pemandian air panas

Salah satu hal yang identik dengan Jepang adalah pemandian air panas yang sangat tersebar luas di Negara Matahari Terbit. Kita banyak melihat budaya Jepang untuk berendam dari komik, kartun, film hingga menjadi salah satu budaya yang dipromosikan saat berkunjung kesana. Budaya ini kita lihat dari pemandian air panas alami, pemandian publik maupun kebiasaan berendam air panas di rumah. 

Di budaya Jepang, mandi bukanlah sebuah kebutuhan melainkan ritual yang sudah dilakukan selama berabad – abad dengan tujuan membersihkan fisik dan jiwa. Hal ini menyebabkan mengapa terdapat berbagai macam tipe pemandian air panas di Jepang dan menunjukkan bahwa budaya ini merupakan budaya yang sangat penting bagi masyarakat Jepang.

Tipe Pemandian Air Panas 

Pemandian Air Panas

Budaya Jepang untuk berendam di air panas sangat tersebar luas di negara tersebut. Hal ini menyebabkan adanya lebih dari satu tipe pemandian air panas, berikut ini adalah 3 jenis pemandian air panas di Jepang!

  • Onsen

Onsen adalah pemandian air panas alami yang berasal dari mata air pegunungan. Jepang sebagai negara yang dikelilingi oleh gunung vulkanik memiliki banyak sumber mata air panas sehingga memiliki beragam pemandian air panas alami dengan manfaat yang berbeda berdasarkan jenis mata airnya.

  • Sento 

Sento juga merupakan pemandian air panas yang bisa digunakan oleh publik, perbedaannya dengan onsen adalah air panas Sento merupakan air panas buatan dan bukan alami. 

  • Ofuro 

Ofuro berbeda dari Onsen dan Sento karena merupakan pemandian air panas yang bersifat privat dan berada di rumah. Namun, seperti Sento, air panas Ofuro bukanlah air panas alami dan merupakan air panas buatan.

Baca Juga: Patah Tulang, Ini 6 Cara Ampuh Mencegahnya!

Selain merupakan budaya, kebiasaan berendam di air panas juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan kesehatan mental. Yuk, ketahui apa saja manfaat dari mandi pemandian air panas alami.

Manfaat dari Pemandian Air Panas Alami 

Air panas tidak hanya bermanfaat untuk diminum, lho. Mandi di air panas juga memiliki banyak manfaat, apalagi di pemandian air panas alami dimana airnya memiliki banyak kandungan mineral. Berikut ini adalah 8 manfaat mandi air panas untuk kesegaran tubuh.

  • Menghilangkan Stress

Berendam di air panas dengan temperatur 30 – 35 derajat Celcius membantu untuk meredakan ketegangan tubuh. Hal ini bisa membantu tubuh lebih rileks dan dapat membantu menghilangkan stress.

  • Detox Racun

Tahukah kamu bahwa berendam di air panas dapat membuka pori – pori? Hal ini membantu tubuh untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh.

  • Membantu Mengobati Penyakit Kulit 

Berendam di air panas dapat membantu mengobati penyakit kulit seperti eksim, ruam dan gatal – gatal. Pemandian air panas alami dapat membantu karena belerang yang memiliki kandungan antiseptic. Pastikan untuk berendam sekitar 15 – 20 menit secara rutin untuk hasil yang maksimal.

  • Meringankan Flu dan Sakit Kepala 

Berendam di air panas alami bisa meringankan flu dan sakit kepala dengan merendam kaki, lho! Unik kan? Untuk hasil yang maksimal rendam kaki di pemandian air panas alami selama 10 – 20 menit.

Baca Juga: Atasi Gangguan Psikosomatis, Sakit Fisik yang dipicu Stress

  • Membantu Kondisi Insomnia 

Dengan bantuan berendam di pemandian air panas alami yang dapat meredakan ketegangan tubuh dan mengendurkan otot – otot badan, tubuh akan merasa lebih rileks dan tidur lebih nyenyak.

  • Membantu Melancarkan Sirkulasi Darah 

Berendam di air panas alami bisa membantu untuk memperlancar sirkulasi darah dan dengan begitu menjaga dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

  • Mengobati Jerawat 

Terdapat kandungan sulfur pada pemandian air panas alami yang dapat membantu kondisi jerawat pada wajah. Hal ini karena airnya yang memiliki kandungan belerang. Untuk membantu mengobati jerawat dapat dilakukan dengan mengusap air panas ke wajah beberapa kali.

  • Membantu Penyakit Muskuloskeletal

Dengan pemandian air panas alami membantu otot – otot untuk rileks, hal ini membantu penyakit muskuloskeletal yang berhubungan dengan otot, persendian, tulang, rematik dan lainnya 

Nah, itulah manfaat kesehatan dari berendam di pemandian air panas alami. Tidak heran mengapa orang Jepang sangat sehat dengan rutinitas mandi air panas. Yuk, mulai jaga kesehatan kita juga, bisa dimulai dari memiliki asuransi kesehatan dari Super You dengan harga yang terjangkau dan bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan masing – masing.

Artikel Terkait