Penyakit Usus Buntu

Penyakit usus buntu adalah kondisi dimana usus buntu atau apendisitis mengalami peradangan. Biasanya, saat radang usus buntu terjadi, akan timbul rasa nyeri pada bagian kanan bawah perut dan lebih sering terjadi pada kelompok usia 10 – 30 tahun.

Penyakit Usus Buntu

Penyebab Usus Buntu

Penyebab Usus Buntu

Terjadinya penyakit usus buntu adalah akibat infeksi pada rongga usus buntu dan semakin berkembang sehingga menyebabkan radang usus buntu, pembengkakan dan bernanah.

Penyakit usus buntu atau apendisitis bisa terjadi saat usus buntu tersumbat oleh benda asing, seperti kotoran hingga kanker. Tersumbatnya usus buntu bisa menyebabkan terjadinya infeksi sehingga usus buntu membengkak dan terjadi radang usus buntu. 

Ada juga beberapa faktor lainnya yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit usus buntu, seperti:

  • Terjadinya penebalan pada jaringan dinding usus buntu akibat terjadi infeksi pada saluran pencernaan atau bagian lainnya. 
  • Menderita kondisi medis lainnya, seperti tumor perut.
  • Mengalami cedera di perut. 
  • Tumbuh parasit, seperti infeksi cacing kremi atau ascariasis, di dalam pencernaan yang menyebabkan terjadinya penyumbatan pada rongga usus buntu.

Gejala Usus Buntu 

Saat mengalami penyakit usus buntu, gejala awal usus buntu yang terjadi adalah timbulnya rasa nyeri di perut, dikenal sebagai kolik abdomen. 

Tanda – tanda usus buntu yang dimulai dengan kolik abdomen akan menimbulkan rasa nyeri yang berawal dari pusar dan perlahan menyebar ke bagian bawah kanan perut, tetapi lokasi timbulnya nyeri juga bisa berbeda – beda berdasarkan usia penderita serta posisi usus buntu.

Rasa nyeri akibat penyakit usus buntu akan semakin parah dalam waktu beberapa jam, terutama saat batuk, bersin, menarik napas dan bergerak. Rasa nyeri akan timbul secara tiba – tiba, bahkan bisa terjadi saat sedang tidur. 

Selain gejala awal usus buntu, yakni kolik abdomen, bisa timbul tanda – tanda usus buntu lainnya yang terjadi secara bersamaan, seperti:

  • Perut terasa kembung 
  • Mengalami mual dan muntah 
  • Nafsu makan hilang 
  • Menderita diare
  • Mengalami konstipasi atau sembelit
  • Mengalami demam dan menggigil 

Faktor Risiko Penyakit Usus Buntu

Risiko terjadinya radang usus buntu bisa terjadi kepada siapa saja, tetapi terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan kemungkinan seseorang menderita apendisitis. Berikut ini adalah beberapa faktor tersebut:

  • Usia 

Pada dasarnya, semua orang dalam usia apapun bisa terkena radang usus buntu, tetapi usia 10 – 30 tahun lebih rentan terserang apendisitis.

  • Jenis Kelamin

Selain usia, jenis kelamin juga bisa meningkatkan faktor risiko seseorang terkena penyakit usus buntu. Pria lebih rentan terkena apendisitis dibandingkan wanita. 

  • Riwayat Kesehatan Keluarga 

Riwayat kesehatan keluarga juga bisa meningkatkan risiko seseorang menderita radang usus buntu. Jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat apendisitis, maka risiko terkena penyakit usus buntu semakin tinggi. 

Baca Juga: Kenali Apa itu Kanker Usus Besar

Diagnosis Penyakit Usus Buntu

Diagnosis Penyakit Usus Buntu

Untuk memastikan terjadinya penyakit usus buntu, cek ke dokter untuk melakukan diagnosis penyakit usus buntu. Pemeriksaan akan diawali dengan dokter menanyakan riwayat kesehatan pasien, keluarga pasien, riwayat operasi yang pernah dijalani, penggunaan obat – obatan, riwayat alergi dan gejala yang diderita. 

Setelah sesi bertanya dari dokter, akan dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik dengan mengecek area perut, salah satunya adalah menekan area yang sakit. Pada umumnya diagnosis radang usus buntu adalah timbulnya rasa nyeri yang semakin parah jika area perut ditekan dan dilepas dengan cepat. 

Tetapi, meski telah melakukan pemeriksaan fisik, untuk memastikan diagnosis dari penyakit usus buntu akan dilakukan pemeriksaan penunjang, seperti:

  • Melakukan tes darah untuk mengecek jumlah sel darah putih untuk memastikan jika ada infeksi. 
  • Tes urine yang berfungsi untuk memastikan jika ada kemungkinan lainnya, seperti infeksi saluran kemih atau terbentuknya batu ginjal.
  • Melakukan USG perut untuk mendapatkan gambaran organ yang ada di dalam perut dan mengecek aliran darah di dalam perut.
  • Melakukan CT Scan atau MRI agar bisa melihat organ yang ada di dalam perut lebih jelas. 
  • Pemeriksaan panggul yang dilakukan untuk memeriksa jika nyeri terjadi akibat adanya masalah pada organ reproduksi atau karena terjadi infeksi panggul lainnya.
  • Tes kehamilan untuk mengecek jika timbulnya rasa nyeri bukan akibat kehamilan ektopik.
  • Melakukan foto rontgen dada untuk mengecek jika ada pneumonia sebelah kanan yang bisa menjadi penyebab timbulnya rasa nyeri.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga: Mengatasi Pencernaan Hingga Masalah Kulit

Pengobatan Penyakit Usus Buntu 

Pengobatan untuk penyakit usus buntu terbagi menjadi dua, yakni menggunakan obat usus buntu atau dengan melakukan operasi. 

  • Obat Usus Buntu 

Jika penyakit usus buntu yang dialami termasuk ringan, maka akan diberikan obat usus buntu, yaitu antibiotik. Namun, jika dokter mengusulkan untuk melakukan operasi, maka antibiotik juga akan diberikan melalui infus untuk melawan infeksi.

  • Operasi   

Operasi merupakan pengobatan utama dari penyakit usus buntu agar usus buntu bisa diangkat. Usus buntu tidak memiliki peran penting dalam hidup orang dewasa, sehingga jika diangkat tidak akan menyebabkan masalah jangka panjang. 

     1. Laparoskopi 

Operasi laparoskopi untuk mengangkat usus buntu dengan membuat beberapa sayatan berukuran lubang kunci pada perut sebagai akses untuk memasukkan alat bedah yang diperlukan dalam prosedur pengangkatan usus buntu.

     2. Laparotomi 

Dalam melakukan prosedur laparotomi, perut bagian kanan bawah akan dibedah sepanjang 5 – 10 cm untuk mengangkat usus buntu. Operasi ini dianjurkan bagi penderita usus buntu dimana infeksinya menyebar hingga keluar usus buntu, atau jika telah bernanah. 

Setelah melakukan prosedur laparotomi, akan diperlukan sekitar 10 – 14 hari hingga diperbolehkan untuk menjalankan aktivitas fisik dan akan diresepkan obat pereda nyeri.

Baca Juga : Ketahui 4 Fungsi Ginjal dengan Mengenali Struktur Ginjal

Komplikasi Penyakit Usus Buntu 

Jika penyakit usus buntu tidak segera ditangani atau tidak mendapatkan penanganan yang tepat maka bisa menyebabkan terjadinya komplikasi serius, seperti:

  • Kantung Nanah Terbentuk di Dalam Perut 

Penyakit usus buntu yang pecah berisiko menyebabkan terbentuknya kantung infeksi yang berisi nanah. Jika hal ini terjadi maka akan diperlukan ahli bedah untuk membantu mengalirkan abses dengan bantuan alat tabung yang akan disambungkan melalui dinding perut ke dalam abses. Alat tabung tersebut akan dibiarkan selama dua minggu dan penderita akan menerima pengobatan antibiotik untuk mengobati infeksi tersebut. 

  • Peritonitis

Jika radang usus buntu tidak ditangani maka berisiko apendiks pecah dan terjadi peritonitis dimana infeksi akan menyebar keseluruh tubuh. Kondisi ini bisa mengancam nyawa dan akan segera membutuhkan operasi agar bisa mengangkat usus buntu serta membersihkan rongga perut. 

Pencegahan Penyakit Usus Buntu 

Masih belum ada cara yang pasti untuk mencegah terjadinya penyakit usus buntu, tetapi berikut adalah beberapa upaya untuk mencegah terjadinya usus buntu:

  • Meningkatkan konsumsi makanan berserat 
  • Perbanyak konsumsi air putih 
  • Konsumsi makanan yang memiliki kandungan probiotik 
  • Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan 

Asuransi sesuai gaji kamu

Penyakit usus buntu harus segera ditangani agar tidak menjadi komplikasi kesehatan yang lebih parah. Lebih baik untuk melakukan pencegahan dari sekarang dengan menjaga kesehatan tubuh sehingga faktor risiko radang usus buntu menurun. Mencegah penyakit usus buntu juga bisa dengan memiliki asuransi kesehatan dari Super You yang memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan.

Artikel Terkait