penyebab osteoporosis

Pengeroposan pada tulang atau sering disebut osteoporosis dalam dunia medis, merupakan penyakit yang dikenal menyerang para lansia (lanjut usia). Osteoporosis pun kebanyakan menyerang wanita dibandingkan pria. Salah satu faktor penyebab osteoporosis sendiri adalah penuaan. Tetapi osteoporosis ternyata tidak hanya menyerang lansia saja, bahkan juga bisa terjadi saat usia muda.

Faktor-Faktor Penyebab Osteoporosis Di Usia Muda

Osteoporosis sering kali terjadi disebabkan ketika kepadatan pada tulang telah berkurang, sehingga dapat menyebabkan rapuh dan keropos. Permasalahan tersebut pasti akan mengganggu berbagai aktivitas harian Kamu, terlebih bagi yang masih berusia muda karena termasuk usia produktif. 

Untuk mendorong masyarakat hidup sehat agar terhindar dari osteoporosis, WHO badan Kesehatan dunia memperingati hari osteoporosis setiap tanggal 20 Oktober. Dalam peringatan tersebut, WHO ingin mengajak seluruh masyarakat dunia untuk hidup sehat dan menjauhi berbagai penyebab osteoporosis seperti:

1. Pemakaian Obat – Obatan Tertentu

Risiko osteoporosis di usia muda dapat meningkat karena penggunaan obat-obatan tertentu. Misalnya seperti pemakaian obat kortikosteroid yang berdosis tinggi dalam jangka waktu lama. Hal itu akan berpengaruh terhadap kekuatan tulang. Obat kortikosteroid sendiri biasanya sering dipakai untuk mengobati arthritis (radang sendi) dan asma.

2. Tingkat Asupan Kalsium yang Rendah

Seperti yang sudah diketahui, tubuh membutuhkan pentingnya kandungan mineral berupa kalsium untuk pembentukan tulang. Mineral tersebut akan memperkuat dan berperan dalam pembentukan tulang. Sehingga ketika Kamu mendapatkan tingkat asupan kalsium yang rendah, maka tulang akan mudah mengalami kerapuhan serta pengeroposan.

Namun sayangnya orang-orang masih banyak yang kurang asupan kalsium. Hal itu dikarenakan pola makan yang masih buruk, seperti tidak senang minum susu maupun mengkonsumsi ikan dan sayur mayur. Padahal sebenarnya selain susu, beberapa ikan dan sayuran tertentu pun bisa menjadi sumber kalsium yang baik.

Lindungi Kesehatan dengan My Hospital Protection Super You

3. Amenorea

Amenorea adalah kondisi yang terjadi pada kaum hawa yang tidak mendapatkan tamu bulanan dalam waktu yang cukup lama. Penyakit ini sendiri bisa menjadi penyebab menurunnya kadar hormon estrogen pada wanita, sehingga akan menyebabkan osteoporosis. Pada umumnya penyakit Amenorea sering terjadi pada wanita yang berolahraga secara berlebihan dan bertubuh kurus.

Amenorea bisa terjadi pada atlet wanita yang sering olahraga pada cabang balet dan senam. Apalagi pada para wanita yang tidak suka atau sangat membatasi berbagai asupan makanannya. Hal itu akan menjadi penyebab wanita muda dapat beresiko terkena penyakit amenore. Dalam hal ini, Kamu dianjurkan tidak memilih-milih makanan dan perbanyak makanan yang mengandung kalsium.

Baca Juga : 6 Cara Pencegahan Patah Tulang

 

4. Beberapa Penyakit yang Berhubungan dengan Gangguan Hormon

Tubuh yang mengandung hormon terlalu banyak bisa mempengaruhi proses penghancuran dan pembentukan tulang. Sehingga apabila terdapat gangguan pada hormon-hormon tertentu pada tubuh, bisa meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis. Kondisi tubuh yang berhubungan dengan hormon dan bisa menjadi pemicu terkena osteoporosis di usia muda di antaranya yaitu:

  • Hiperparatiroidisme dimana kelenjar paratiroid dalam tubuh terlalu aktif.
  • Gangguan pada tubuh yang terjadi pada kelenjar adrenal, contohnya seperti sindrom Cushing.
  • Menurunnya tingkat hormon seks yang diproduksi dalam tubuh, berupa testosteron pada pria, dan estrogen pada seorang wanita.
  • Gangguan yang terjadi pada kelenjar hipofisis dalam tubuh, atau yang sering disebut dengan pituitari.

Baca Juga : Ingin Tetap Sehat? Coba 5 Olahraga Ini

 

5. Penyebab Osteoporosis Lainnya

Osteoporosis ternyata bisa disebabkan oleh beberapa penyakit lain yang menyerang tubuh, sehingga bisa meningkatkan risiko Kamu terkena osteoporosis. Beberapa risiko yang dapat berpengaruh di antaranya sebagai berikut ini:

  • Keluarga yang mempunyai riwayat penyakit osteoporosis.
  • Bed rest dalam waktu lama, sehingga tubuh tidak aktif dalam waktu yang cukup lama.
  • Senang mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok.

Selain yang sudah disebutkan di atas, masalah lain dalam tubuh seperti malabsorbsi nutrisi juga bisa menjadi pemicu seseorang terkena osteoporosis. Penyakit malabsorbsi nutrisi misalnya seperti penyakit Crohn dan Celiac. Nah, untuk melindungi diri kamu dari hal – hal yang tidak diinginkan, jangan lupa untuk lindungi diri secara optimal dengan asuransi. Kamu bisa memilih asuransi dari Super You by Sequis Online, kamu bisa mendapatkan premi terjangkau sesuai kebutuhan kamu.

Asuransi penyakit kritis dari Super You, melindungi kamu terhadap resiko masa depan. Dapatkan premi terjangkau, klik banner dibawah ini!

asuransi penyakit kritis

SHARE

Artikel Terkait Lainnya