu negara, wilayah, atau benua saja. Suatu penyakit dikatakan endemik apabila keberadaannya dalam populasi bersifat konstan. Contoh penyakit endemik adalah malaria yang terjadi di Afrika.

super strong corona

Melihat kondisi dunia saat ini, maka kita harus lebih berhati-hati. Himbauan untuk tetap berada di rumah sebaiknya ditaati. Kamu memang butuh keluar rumah sesekali jika memang sangat penting untuk dilakukan. Jika tidak, kamu lebih baik di rumah dan tetap jaga kesehatan tubuh.

Menjaga kesehatan, tidak cukup hanya dengan mengkonsumsi makanan bergizi baik dan berolahraga. Kamu butuh perlindungan asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, dan asuransi jiwa untuk melindungi kamu terhadap risiko finansial di masa depan.

Di Super You by Sequis Online, kamu bisa memiliki asuransi dengan mudah. Asuransi digital Super You dimulai dengan premi Rp 30 ribuan per bulan. Terjangkau bukan? Untuk mendapatkan manfaat cover terhadap risiko COVID-19 kamu bisa memilih asuransi penyakit kritis Super Strong dan asuransi jiwa Super Life.

SHARE Super you Facebook Super you instagram

Artikel Terkait Lainnya