pasang behel

Pasang behel gigi yang juga dikenali sebagai kawat gigi banyak dilakukan untuk memperbaiki penampilan, yakni mempercantik struktur gigi. Meski begitu ada beberapa hal yang perlu diketahui sebagai persiapan menggunakan behel gigi, salah satunya adalah ketidaknyamanan yang akan dirasakan saat baru dipasang. Yuk, pelajari apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memasang behel gigi. 

Pengertian Behel Gigi

Manfaat Behel Gigi

Manfaat Behel Gigi

Banyak yang pasang behel dengan alasan estetika, untuk memperbaiki struktur gigi, tetapi fungsi pasang behel tidak hanya untuk estetika, lho. Yuk, ketahui manfaat pasang behel gigi:

  • Meningkatkan Kesehatan Gigi 

Dengan pasang behel, masalah ortodontik seperti gigi yang tidak rata, plak gigi, gigi tidak beraturan, pola gigitan tidak benar, bakteri, penyakit gusi dan lainnya bisa diatasi.

  • Melindungi Gigi dari Risiko Kerusakan 

Seseorang dengan pola gigitan tidak rata atau memiliki masalah ortodontik lainnya memiliki risiko lebih tinggi mengalami dampak berbahaya pada gigi seperti gigi depan yang menonjol, mengalami kerusakan atau masalah gigi dini. Pasang behel bisa membantu memberikan perlindungan dari dampak buruk tersebut dan menjaga kesehatan gigi.

  • Meringankan Masalah Makan 

Jika seseorang mengalami kesulitan mengunyah atau menggigit, kemungkinan disebabkan oleh gigi yang tidak rata. Pasang behel bisa memperbaiki masalah ini karena meratakan gigi sehingga bisa mengunyah dan menggigit lebih baik.

  • Meningkatkan Estetika 

Pasang behel bisa membetulkan struktur gigi dan meningkatkan estetika seluruh gigi.

Baca Juga: Rutin Sikat Gigi Tapi Apakah Anda Tahu Cara Menyikat Gigi yang Benar? Yuk, Ketahui Disini!

Jenis – Jenis Behel Gigi 

Jenis Jenis Behel Gigi

Terdapat banyak jenis – jenis behel yang dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan gigi dan bentuknya pun berbeda – beda. Mari ketahui berbagai macam tipe behel dan fungsinya.

  • Kawat Gigi Permanen 

Kawat gigi permanen merupakan kawat gigi konvensional yang paling banyak digunakan saat ini dan umumnya perlu digunakan selama 2 tahun. Behel jenis ini terbuat dari logam stainless steel yang diletakkan pada bagian depan gigi dengan semen khusus. 

bracket yang ada pada masing – masing gigi akan dihubungkan menggunakan karet elastis dan kawat khusus sehingga bisa memberikan tekanan pada gigi agar bisa bergeser membuat struktur gigi yang diinginkan.

Harga behel gigi jenis kawat gigi permanen berbeda – beda, tetapi pada umumnya biaya pasang behel jenis konvensional ini berkisar Rp 7,5 juta hingga Rp 20 juta.

  • Kawat Gigi Lepas Pasang 

Kawat gigi lepas pasang merupakan jenis – jenis behel yang bisa dipasang secara mandiri tanpa bantuan dokter. Bentuk dari behel ini adalah plastic yang ditempelkan pada beberapa gigi hingga menutupi bagian langit – langit mulut dengan tujuan memperbaiki masalah gigi yang ringan.

Harga behel gigi jenis kawat gigi lepas – pasang berbeda – beda, tetapi pada umumnya behel jenis ini dijual lepas di marketplace dengan biaya pasang behel berkisar Rp 25 ribu hingga Rp51 ribu. Namun, pastikan untuk hati – hati atas risiko merusak gigi daripada memperbaiki gigi.

  • Behel Self – Ligating 

Behel self – ligating mungkin terlihat sama dengan kawat gigi konvensional, tetapi behel jenis ini punya klip loam kecil pada bracket yang bisa mengunci dengan sendirinya tanpa bantuan karet. Harga behel gigi jenis kawat gigi self – ligating berbeda – beda, tetapi pada umumnya biaya pasang behel self – litigating ini berkisar Rp 25 Juta hingga Rp 20 juta.

  • Behel Lingual 

Jenis behel lingual sama dengan kawat gigi konvensional, yang berbeda hanya letaknya. Kebalikan dari behel konvensional, behel lingual terletak di sisi dalam gigi membuat kawat gigi tidak terlihat dari luar. Harga behel gigi jenis kawat gigi lingual berbeda – beda, tetapi pada umumnya biaya pasang behel lingual ini berkisar Rp 22 juta hingga Rp 40 juta.

  • Retainer

Retainer merupakan perawatan yang harus dilakukan pasca melepas behel agar struktur gigi tidak kembali seperti sebelum pasang behel. Retainer bisa permanen ataupun lepas – pasang, tetapi ini berdasarkan kondisi pasien. Harga behel gigi jenis retainer berbeda – beda dan lumayan mahal, tetapi pada umumnya biaya pasang behel jenis retainer ini berkisar Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta.

Tahapan Pasang Behel Gigi 

Female patient sitting in the dental chair while dentist doing e

Akan ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum pasang behel, yaitu persiapan memasang behel dengan mengevaluasi struktur gigi, pasang behel dan cara perawatan behel setelah dipasang. Mari belajar disini tahapannya.

  • Sebelum Pasang Behel Gigi 

Ada beberapa langkah yang perlu dipersiapkan sebelum pasang behel gigi. Yuk, ketahui langkah – langkahnya di bawah ini.

  • Memeriksa kondisi rongga mulut secara menyeluruh, gigi, rahang dan jaringan lainnya dalam gigi
  • Melakukan pemeriksaan rontgen untuk menganalisa posisi rahang dan gigi
  • Membuat cetakan gigi yang akan digunakan oleh dokter untuk melihat struktur dan susunan gigi 
  • Cabut gigi diperlukan jika ruang untuk pergerakan gigi di rahang kurang bagus 
  • Prosedur tambahan mungkin akan dilakukan jika perlu seperti operasi rahang
  • Saat Pasang Behel Gigi 

Setelah selesai melakukan evaluasi, akan ditentukan jenis behel yang sesuai dengan kebutuhan pasien dan prosedur pemasangan akan dilakukan. Berikut ini adalah prosedur pemasangan behel gigi:

  1. Bracket akan dipasang ke permukaan gigi, baik sisi depan atau belakang dan ditempelkan dengan lem khusus
  2. Pada gigi geragam akan dipasangkan orthodontic ring 
  3. Orthodontic ring akan disambungkan ke semua bracket dan struktur kawat gigi dengan buccal tube 
  4. Kawat fleksibel akan dipasang diatas bracket 
  5. Karet o – ring akan dipasangkan pada sekeliling bracket yang telah dipasangi kawat fleksibel 
  • Sesudah Pasang Behel Gigi 

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk cara perawatan behel dan kesehatan mulut. Yuk, ketahui apa saja:

  • Pasien tidak boleh mengonsumsi makan keras sehingga nyeri tidak semakin parah, konsumsi makanan lembut seperti yoghurt, kentang tumbuk, bubur, sayuran yang telah dimasak hingga lembut, ikan, telur, buah – buahan yang gampang untuk dikunyah dan banyak lagi. 
  • Jika mengalami sariawan karena rongga mulut mengalami kontak langsung dengan kawat gigi bisa diatasi dengan kumur air garam atau dengan membeli obat sariawan dibeli bebas di apotek 

Risiko Pasang Behel Gigi 

Manfaat pasang behel gigi memang untuk memperbaiki gigi dan kesehatan mulut, tetapi terdapat risiko dari memasang behel gigi. Ini dia risikonya:

  • Risiko Jangka Pendek 

Pasang behel bisa menyebabkan sisa makanan untuk lebih mudah nyangkut dan menyebabkan penumpukan plak gigi yang bisa memicu hal – hal di bawah ini jika tidak dibersihkan.

  • Lapisan enamel gigi hilang dan bisa menyebabkan munculnya noda putih di gigi 
  • Menyebabkan penyakit gusi 
  • Menyebabkan gigi berlubang 
  • Risiko Jangka Panjang 


    • Akar gigi semakin pendek 
    • Ada risiko dimana gigi gagal terkoreksi sehingga setelah selesai menggunakan kawat gigi, struktur gigi kembali seperti sebelum pemasangan. Ini bisa terjadi jika tidak rutin menggunakan retainer setelah melepas kawat gigi.

Pasang behel gigi mungkin tidak dibutuhkan bagi semua orang kecuali jika memiliki kondisi tertentu, tetapi manfaat behel gigi sangat banyak dan tidak hanya untuk kecantikan, untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, lho. 

LOVING PARENT Super easy health

Perlu diketahui bahwa biaya pasang behel tidaklah murah dan karena itu perlu mengetahui yang dibutuhkan oleh gigi dan mulut agar bisa menentukan jenis – jenis behel yang akan sesuai dengan finansial dan gigi. Yuk, mulai jaga kesehatan gigi dan tubuh dengan asuransi kesehatan dari Super You. Super Easy Health menyediakan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan saja, lho!

Artikel Terkait