penyakit sakit kepala

Penyakit sakit kepala merupakan kondisi yang dialami oleh banyak orang setiap harinya. Meski keluhannya hampir sama, terdapat berbagai macam faktor yang dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala, yang utama adalah stres yang berlebihan sehingga menyebabkan ketegangan pada kepala. Cara mengatasi sakit kepala adalah mengetahui dahulu penyebab sakit kepala yang dialami. 

Penyakit Sakit Kepala

Apa itu Sakit Kepala

Apa itu Sakit Kepala

Penyakit sakit kepala adalah timbulnya rasa sakit atau nyeri pada area kepala atau leher yang bisa dialami dari waktu ke waktu. Pada umumnya terjadinya sakit kepala tidak disebabkan oleh masalah kesehatan yang serius, tetapi jika sering sakit kepala atau rasa sakit berlangsung lama maka bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan yang lebih serius. 

Berdasarkan World Health Organization (WHO), penyakit sakit kepala dialami oleh 50 persen dari populasi orang dewasa, sehingga sakit kepala pernah dialami oleh hampir setengah dari populasi di dunia ini. 

Penyakit sakit kepala juga tidak hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi juga anak – anak, dewasa hingga mereka yang sudah lanjut usia (lansia), baik pria maupun wanita. 

Jenis Sakit Kepala 

Terdapat beberapa jenis sakit kepala yang bisa dialami seseorang. Jenis – jenis ini juga memiliki penyebab sakit kepala tersendiri. Yuk, ketahui jenis – jenisnya dan penjelasannya di bawah ini.

Pada umumnya jenis sakit kepala terjadi menjadi dua, yakni penyebab sakit kepala primer dan sekunder. 

  • Sakit Kepala Primer

Jenis sakit kepala primer, tidak disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu yang menyebabkan penyakit sakit kepala tersebut sebagai kondisi medis dan bukan gejala maupun efek samping dari kondisi kesehatan lainnya. Penyebab sakit kepala primer dapat dipicu oleh berbagai macam faktor, seperti pola hidup yang tidak sehat, stres berlebihan, cahaya yang terlalu terang hingga postur tubuh yang buruk. 

Jenis sakit kepala primer dapat diatasi dengan mengubah gaya hidup, melakukan terapi otot dan menggunakan obat sakit kepala yang bisa meredakan sakit. Namun, jika sering sakit kepala maka bisa diresepkan oleh dokter obat preventif agar tidak berulang. 

Meski bukan disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu, jenis sakit kepala primer merupakan masalah serius karena bisa mengganggu aktivitas sehari – hari. 

Baca Juga:

Cara Benar Pemakaian Paracetamol Adalah? Ketahui Disini!

  • Sakit Kepala Sekunder

Berbeda dari sakit kepala primer, jenis sakit kepala sekunder merupakan gejala atau efek samping dari suatu kondisi kesehatan atau penyakit tertentu. Beberapa kondisi kesehatan yang bisa menjadi penyebab sakit kepala sekunder adalah mengalami infeksi, ada tumor, mengalami masalah di area tulang belakang atau leher dan tekanan darah tinggi. 

Selain itu, mengonsumsi obat – obatan tertentu, seperti obat pereda sakit, secara berlebihan juga bisa menjadi penyebab sakit kepala sekunder. 

Penting untuk mengatasi kondisi kesehatan tersebut sebagai cara menghilangkan sakit kepala sekunder. 

Jenis sakit kepala sekunder ini merupakan masalah serius, tidak hanya sebagai implikasi kondisi kesehatan yang lebih serius, tetapi juga karena bisa mengganggu aktivitas sehari – hari. 

Berikut ini adalah jenis sakit kepala dari sakit kepala primer dan sekunder. Yuk, ketahui penjelasannya di bawah ini.

  1. Sakit Kepala Tension: Jenis sakit kepala yang paling umumn untuk dialami. Penyebab sakit kepala tension adalah ketegangan otot dan stres.
  2. Sakit Kepala Cluster: Jenis sakit kepala ini menimbulkan rasa sakit yang intens dan hanya pada satu sisi kepala, yakni sakit kepala sebelah kiri maupun sakit kepala sebelah kanan.
  3. Sakit Kepala Migrasi: Ini adalah penyakit sakit kepala dimana rasa sakitnya bergerak dari satu sisi ke lainnya.
  4. Sakit Kepala Sinus: Jenis sakit kepala ini disebabkan oleh infeksi atau inflamasi pada sinus. 
  5. Sakit Kepala Migrain: Penyakit sakit kepala ini akan menimbulkan rasa sakit kepala yang intens dan disertai dengan gejala visual seperti cahaya berkilauan.
  6. Sakit Kepala Barometric: Penyakit sakit kepala ini disebabkan oleh perubahan pada tekanan udara.
  7. Sakit Kepala Cervicogenic: Jenis sakit kepala ini disebabkan oleh masalah leher, seperti ketegangan otot.
  8. Sakit Kepala Hemicrania Continua: Ini adalah penyakit sakit kepala yang berlangsung terus – menerus dan pada satu sisi kepala.

Jenis sakit kepala ini hanya beberapa dan masih banyak lagi jenisnya yang bisa ditemukan. Cara mengatasi sakit kepala, pastikan untuk mengetahui penyebabnya dahulu.

Baca Juga : 13 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Penyebabnya

Penyebab Sakit Kepala

Penyebab sakit kepala bermacam – macam, bisa karena pola hidup yang tidak sehat, mengonsumsi makanan yang memicu atau bisa jadi sebagai implikasi dari suatu kondisi kesehatan yang lebih serius. 

Penyebab sakit kepala juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor risiko di bawah ini. 

Faktor Risiko dari Sakit Kepala 

  • Stres
  • Dehidrasi 
  • Mengonsumsi alkohol
  • Memiliki pola tidur yang buruk
  • Ketegangan otot area leher dan bahu
  • Masalah postur tubuh, seperti berada di depan komputer terlalu lama
  • Mengonsumsi makanan tertentu, seperti kafein 
  • Menggunakan obat – obatan dengan sakit kepala sebagai efek samping
  • Kondisi kesehatan seperti infeksi, sinus, tekanan darah tinggi dan lainnya 

Gejala Penyakit Sakit Kepala 

Terdapat beberapa gejala dari terjadinya penyakit sakit kepala, yaitu:

  • Nyeri 
  • Nyeri pada dahi, sakit kepala bagian atas, sakit kepala bagian samping dan sakit kepala bagian belakang
  • Mengalami sensitivitas pada suara dan cahaya
  • Merasa mual dan muntah 
  • Mengalami kelelahan 
  • Nafas yang berat 
  • Memar di area tertentu dari wajah maupun area leher

Cara Mengatasi Sakit Kepala 

Sebelum langsung mengonsumi obat sakit kepala, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi sakit kepala, yaitu:

  • Mengatur pola tidur
  • Hindari mengonsumsi makanan yang tidak sehat
  • Pastikan untuk berolahraga secara teratur
  • Perbaiki postur tubuh

Tetapi jika sakit kepala terjadi secara berulang atau sudah sangat sakit, pastikan untuk lakukan konsultasi dengan dokter. 

Terdapat beberapa jenis obat yang bisa digunakan sebagai obat sakit kepala, yaitu:

  • Analgetik 
  • Obat pereda nyeri dan sakit 
  • Obat sakit kepala spesifik
  • Obat alergi

Cara Mencegah Sakit Kepala

Cara mencegah sakit kepala bisa dilakukan dengan beberapa hal di bawah ini:

Nah, itulah penjelasan dari penyakit sakit kepala dan penyebabnya. Pastikan untuk menjaga kesehatan tubuh agar kondisi sakit kepala tidak terjadi, bisa dengan mencegah kondisi kesehatan lainnya terjadi dan untuk menghindari terjadinya sakit kepala primer. 

super cinta superyou

Selain menjaga tubuh dari sakit kepala pastikan memiliki asuransi kesehatan dari Super You yang bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan.

Artikel Terkait