pedulilindungi

Aplikasi PeduliLindungi yang diluncurkan di tahun 2020 adalah aplikasi kesehatan yang harus dimiliki. Sejak tahun 2020 hingga sekarang, pengguna aplikasi PeduliLindungi meningkat hingga menjadi aplikasi ketiga dengan pengguna terbanyak setelah Shopee dan Tokopedia. Berdasarkan Kementerian Kesehatan, terdapat 97 juta pengguna aplikasi PeduliLindungi dengan 60 juta pengguna aktif setiap bulannya.

 

Aplikasi PeduliLindungi telah menjadi hal yang wajib untuk dimiliki untuk perlindungan masyarakat dan sebagai pengendalian penyebaran Covid – 19. Namun, dengan menurunnya kasus Covid – 19 apa yang akan terjadi pada aplikasi PeduliLindungi? Berdasarkan Kementerian Kesehatan, meskipun kasus Covid – 19 sudah menurun dan bahkan saat pandemi sudah selesai pun aplikasi PeduliLindungi akan tetap digunakan. 

 

Baca Juga: 

Kenali Kasus Hepatitis Misterius yang Tersebar di 20 Negara!

Flu Singapura, Kenali Gejala dan Cara Menghindarinya

 

Aplikasi PeduliLindungi 

PeduliLindungi diluncurkan di tahun 2020 sebagai aplikasi kesehatan yang berfokus pada perkembangan pandemi Covid – 19. Aplikasi ini digunakan untuk melakukan tracking (Pelacakan), tracing (Penelusuran) dan fencing (Pengurungan) untuk surveilans kesehatan. 

 

Fitur Tracking dan Tracing akan membantu untuk memantau pergerakan dari pasien yang positif Covid – 19 atau melakukan kontak erat bersama pasien positif Covid – 19 selama 14 hari kebelakang. Fitur Fencing digunakan untuk membantu memantau pergerakan dari pasien yang positif Covid – 19 dan melakukan karantina mandiri.

 

Selain untuk melacak pergerakan masyarakat, aplikasi PeduliLindungi juga dikembangkan untuk berbagai macam informasi, seperti informasi seputar vaksinasi Covid – 19, tempat yang menyediakan vaksin dan jenis vaksin yang disediakan, mencari tempat tidur di rumah sakit, menyediakan informasi mengenai lab yang menyediakan pemeriksaan PCR, antigen dan daftar fasilitas kesehatan. Menyediakan informasi mengenai travel regulations, telemedicine dan Electronic Health Card (e – HAC) atau Kartu Kesehatan Elektronik.

 

PeduliLindungi paling banyak digunakan untuk menerapkan protokol kesehatan di area publik, seperti saat ke mal atau ke coffee shop melakukan check – in dengan scan barcode melalui aplikasi PeduliLindungi dan melakukan cek suhu di pintu masuk. 

 

Baca Juga: 

Apa Saja Syarat Vaksin Covid – 19?

Apa Sih Bedanya PCR, Rapid Test Antigen, Rapid Test Antibodi untuk Deteksi COVID – 19?

Perubahan yang Akan Terjadi pada Aplikasi PeduliLindungi

Dengan terjadinya penurunan pada kasus Covid – 19, maka Kementrian Kesehatan menentukan untuk memperluas fungsi dari aplikasi PeduliLindungi dan mengubah funginya menjadi aplikasi kesehatan umum atau Citizen Health App (CHA). Tidak hanya sebagai aplikasi yang mencakup status vaksinasi dan hasil tes Covid – 19, kedepannya semakin banyak fitur akan ditambahkan ke aplikasi PeduliLindungi. 

 

Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan mengatakan bahwa seperti sertifikat Covid – 19, semua sertifikat vaksin akan dimasukkan secara elektronik ke aplikasi PeduliLindungi. 

 

“Dengan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) kita akan memasukkan semua sertifikat vaksin secara elektronik ke PeduliLindungi. Kalau 5 tahun lagi, 10 tahun lagi atau 15 tahun lagi yang bersangkutan mau ke luar negeri dia tinggal tunjukkan barcode – nya sama seperti kita tunjukkan di PeduliLindungi” ujar Budi di Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI, Senin (30/5).

 

Selain vaksinasi, fitur yang juga akan ditambahkan ke PeduliLindungi adalah memasukan hasil tes kesehatan secara umum di laboratorium yang dilakukan oleh pengguna, dan hal ini bisa memudahkan akses data hasil tes kesehatan saat berobat. Jadi apabila sedang diluar kota dan harus berobat tidak usah membawa data kesehatan, cukup hanya membawa handphone yang memiliki PeduliLindungi untuk ditunukan kepada dokter. Semua data diri tentunya akan dilindungi dengan standar keamanan data kesehatan, juga regulasi perlindungan data dan privasi. 

 

Intinya akan ada perubahan besar dari aplikasi PeduliLindungi yang sekarang masih berfokus pada pandemi Covid – 19 menjadi aplikasi kesehatan umum. Hal ini akan memudahkan akses data diri dan memudahkan saat melakukan perjalanan nantinya. Memaksimalkan proteksi kesehatan dengan asuransi kesehatan dari Super You dengan harga yang minimalis.

 

Saat ini Super You ada promo SUPER FUN untuk keluarga pergi ke Kidzooona atau Jakarta Aquarium GRATIS! Hanya dengan membeli 3 produk Super Easy Health Family Package. Ketahui lebih lengkapnya di link berikut ini! Jangan sampai kelewatan promonya ya!

Artikel Terkait