Pcare BPJS Kesehatan

Kenali Pcare BPJS Kesehatan yang merupakan yang merupakan aplikasi layanan digital fasilitas BPJS Kesehatan. Pcare BPJS Kesehatan yang juga dikenal sebagai Primary Care banyak digunakan untuk berbagai layanan kesehatan, seperti mendapatkan Primary Care vaksin Covid – 19, loh. Selain untuk Pcare vaksin, masih banyak manfaat menggunakan aplikasi Pcare BPJS yang bisa didapatkan. Mari ketahui lebih lanjut mengenai apa itu Pcare BPJS Kesehatan di bawah ini.

Pcare BPJS Kesehatan

Apa itu Pcare BPJS Kesehatan 

Pcare BPJS Kesehatan atau Primary Care BPJS merupakan aplikasi oleh BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk memberikan akses kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, yakni layanan fasilitas kesehatan seperti puskesmas, klinik dan dokter.

Pcare BPJS Kesehatan adalah membantu fasilitas kesehatan memberikan pelayanan yang lebih efisien dan praktis kepada pemilik kartu BPJS. Menggunakan Pcare BPJS Kesehatan, cara daftar layanan faskes, berobat dan melakukan pemeriksaan di laboratorium bisa dilakukan. Pada dasarnya, aplikasi Pcare BPJS Kesehatan berfungsi untuk melakukan registrasi, screening, hingga untuk Pcare vaksin sehingga mempermudah pelayanan fasilitas kesehatan tingkat pertama memberikan layanan yang lebih baik.

Cara Daftar Pcare BPJS Kesehatan 

Berikut ini langkah – langkah yang perlu dilakukan sebagai cara daftar layanan faskes!  Yuk, simak baik – baik.

  • Akses Pcare BPJS Kesehatan dengan mengunjungi website resmi atau mengunduh aplikasinya di Google Playstore atau Appstore. 
  • Login akun jika sudah registrasi. Kalau belum punya akun, daftar BPJS Kesehatan melalui kantor BPJS.
  • Mengakses halaman utama yang kemudian diberikan dua pilihan, yakni Pendaftaran dan Pelayanan. 
  • Untuk pasien yang ingin berobat, pilih opsi pendaftaran dan lengkapi nomor BPJS, kemudian klik menu cari. Pasien yang merupakan peserta Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama akan muncul identitasnya. 
  • Lengkapi data yang kosong dengan jenis kunjungan yang dilakukan, keluhan yang dialami, hasil pemeriksaan fisik, hasil tekanan darah dan lainnya.pastikan untuk simpan informasi tersebut.
  • Kembali ke entry data.
  • Pilih menu pelayanan. Lengkapi informasi kolom terapi dan diagnosis dan simpan informasi tersebut.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Akan Hapus Kelas 1, 2, 3 dan Menggantinya dengan Kelas Standar, Uji Coba Juli 2022

Cara Login Pcare BPJS

login pcare bpjs

Jika sudah memiliki username dan password, lakukan login akun di halaman web. Setelah sudah bisa akses akun, akan segera masuk ke halaman utama Pcare BPJS Kesehatan. 

Apabila lupa username dan password dari akun, bisa melakukan request lupa kata sandi atau langsung menghubungi kantor BPJS Kesehatan. 

Fitur Baru di Pcare BPJS Kesehatan 

Pcare BPJS Kesehatan bukanlah aplikasi baru, melainkan aplikasi yang telah keluar sejak tahun 2014. Untuk yang sekarang, ini adalah pembaruan dari aplikasi yang sudah ada, tetapi sebelumnya berikut ini adalah fitur – fitur yang tersedia di Pcare BPJS Kesehatan:

  1. Pendaftaran untuk pasien 
  2. Diagnosis
  3. Melakukan terapi pengobatan 
  4. Melakukan Pelayanan Laboratorium 
  5. Manfaat BPJS
  6. Informasi mengenai iuran keanggotaan 
  7. Prosedur untuk pendaftaran peserta BPJS mandiri atau instansi 
  8. Login 
  9. Cek
  10. Pendaftaran untuk peserta BPJS
  11. Pencarian faskes
  12. Health Facilities Information System BPJS

Nah, yang di bawah ini merupakan fitur – fitur yang baru ada di Pcare BPJS Kesehatan. Yuk, ketahui penjelasannya!

  • Home

Di Pcare BPJS Kesehatan ditambahkan fitur home yang menjadi halaman utama dari aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan. Fungsi dari penambahan halaman home adalah untuk memperlihatkan daftar peserta BPJS Kesehatan untuk mempermudah mengisi nomor peserta BPJS Kesehatan dan lebih cepat untuk menemukan data pasien. 

Selain itu memiliki halaman home mempermudah jika harus mengulang proses pelayanan dengan cepat.

  • Entry Data 

Fitur entry data dilengkapi dengan dua menu, ‘Pendaftaran Pasien’ dan ‘Pelayanan Pasien’. Pada pendaftaran pasien, ini untuk membuat pendaftaran bagi pasien yang baru berobat untuk pertama kalinya, sehingga terdapat data yang perlu dilengkapi, seperti nomor kartu BPJS, nama pasien, tanggal lahir dan sebagainya. Tidak perlu susah payah dalam tahap ini, karena pasien BPJS pastinya sudah mendaftarkan diri di kantor BPJS sehingga hanya perlu no kartu BPJS pada kolom pencarian agar data keluar. 

Namun, terdapat beberapa data lainnya yang perlu diisi kembali, yakni:

  • Tanggal melakukan pendaftaran 
  • Jenis perawatan 
  • Keluhan yang dialami 
  • Data untuk pemeriksaan fisik: kesadaran, tinggi badan dalam cm dan berat badan dalam kg 
  • Tekanan darah pasien: sistole dan diastole 
  • Respiratory rate
  • Heart rate 

Pastikan data sudah benar sebelum di simpan.

Untuk pelayanan pasien, ini adalah fitur untuk input data pelayanan yang pasien terima. Data tersebut pada umumnya akan masuk pada ‘diagnosa’ dan ‘terapi’, tergantung fasilitas yang diterima oleh pasien. Jika sudah, pastikan untuk menyimpan data sehingga data tersimpan dengan baik. 

Menu tersebut juga menyediakan pembuatan tujukan yang bisa dibaca oleh fasilitas kesehatan rujukan. Berikut ini adalah langkah membuat rujukan:

  • Pilih opsi ‘Pelayanan Pasien’ pada bagian status pulang dan klik opsi ‘Rujuk Lanjut’
  • Pilih spesialis tujuan rujukan yang sesuai dengan kebutuh dan pilih opsi ‘Cari Faskes Rujukan’
  • Pada layar akan ditampilkan beberapa pilihan untuk faskes rujuk lanjut yang dilengkapi dengan nama dari rumah sakit, golongan kelas, alamat, jarak rumah sakit, nomor telepon dari rumah sakit dan jadwal praktek
  • Melihat Data

Fitur ini berfungsi untuk melihat informasi mengenai data kunjungan untuk mengetahui berapa jumlah peserta BPJS yang terdaftar. Selain itu, fitur ini juga bisa memberitahu informasi kegiatan, jumlah kunjungan dan daftar penyakit yang sering dialami pasien.

  • Tools

Fitur tools berfungsi untuk melakukan pengaturan aplikasi seperti mengubah password aplikasi Pcare BPJS Kesehatan. Fitur ini juga bisa digunakan untuk melihat data tenaga medis di fasilitas kesehatan tempat pasien berobat.

  • Keterangan Fasilitas Kesehatan

Fitur ini berfungsi untuk mendapatkan informasi mengenai fasilitas kesehatan yang dipilih oleh pasien.

  • Log Out 

Fitur ini berfungsi untuk keluar dari akun Pcare BPJS Kesehatan. Agar data tidak disalah gunakan, pastikan untuk keluar dari akun setelah selesai menggunakan aplikasi.

Cara Melakukan Pcare BPJS Eclaim 

e-claim

Untuk melakukan e – claim Pcare BPJS Kesehatan, terdapat beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Yuk, ketahui langkah – langkah cara melakukan Pcare BPJS eclaim!

  1. Akses http://pcare.bpjs-kesehatan.go.id 
  2. Login 
  3. Pada bagian entry masukan tanggal untuk data pasien 
  4. Pilih opsi rawat inap
  5. Lengkapi data pemeriksaan fisik dan tekanan darah 
  6. Di Bagian entry cari nomor kartu pasien 
  7. Jika sudah keluar, pilih tanggal pulang 
  8. Lengkapi diagnosa dan tekanan medis dan status sembuh, lalu simpan 
  9. Lengkapi entry bagian tindakan 
  10. Pilih daftar tagihan dan klik bulan yang dipilih 
  11. Pilih opsi melihat data, kemudian pembuatan FPK, pilih bulan dan kemudian cari berapa total tagihan 
  12. Buat FPK dan cetak
  13. Lapor ke pihak BPJS Kesehatan setelah hasil klinis sudah keluar 

Baca Juga: Ketahui 6 Cara Ini untuk Cek BPJS Kesehatan dengan NIK

Manfaat Menggunakan Aplikasi Pcare BPJS 

Pastikan menggunakan aplikasi Pcare BPJS Kesehatan saat berobat untuk bisa merasakan manfaat menggunakan aplikasi Pcare BPJS!

  • Mempermudah Proses Pendaftaran Pasien 

Menggunakan aplikasi Pcare BPJS akan mempermudah proses pendaftaran karena seluruh data pasien telah tersimpan pada sistem, jadi jika ingin berobat menggunakan kartu BPJS hanya perlu mengisi nomor pendaftaran aplikasi BPJS kesehatan atau mengisi data.

  • Lebih Mudah Mengakses Aplikasi 

Akan lebih dengan mengakses aplikasi Pcare BPJS Kesehatan karena kebutuhan membawa smartphone kemana – mana dan terhubung dengan koneksi internet yang stabil.

  • Data Pasien yang Lebih Terintegrasi

Dengan menggunakan aplikasi Pcare BPJS Kesehatan, data pasien yang telah terdaftar akan lebih mudah ditemukan pada layanan fasilitas kesehatan, seperti klinik atau puskesmas sehingga mempermudah pelayanan petugas medis dalam memberikan pengobatan kepada pasien.

  • Proses Diagnosis Semakin Cepat 

Lebih gampang untuk melakukan review melalui riwayat penyakit pasien, karena dengan aplikasi Pcare BPJS Kesehatan, semua rekam medis akan terekam kedalam aplikasi.

  • Lebih Mudah Melakukan Rujukan 

Pertolongan medis lebih lanjut yang ditangani pihak rumah saki akan memerlukan surat rujukan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan tingkat 1 sehingga pasien bisa mendapatkan pengobatan yang dibutuhkan lebih baik di rumah sakit. 

Kekurangan Menggunakan Pcare BPJS Kesehatan 

Dengan fitur yang bisa dibilang lengkap, Pcare BPJS Kesehatan bukanlah aplikasi yang sempurna dan masih memerlukan pengembangan. Salah satu contohnya adalah update aplikasi terakhir yang dilakukan pada 29 September 2018. Dengan kurangnya pembaruan yang terjadi bisa menyebabkan kurang maksimalnya performa aplikasi Pcare.

promo super cinta

Sekian penjelasan mengenai aplikasi Pcare BPJS Kesehatan dan manfaat menggunakan aplikasi Pcare BPJS. Meski BPJS bisa membantu menanggung biaya pengobatan, terdapat penyakit tidak ditanggung BPJS, sehingga penting melengkapi BPJS dengan asuransi kesehatan, seperti Super Easy Health Protection yang bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan!

Artikel Terkait