penyebab kantong mata

Apa itu kantong mata? Pada dasarnya penyebab kantong mata atau dalam bahasa medis Periorbital Puffiness bisa muncul karena penumpukan cairan yang disebabkan oleh jaringan disekitar mata yang semakin melemah, hal ini termasuk dengan otot yang menopang kelopak mata. Meski kantong mata bisa terjadi pada siapapun dari anak-anak, remaja, dewasa, dan lansia, ini merupakan hal yang umum terjadi seiring bertambahnya usia.

Meski bisa dibilang hal yang umum, tetapi kantong mata bisa menyebabkan kurang pede karena membuat kita terlihat lebih tua. Apasih yang penyebab kantong mata? Mari ketahui cara menghilangkan kantong mata dibawah ini!

Kantong Mata

Penyebab Kantong Mata

Penyebab Kantong Mata

1. Penuaan

Saat kita bertambah usia, otot dan jaringan tubuh lainnya akan mulai melemah, otot yang menopang kelopak mata adalah salah satunya. Karena melemahnya jaringan tubuh cairan disekitar mata berpindah, dan berkumpul di kelopak mata menyebabkan bagian bawah mata untuk terlihat lebih gelap.

2. Alergi

Meski tidak selalu seperti ini, salah satu reaksi alergi dapat menyebabkan bagian bawah mata untuk terlihat bengkak dan berkantong. Hal ini dikarenakan saat terjadi reaksi alergi, bisa terjadi iritasi, peradangan, kemerahan, dan bengkak hingga mata berair dan menyebabkan munculnya kantong mata. Kemunculan kantong mata pun biasanya disertai oleh lingkaran hitam dibawah mata. Selain kantong mata, alergi juga bisa menyebabkan kedutan di mata kanan bawah lho!

3. Kurang Tidur

Saat kurang tidur, bagian bawah mata akan menggelap karena kulit menjadi pucat, hal ini akan menyebabkan pembuluh darah yang berwarna gelap akan semakin terlihat. Selain menyebabkan pembuluh darah semakin terlihat, kurang tidur akan menyebabkan penumpukan cairan sehingga area mata akan terjadi pembengkakan, dan menimbulkan kantong mata.

4. Pola Makan Tidak Teratur

Pola makan yang tidak teratur dan mengonsumsi makanan yang tidak baik dapat menyebabkan kekurangan asupan protein dan cairan yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh, dan juga bagian bawah mata.

5. Stres

Saat stres, jaringan tubuh, dan kulit akan melemah menyebabkan hormon kortisol untuk naik secara otomatis. Meningkatnya hormon kortisol dapat menyebabkan kantong mata karena peningkatan volume darah pada tubuh dan pembuluh darah harus membesar untuk menyesuaikan dengan peningkatan darah, ini termasuk pada bawah mata.

6. Dehidrasi

Kekurangan cairan pada tubuh akan menyebabkan bagian bawah mata terlihat kusam, selain itu pembuluh darah pada bagian mata juga akan terlihat lebih gelap. Namun tidak hanya bagian bawah mata yang terlihat lebih gelap. Selain bagian bawah mata akan terlihat gelap, area mata yang dari awal merupakan bagian kulit paling tipis dan dekat dengan tulang akan menyebabkan bagian bawah mata semakin cekung karena lekukan tulang yang semakin terlihat.

7. Faktor Keturunan

Genetik merupakan salah satu alasan kantong mata tidak bisa dihindari. Faktor genetik yang terjadi ini biasanya adalah pigmentasi yang gelap, hal ini menyebabkan bagian bawah mata untuk terlihat lebih gelap.

8. Terkena Paparan Sinar Matahari

Selain faktor genetik, hal lain yang dapat menambahkan pigmentasi di bawah mata adalah sinar matahari. Apabila kita terus terpapar dibawah sinar matahari secara berlebihan tanpa perlindungan sunscreen, ini dapat menyebabkan peningkatan produksi melanin pada kulit.

Baca Juga: Manfaat Pemakaian Sunscreen dan Tips yang Harus Kamu Ketahui!

Jangan khawatir, hilangnya kantong mata tentu bisa diatasi dengan perawatan yang benar! Yuk, ketahui cara mengurangi kantong mata dibawah ini!

Cara Menghilangkan Kantong Mata yang Bisa Anda Lakukan

Cara Menghilangkan Kantong Mata

1. Kompres dingin

Salah satu cara menghilangkan kantong mata adalah dengan cara mengompres mata menggunakan kompres dingin. Kompres dingin bisa dibuat cepat dengan cara merendam lap bersih di air dingin atau balut es menggunakan lap bersih. Setelah menyediakan kompres dingin akan lebih gampang untuk berada dalam posisi tidur atau kepala menghadap ke atas sehingga kompres tidak jatuh. Letakkan kompres dingin pada mata dan tunggu 10-15 menit.

2. Kompres Kantong Teh Celup

Cara menghilangkan kantong mata selanjutnya menggunakan kantong teh celup. Kantong teh celup yang basah dapat membantu mengatasi beberapa masalah yang berhubungan dengan mata. Namun, untuk mengatasi kantong mata dianjurkan untuk menggunakan teh hijau atau teh hitam karena memiliki antioksidan yang dapat mengatasi mata bengkak, dan kandungan kafein yang membantu untuk melancarkan pembuluh darah pada daerah mata sehingga menyamarkan lingkaran hitam dibawah mata.

3. Pertahankan kelembaban pada kulit

Iritasi dan alergi dapat memicu pembengkakan pada mata, karena itu mempertahankan kelembaban kulit terutama pada bagian mata dapat mencegah terjadinya iritasi atau alergi.

4. Kurangi konsumsi garam

Muka terlihat bengkak setelah makan mie instan malam-malam? Ini karena kandungan natrium tinggi yang ada pada mie instan. Natrium yang merupakan garam bisa menyebabkan retensi pada cairan tubuh, retensi ini bisa menyebabkan pembengkakan yang juga dialami pada bagian mata yang menyebabkan timbulnya kantong mata. Untuk mengurangi kantong mata, coba untuk mengurangi mengkonsumsi garam.

super easy health

Demikian penjelasan mengenai penyebab kantong mata dan cara menghilangkan kantong mata. Apabila saran diatas tidak mempan atau ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kantong mata, lakukan konsultasi dengan dokter kulit dan jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan yang bisa dilakukan dengan melakukan 7 tips ini!

Artikel Terkait