pengertian introvert

Apa kamu tahu bahwa ada 9 jenis kepribadian manusia? Biasanya lebih banyak yang mengetahui 2 dari 9, yakni ekstrovert dan introvert. Aslinya pengertian introvert dan ekstrovert tidak jauh beda dari satu sama lain loh, hanya bertolak belakang saja. Biasanya kepribadian introvert banyak diasosiasikan sebagai pendiam dan pemalu, sedangkan kepribadian ekstrovert lebih digambarkan ceria dan sosial. 

Dari luar, deskripsi kepribadian tersebut mungkin terdengar akurat, seorang introvert memang cenderung pendiam dan ekstrovert lebih banyak bersosialisasi, tetapi pengertian introvert dan ekstrovert lebih dalam dari sekedar kepribadian yang pendiam atau ceria. 

Introvert

Dengan bertolak belakangnya kepribadian ini apa bisa berbaur bersama? Tentu bisa! Mengetahui perbedaan introvert dan ekstrovert secara akurat dan bagaimana tiap jenis tersebut bersosialisasi sangat bermanfaat untuk membangun lingkungan yang sukses dan produktif bagi semuanya. 

Apa Itu Introvert?

foto pemandangan sendirian

Hanya karena seseorang memiliki kepribadian introvert bukan berarti mereka antisosial. Salah satu tipe orang introvert adalah introvert sosial, pengertian introvert yang satu ini adalah lebih nyaman berada di circle pertemanan yang kecil. Biasanya teman-temannya adalah yang sudah sangat dekat dengan mereka, seperti sudah dikenali bertahun-tahun.

  • Introvert Pemikir

Pada dasarnya seorang introvert lebih berhati-hati dan lebih banyak berpikir, tetapi ada juga introvert pemikir. Pengertian introvert pemikir adalah seseorang yang senang berimajinasi dan seorang pemikir ulung, sehingga mereka memiliki kreativitas tak terbatas. 

  • Introvert yang Mudah Cemas

Meski seseorang pasti pernah merasa cemas, salah satu tipe kepribadian introvert adalah mudah cemas. Pengertian introvert yang mudah cemas biasanya lebih pemalu dan tidak menyukai keramaian, mereka lebih memilih untuk berada di rumah dan melakukan hal atau bersama seseorang yang membuat mereka nyaman. 

Tipe introvert ini bukan antisosial, tetapi mereka gampang merasa canggung dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Biasanya kecemasan dan rasa canggung tersebut bisa timbul akibat tidak pandai melakukan basa basi atau tidak bisa mencari topik pembicaraan untuk dibahas.

  • Restrained Introvert

Pengertian introvert tipe restrained adalah seseorang yang sangat pendiam dan jawabannya singkat. Tipe yang satu ini kepribadiannya sangat dingin, tetapi akan berubah semakin lama mengenal dan dekat dengan orang itu. 

Seseorang dengan kepribadian restrained introvert hanya akan mulai terbuka ketika sudah dekat dan nyaman. Hal ini membuat banyak orang salah paham terhadap mereka, apalagi kalau baru pertama kali bertemu, pasti dikira jutek banget! 

Namun, perilaku mereka seperti ini bukan berarti mereka tidak mau berteman kok, hanya memerlukan lebih banyak waktu bersama aja.

Baca Juga: Apa Itu Mental Illness dan Jenis Gangguannya?

Ciri Ciri Introvert 

Carl Jung berkata bahwa tidak ada orang yang murni seorang introvert atau ekstrovert, lalu bagaimana caranya mengetahui kepribadian yang dimiliki? 

Untuk mengetahui jika seseorang memiliki sifat introvert bisa dilihat dari ciri ciri yang dimiliki dan jika cocok dengan ciri ciri introvert. Perlu diingat bahwa memiliki kepribadian introvert atau introversion bukan sebuah mental illness melainkan kepribadian. 

  • Energi Gampang Terkuras Saat Menghabiskan Waktu dengan Orang Lain

anti sosial

Apa pernah merasa capek saat menghabiskan waktu dengan orang lain? Itu merupakan salah satu ciri ciri introvert loh. Namun, hal ini bukan berarti seseorang dengan kepribadian introvert punya masalah berinteraksi atau bersosialisasi, cuman biasanya seseorang dengan sifat introvert merasa cepat lelah saat menghabiskan waktu dengan orang lain. 

Ini adalah ciri ciri introvert yang bertolak belakang dengan ekstrovert. Deskripsi Carl Jung mengenai seorang ekstrovert adalah bahwa mereka akan semakin berenergi ketika bertemu dan berinteraksi dengan orang banyak. 

Setelah seorang introvert bersosialisasi, mereka akan menghabiskan waktu mereka sendirian. Kegiatan ini adalah me-time dan waktu mereka untuk mengembalikan energi yang hilang tersebut. 

  • Senang Menghabiskan Waktu Sendiri

Meski bukan seorang antisosial atau tidak menyenangkan, seseorang dengan kepribadian introvert lebih bahagia ketika bisa menghabiskan waktu mereka sendirian melakukan kegiatan yang mereka sukai.

Tentunya ini bukan berarti seseorang dengan kepribadian introvert senang menyendiri seharian penuh, mereka hanya lebih memilih orang untuk berinteraksi. Biasanya orang-orang tersebut adalah yang terdekat, seperti keluarga atau teman. 

  • Kuantitas Teman Mungkin Sedikit, Tetapi Berkualitas 

orang introvert

Salah satu karakteristik dari seorang introvert adalah jumlah teman yang sedikit akibat tidak suka bergaul, tetapi ini tidak sepenuhnya benar. Meski seseorang dengan sifat introvert gampang lelah ketika bergaul bukan berarti tidak memiliki teman. 

Ya, jumlah teman yang dimiliki seorang introvert memang lebih sedikit dibandingkan seorang ekstrovert, tetapi kualitas pertemanan yang dimiliki cenderung lebih berkualitas. 

Baca Juga: Apa itu Social Anxiety Disorder, Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

  • Gampang Terdistraksi di Tempat Umum 

Sulit bagi seorang introvert untuk fokus di keramaian karena mereka akan kewalahan, sehingga mudah terdistraksi. Pengertian introvert adalah seseorang yang memfokuskan energinya secara internal, karena itu berada di tempat dengan banyak orang akan membuat mereka gampang lelah dan susah fokus.

  • Lebih Sadar Diri 

Seseorang dengan sifat introvert biasanya sering berpikir dan melakukan refleksi diri. Kebiasaan ini membantu mereka untuk belajar lebih banyak mengenai diri mereka sendiri serta mengerti lebih banyak tentang diri mereka.

  • Belajar Lewat Observasi 

Anak introvert memiliki kebiasaan untuk belajar melalui observasi dan mempelajari sebaik mungkin sebelum memiliki keberanian untuk melakukan praktik secara langsung.

Bagaimana Cara Mengecek Jika Seseorang itu Introvert?

Secara umum menebak jika seseorang memiliki kepribadian introvert gampang dilakukan berdasarkan ciri ciri introvert yang mereka tunjukkan, tetapi tidak berarti tebakan berdasarkan observasi menjadi jawaban yang akurat. 

Untuk mendeterminasi jika seseorang benar-benar memiliki sifat introvert bisa di cek melalui beberapa tes kepribadian. Tujuan dari melakukan tes kepribadian adalah agar bisa mengukur elemen dominan yang ada dalam seseorang. Beberapa tes kepribadian tersebut adalah:

  • Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)
  • Keirsey Temperament Sorter
  • Personality Style Indicator 
  • Five Factor Model Personality Inventory

Sudah mengerti belum? Seseorang dengan kepribadian introvert bukan berarti mereka pemalu atau pendiam ya! Pengertian introvert adalah seseorang yang menggunakan energinya secara internal, jadi mereka lebih cepat lelah saat berinteraksi dengan banyak orang. Mengerti bagaimana kepribadian introvert akan membantu menciptakan lingkungan yang nyaman bagi seorang introvert dan sekitarnya, serta membantu produktivitas mereka. 

promo super easy health terbaru

Nggak rugi kok memahami pengertian introvert, sama seperti nggak rugi memiliki asuransi kesehatan dari Super You! Super Easy Health dari Super You bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan loh!

Artikel Terkait