mata ikan di kaki

Mata ikan atau yang memiliki nama lain clavus adalah penebalan yang terjadi di kuit akibat tekanan dan gesekan yang terjadi berulang kali. Mata ikan ini bisa timbul di bagian tubuh mana pun,tetapi paling sering terjadi pada kaki, tangan, dan jari.

Mata ikan ini biasanya berbentuk bulat dengan ukuran lebih keci daripada kapalan, memiliki bagian tengah yang keras dan dikelilingi kulit yang meradang. Selain bentuknya yang dapat mengganggu keindahan kulit, mata ikan juga akan disertai rasa nyeri, luka, dan infeksi. Namun, kondisi iini pada umumnya tidak tergolong serius.

Kalau kamu sedang bertanya tentang pengertian mata ikan, penyebab mata ikan dan cara menghilangkan mata ikan, kamu saat ini berada pada artikel yang cukup tepat karena kami akan membahas ketiga hal tersebut secara lengkap dan tuntas.

Table of Contents

Pengertian Mata Ikan

Seperti sudah kami sebutkan secara singkat di atas, mata ikan adalah sebutan untuk penebalan kulit akibat dari adanya gesekan secara terus-menerus. Mata ikan ini sering kali tumbuh pada bagian tubuh yang menonjol, seperti tonjolan tulang jari-jari, telapak tangan, ataupun telapak kaki.

Penebalan kulit akibat dari mata ikan ini bisa menimbulkan rasa nyeri dan sakit apabila tidak langsung ditangani dengan baik. Meski demikian, benjolan ini pada umumnya tidak berbahaya. Berdasarkan penyebabnya, mata ikan ini bisa terbagi ke dalam dua jenis, yaitu mata ikan akibat gesekan dan mata ikan akibat virus.

Penyakit kulit ini juga bisa menyerang semua kalangan usia, namun paling sering terjadi pada anak-anak usia 12-16 tahun atau orang dewasa yang berada pada usia di atas 65 tahun.

Penyebab Mata Ikan

Pada dasarnya, sebagian besar penyebab dari mata ikan adalah gesekan yang terjadi pada kulit secara berulang dan terus menerus. Mata ikan ini muncul sebagai reaksi alami tubuh untuk melindungi kulit dari luka akibat gesekan atau tekanan yang terjadi.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan adanya gesekan atau tekanan yang bisa berujung pada mata ikan adalah:

  • Memakai sepatu yang tidak sesuai ukuran
  • Berjalan di luar ruangan tanpa alas kaki
  • Pakai sepatu tanpa kaus kaki
  • Terbiasa jalan terlalu jinjit
  • Memainkan alat musik bersenar
  • Melakukan aktivitas mencangkul

Selain gesekan dan tekanan, ada kondisi lain yang bisa meningkatkan seseorang terkena penyakit mata ikan, diantaranya:

  • Obesitas
  • Memiliki bekas luka atau kutil
  • Kelainan pada bentuk tangan dan kaki
  • Terpapar virus pada lingkungan basah, seperti tenpat pemandian.

Baca Juga : Ketahui Penyebab dan Cara Menghilangkan Bekas Koreng di Kaki

Gejala Mata Ikan

gejala mata ikan
Sumber : https://www.freepik.com/

Gejala utama mata ikan biasanya adalah munculnya benjolan besar yang mengeras pada kulit dan menyebabkan kulit kering/bersisik. Dalam beberapa kasus, mata ikan bisa disertai peradangan dan nyeri.

Pada mata ikan yang disebabkan oleh virus, luka sering muncul di tumit dan area penyangga kaki lainnya. Hal ini menyebabkan rasa sakit pada mereka yang berjalan atau berdiri sendiri. Sedangkan mata ikan akibat gesekan biasanya terjadi pada bagian kaki yang menahan beban, seperti sela-sela jari kaki, bagian atas kaki, atau bagian samping, dan seringkali terasa nyeri saat kita menopangnya.

Berdasarkan gejalanya, mata ikan terbagi ke dalam 3 jenis, yaitu:

  • Mata ikan kecil

Jenis mata ikann ini biasanya muncul di bagian bawah kaki dan berukuran kecil dibandingkan yang lainnya. Mata ikan kecil ini akan terasa nyeri ketika ditekan.

  • Mata ikan lunak

Jenis mata ikan ini sering kali terjiad pada area kulit  yang lembap, seperti pada sela-sela jari. Karakteristik maa ikan ini adalah berwarna keputihan, bertekstur kenyal, dan terasa halus.

  • Mata ikan keras

Mata ikan keras ini merupakan jenis yang paling umum di antara jenis lainnya. Mata ikan keras biasanya timbul pada kulit yang bersentuhan langsung dengan kondisi tulang. Kondisi ini ditandai dengan penebalan kulit yang sangat terasa keras dan memiliki bitnik gelap di tengahnya.

Cara Mengobati Mata Ikan

Cara menghilangkan mata ikan atau cara mengobati mata ikan sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi, membutuhkan waktu yang cukup lama yakni sekitar satu sampai dengan dua tahun. Proses penyembuhan yang tak sebentar ini tentunya akan membuat penderitanya tidak nyaman.

Oleh karena itu, ada beberapa pilihan pengobatan yang bisa dilakukan oleh para dokter untuk pemulihan penyakit ini.

  • Diberikan Asam Salisilat

Mata ikan di telapak kaki bisa dihilangkan dengan pemberian asam salisilat pada kulit yang bermasalah. Obat ini bekerja dengan mengikis lapisan kulit yang terkena mata ikan sedikit demi sedikit sampai hilang sepenuhnya.

  • Pemberian Asam Trikloroasetat

Asam trikloroasetat ini dikenal sebagai salah satu obat ampuh untuk mata ikan. Biasanya ini diberikan pada saat permukaan kutil sudah menghilang.

  • Cryotherapy

Krioterapi dilakukan dengan cara mengoleskan nitrogen cair di sekitar kutil. Efeknya adalah jaringan pada mata ikan akan mengelupas sendiri dalam kurun waktu 2-14 minggu sampai benjoan hilang sepenuhnya.

  • Operasi Kecil

Operasi kecil juga bisa dilakukan untuk mengatasi mata ikan, apalagi mata ikan di telapak kaki. Operasi ini dilakukan untun mengangkat jaringan mata ikan pakai pisau bedah atau menghancurkan benjolan menggunakan jarum listrik dan membuang sisa-sisa jaringan mata ikan.

  • Laser

Tujuan dari pengobatan laser ini sendiri adalah untuk membantu membakar gumpalan pembuluh darah kecil yang tertutup karena mata ikan. Tujuannya yaitu untuk menggantikan jaringan yang terinfeksi. Dengan demikian, mata ikan ini pun bisa lepas dari kulit.

Baca Juga : Halus Seketika! Ini Tahapan dan Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki

Pencegahan Mata Ikan

Pencegahan mata ikan bisa dilakukan untuk cara menghilangkan mata ikan di kaki. Kedua hal ini memang cukup berkesinambungan dan memiliki kaitan satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, berikut beberapa cara atau upaya yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kondisi mata ikan:

  • Pakai sepatu yang pas, terutama yang memberi banyak ruang pada jari kaki. Belilah sepatu saat ukuran kaki meregang, misalnya saja pada sore hari.
  • Gunakan perban pelindung, tempelkan perban di atas area yang bergesekan dengan alas kaki.
  • Kenakan sarung tangan empuk, saat kamu sedang menggunakan perkakas tangan, sangat penting untuk mengenakan sarung tangan yang cukup tebal atau empuk. Kamu juga bisa melapisi gagang peralatan dengan selotip atau penutup kain.

Tak hanya itu, cara pengobatan dengan akar mata ikan dicabut juga menjadi alternatif lain dalam pencegahan mata ikan. Dan untuk melakukan ha itu, kamu harus berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

Itu lah tadi penjelasan kami tentang pengertian mata ikan, penyebab mata ikan, dan cara pencegahan mata ikan.

Sekarang, kamu juga sudah bisa menikmati layanan asuransi kesehatan terbaik yang ada di Indonesia dengan Super Easy Health by Super You. Dengan harga hanya Rp4.500 saja per hari, kamu sudah bisa menikmati berbagai layanan kesehatan terbaik di seluruh rumah sakit di Indonesia.

Jadi, tunggu apalagi, cek premi kamu sekarang juga ya!

Artikel Terkait