penyakit-akibat-ldl-tinggi

Kolesterol adalah salah satu masalah kesehatan yang bisa berakibat sangat fatal jika tidak diperhatikan. Namun, apa sih aslinya kolesterol itu? 

 

Apa Itu Kolesterol

Kolesterol adalah jenis lemak yang ada dalam tubuh, dan meski benar lemak bisa menyebabkan penyakit, nyatanya tidak semua lemak berdampak buruk pada tubuh. Namun, kolesterol tetap lemak dan terlalu banyak akan menyebabkan bahaya pada kesehatan karena bisa menyebabkan penumpukan di pembuluh darah yang menyebabkan pembentukan plak sehingga terjadi penyumbatan pada pembuluh darah. 

Pada tubuh, kolesterol diperlukan untuk pembentukan asam empedu, vitamin D, membran sel dan hormon lainnya. 

 

Jenis – Jenis Kolesterol 

Aslinya tidak semua kolesterol berdampak buruk pada tubuh. Terdapat 3 jenis lipoprotein utama dalam tubuh yang berfungsi untuk menyalurkan kolesterol ke seluruh tubuh. Yuk, kenali apa saja jenisnya:

 

Low – Density Lipoprotein (LDL)

Lipoprotein ini juga dikenal sebagai LDL. Fungsi dari lipoprotein ini adalah untuk membawa kolesterol ke seluruh tubuh lewat pembuluh darah arteri. Namun, apabila kadar dari LDL terlalu tinggi melebihi kadar kolesterol normal, maka LDL bisa menumpuk pada dinding pembuluh arteri dan menyebabkan darah untuk tidak bisa mengalir dengan baik. Hal ini menyebabkan LDL untuk dikenal juga sebagai ‘kolesterol jahat’.

 

High – Density Lipoprotein (HDL) 

Lipoprotein yang dikenal sebagai HDL adalah kolesterol yang semakin tinggi kadarnya akan berdampak semakin baik untuk tubuh. Hal ini karena fungsi dari HDL yang mengembalikan kadar kolesterol berlebih ke hati agar bisa dikeluarkan dari tubuh. Hal ini menunjukan pentingnya untuk tingkatkan HDL kolesterol.

 

Trigliserida

Trigliserida adalah lemak yang dijadikan sumber tenaga dan pembentukannya adalah ketika ada sisa kalori yang tidak terpakai oleh tubuh. Jadi apabila tubuh mendapatkan asupan kalori dan terdapat sisa yang tidak terpakai, maka kadar trigliserida meningkat. Banyak yang berpikir bahwa lipoprotein yang satu ini tidak berdampak besar. Namun nyatanya apabila dibiarkan trigliserida bisa memicu penyakit berbahaya seperti stroke, serangan jantung dan penyakit jantung.

 

Bahaya Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi bisa menyebabkan banyak risiko kesehatan. Mari ketahui apa saja penyakit yang dapat disebabkan oleh kolesterol tinggi.

 

1. Penyakit Jantung Koroner

Kolesterol tinggi secara otomatis bisa berdampak pada kesehatan jantung dan menyebabkan penyakit jantung koroner. Hal ini dikarenakan saat terjadi penumpukan pada dinding arteri yang juga dikenal sebagai aterosklerosis maka arteri akan menyempit. Penyempitan yang terjadi pada arteri akan menghambat aliran darah ke jantung. Untuk melindungi diri dari risiko penyakit jantung koroner dengan memiliki asuransi penyakit kritis.

 

Baca Juga: Apa Itu Gagal Jantung, Penyebab, dan Gejala

 

2. Stroke

Seperti penyakit jantung koroner, kadar kolesterol LDL tinggi adalah salah satu penyebab stroke. Stroke disebab oleh kekurangan darah pada otak yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah di otak sehingga aliran darah ke otak berkurang. Lindungi diri dari risiko stroke dengan asuransi penyakit kritis.

 

Baca Juga: Mati Rasa, Kenali Gejala Stroke dan Cara Pencegahannya

 

3. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Salah satu penyakit yang berhubungan langsung dengan kolesterol tinggi adalah hipertensi. Kolesterol tinggi bisa menyebabkan hipertensi saat dinding arteri menyempit dan menyebabkan jantung yang harus bekerja lebih kencang untuk memompa darah. Hal ini menyebabkan tekanan darah yang tidak normal dan meninggi. 

 

4. Batu Empedu 

Salah satu peran kolesterol adalah membantu sistem pencernaan dengan memproduksi cairan empedu. Cairan empedu ini yang mencerna lemak dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Namun, apabila kadar kolesterol LDL terlalu tinggi, ini bisa menyebabkan terjadinya batu empedu.

 

Pencegahan Kolesterol Tinggi 

Untuk mencegah risiko terjadinya kolesterol, lindungi diri anda dari bahaya kolesterol sejak dini dengan melakukan cara berikut ini:

 

Nah itu dia bahaya dari kolesterol tinggi. Pastikan untuk melakukan pencegahan kolesterol dan lindungi diri dengan asuransi. Super You menyediakan asuransi kesehatan dengan harga yang terjangkau dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing lho!