penyebab kesemutan

Kesemutan adalah kondisi kesehatan yang sangat umum terjadi pada masyarakat. Penyebabnya juga sangat beragam, namun meski terlihat ringan dan bisa hilang sendiri, kondisi kesemutan ini tidak boleh disepelekan karena bisa menjadi tanda adanya penyakit tertentu.

Pada umumnya, kesemutan atau dengan bahasa lain parestesia ini ditandai dengan rasa kebas atau mati rasa yang diikuti rasa layaknya tertusuk jarum. Kondisi ini pun bisa terjadi di bagian tubuh manapun, tapi paling sering kesemutan di area tangan dan kaki.

Table of Contents

Tak jarang kesemutan bisa membuat bagian tubuh yang terdampak menjadi kaku dan lemah. Kalau terjadi di kaki, kesemutan ini bisa membuat penderitanya sulit berjalan untuk waktu yang sementara.

Penyebab Kesemutan 

Dalam poin ini, ada beberapa alasan yang jadi penyebab tangan sering kesemutan dan penyebab kaki sering kesemutan. Penyebab ini juga harus diwaspadai karena bisa jadi berhubungan dengan neuropati perifer, neuropati diabetik, gangguan tiroid, sampai dengan stroke.

  • Neuropati Perifer

Penyebab tangan sering kesemutan yang pertama bisa jadi gejala dari penyakit neuropati perifer. Ini adalah kerusakan yang terjadi pada saraf tepi atau dikenal dengan saraf perifer. Di mana, saraf ini memiliki fungsi dalam mengirimkan sensasi fisik dari organ tubuh ke otak ataupun sebaliknya.

Beberapa kondisi penyakit yang bisa memicu neuropati perifer ini adalah cidera saraf, efek samping obat, hingga penyakit autoimun.

Baca Juga : Mitos atau Fakta, Penyakit Rematik Disebabkan Mandi Malam?

  • Neuropati Diabetik

Neuropati Diabetik

Ini menjadi alasan kedua kenapa tangan sering kesemutan gejala apa. Neuropati diabetic adalah salah satu penyakit komplikasi diabetes melitus yang perlu kamu waspadai. Kondisi ini terjadi karena tingginya kadar gula darah dalam tubuh sampai bisa memicu kerusakan saraf di dalam tubuh yang menimbulkan sensasi kesemutan dan mati rasa.

Hal ini juga bisa menjadi penyebab kaki sering kesemutan yang banyak dirasakan banyak orang. Jadi, jangan anggap kesemutan ini menjadi hal yang biasa saja, ternyata bisa memiliki dampak yang luar biasa untuk kesehatan kita.

  • Kondisi Peredaran Darah yang Tidak Lancar

Peredaran darah yang tidak lancar juga bisa menjadi penyebab kenapa tangan sering kesemutan. Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan peredaran darah tidak lancar di dalam tubuh, seperti:

  1. Posisi tidur yang kurang baik
  2. Duduk yang terlalu lama
  3. Sering melakukan gerakan yang berulang seperti mengetik, menulis, dan memotong
  4. Merokok
  5. Berat badan yang berlebih atau obesitas

Selain ketiga hal tersebut, penyebab kesemutan yang lain adalah saraf terjepit karena adanya tekanan pada satu bagian tertentu, seperti pada tangan kaki, atau berada di posisi yang sama dalam waktu yang cukup lama. Misalnya saja duduk bersila terlalu lama atau tidur dengan tangan di kepala.

Tubuh manusia pada dasarnya memiliki miliaran sel saraf yang memiliki fungsi masing-masing. Ada yang menjadi penghubung jalur komunikasi dari otak sampai dengan sumsum tulang belakang ke seluruh tubuh.

Saat tangan atau kaki menerima tekanan yang cukup lama, maka saraf-saraf yang menjalar tadi akan tertekan atau terjepit. Saraf yang terjepit ini bisa menyebabkan otak kekurangan informasi sensasi indra peraba yang diharapkan datang dari Kumpulan saraf itu.

Kondisi umum lain yang bisa menjadi penyebab kenapa kaki sering kesemutan adalah kekurangan nutrisi. Nutrisi yang dimaksud di sini adalah vitamin B1, B6, B12, dan asam folat yang menjadi nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk bisa menjaga kesehatan fungsi saraf manusia.

Jika kebutuhan ini tidak tercukupi, saraf kemudian bisa rusak dan menimbulkan mati rasa atau kesemutan. Selain itu, kadar kalsium, kalium, dan natrium yang tidak normal juga menjadi penyebab kenapa tangan sering kesemutan.

Baca Juga : Mengenal Fungsi Tulang Belakang: Bentuk, Bagian-bagian, hingga Cara Merawatnya

Cara Mengatasi Kesemutan

Pada kondisi yang normal, cara mengatasi kaki kesemutan dan cara mengatasi tangan kesemutan adalah tidak perlu treatment tertentu alias akan hilang sendirinya. Cara menghilangkan kesemutan di tangan secara alami lain adalah mengubah posisi tubuh.

Contohnya, jika kamu duduk bersila terlalu lama, cobalah untuk berdiri dan berjalan sebentar. Kondisi ini akan membantu kamu dari rasa kesemutan yang sedang kamu alami.

Kemudian jika kamu tanpa sadar menindih salah satu tangan saat tidur, coba kamu hilangkan kebas dengan menggoyang-goyangkan tangan. Cara ini menjadi sangat ampuh agar suplai darah di bagian tubuh yang terkena menjadi normal sehingga bisa menghilangkan sensasi kesemutan secara perlahan.

Kalau kamu suka merasa kesemutan dalam waktu yang berkepanjangan, kamu perlu menyampaikan kepada dokter untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut. Biasanya, dokter akan memeriksa riwayat medis kamu.

Lalu, akan memeriksa fisik dan pemeriksaan penunjang terkait dengan hal yang lain untuk mengetahui penyebab utamanya. Beberapa pemeriksaan yang lazim dilakukan untuk kesemutan ini adalah tes darah, tes elektromiogram (EMG), pemeriksaan cairan serebrospinal, MRI, dan biopsi.

Setelah semuanya sudah dilakukan, maka dokter sudah bisa mengambil kesimpulan terkait dengan cara mengatasi tangan kesemutan atau cara mengatasi kaki kesemutan terhadap pasiennya tersebut.

Kalau kesemutan itu disebabkan oleh diabetes, biasanya kamu akan dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi obat-obatan tertentu gua mengontrol kadar gula darah dalam tubuh kamu.

Pada umumnya, kesemutan ini bisa dihindari dengan tidak melakukan gerakan yang bisa menekan saraf dan menerapkan beberapa gaya hidup sehat, seperti:

1. Olahraga secara rutin

2. Konsumsi obat yang diresepkan dokter secara rutin

3. Jaga berat badan ideal

4. Hentikan kebiasaan merokok

5. Batasi konsumsi minuman alkohol.

Sebagian besar kasus kesemutan ini biasanya bersifat sementara. Namun, kalau kamu merasakannya makin parah disertai dengan gejala lain seperti pusing, kejang otot, dan tubuh merasa lemah, kamu disarankan segera memeriksakan diri ke dokter agar bisa dilakukan penanganan yang tepat.

Selain itu kamu juga bisa mengkonsumsi vitamin untuk kebas dan kesemutan yang disarankan oleh beberapa dokter untuk menghindari hal tersebut terjadi kepada kamu dan keluarga. `

Itu lah tadi penjelasan kami tentang apa itu kesemutan dan beberapa cara penanganan yang bisa kamu lakukan dalam jangka waktu pendek ataupun panjang. Semoga kita selalu sehat dan tidak menderita sakit yang berbahaya ya.

Baca Juga : Apa Itu Saraf Kejepit? Ini Gejala, Penyebab, dan Cara Pengobatannya

Sekarang kamu juga bisa mendaftarkan asuransi kesehatan terpercaya dengan cukup mudah dengan Super Easy Health by Super You. Asuransi ini juga siap melindungi kamu dan keluarga dari berbagai macam gangguan kesehatan yang suatu waktu bisa menyerang.

Biaya asuransi kesehatan Super Easy Health ini juga cukup terjangkau dengan hanya Rp4.500 saja per harinya. Jadi, siap untuk cek premi kamu? Let’s go!

Artikel Terkait