penyebab varises

Pernahkah melihat seseorang dengan pembuluh darah yang menyebar? Atau kamu mengalami itu? Ada kemungkinan itu terjadi karena penumpukan darah yang menjadi penyebab varises. Kondisi ini tidak hanya berdampak pada penampilan fisik, tetapi juga bisa menyebabkan komplikasi kesehatan. Yuk, pelajari penyakit varises dan apa penyebab varises.

Table of Contents

Apa itu Varises?

varises

Dimulai dari apa itu varises, varises adalah kondisi dimana pembuluh darah vena melebar atau membengkak. Penyebab varises ini dikarenakan terjadinya penumpukan darah pada pembuluh yang kemudian menyebabkan pembuluh vena untuk berwarna keunguan atau berwarna biru gelap, penampilan pembuluh vena tersebut juga bisa menjadi lebih menonjol. 

Pada dasarnya penyakit varises dapat terjadi pada pembuluh vena mana saja di dalam tubuh, tetapi area yang paling sering terjadi varises adalah area kaki, lebih tepatnya pada betis. Penyebab varises pada kaki adalah sering terkena tekanan karena berdiri dan berjalan. Penyakit varises juga bisa muncul pada area lainnya dalam tubuh seperti panggul, kerongkongan, perut, hati bahkan area anus (Wasir) dan testis. 

Penyebab Varises

Penyebab varises adalah pembuluh vena yang tidak berfungsi dengan baik. Pada dasarnya fungsi dari pembuluh vena adalah untuk mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung dan di pembuluh vena ada katup dengan fungsi pintu satu arah sehingga jika darah sudah lewat katup tersebut tidak bisa kembali lagi. 

Lalu apa penyebab varises? Pembuluh vena yang tidak berfungsi dengan baik bisa jadi saat katup tersebut melemah atau rusak dan menyebabkan arus satu arah kacau. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya darah untuk berbalik arah menuju katup yang sudah dilewati sehingga terjadi penumpukan darah dan pembuluh darah melebar.

Faktor Risiko Varises

Berhubung dengan penyebab varises akibat pembuluh vena yang tidak berfungsi dengan baik, terdapat beberapa hal yang berisiko memicu kerusakan katup pembuluh vena dan menjadi penyebab varises.

  • Terlalu Lama Berdiri atau Duduk
  • Jenis Kelamin Wanita
  • Obesitas
  • Genetik
  • Usia 
  • Adanya Masalah Kesehatan Lainnya

Baca Juga:

Gejala Varises

Ciri ciri varises biasanya hanya terjadi pada permukaan kulit dan jarang untuk varises ringan menyebabkan gejala varises berat. Beberapa gejala yang timbul saat terjadi varises adalah:

1. Pembuluh vena menonjol dan membengkak 

2. Warna pembuluh vena menjadi keunguan atau biru gelap

3. Jika varises dibiarkan maka bisa menyebabkan rasa nyeri dan membuat kaki merasa berat dan tidak nyaman

Pengobatan Varises

Meskipun pada dasarnya varises ringan tidak memerlukan penanganan medis, tetapi 

  • Obat – Obatan 

Mengobati varises dan sebagai cara menghilangkan varises bisa dilakukan dengan obat anti nyeri seperti ibuprofen atau asam mefenamat yang ampuh untuk membantu menenangkan rasa nyeri dan pembengkakan.

  • Stoking Kompresi 

Cara menghilangkan varises dengan stoking kompresi adalah metode ini membantu melancarkan aliran darah dengan memberikan tekanan pada otot kaki dan vena.

  • Prosedur khusus

Jika cara menghilangkan varises di atas tidak bekerja maka berikut adalah prosedur khusus yang bisa membantu menangani penyakit varises.

  • Skleroterapi

Menyuntik cairan khusus ke vena yang dapat membantu pembuluh darah untuk menyusut. 

  • Terapi Laser

Terapi laser dengan menembakkan sinar laser pada pembuluh darah yang mengalami varises adalah cara menghilangkan varises, tetapi metode ini hanya untuk varises kecil. 

  • Terapi Radiofrekuensi 

Terapi ini adalah cara menghilangkan varises dengan memanaskan dan membantu menutup vena yang mengalami masalah menggunakan gerlombang radio berfrekuensi tinggi.

  • Ambulatory Phlebectomy

Saat melakukan prosedur ini dokter akan membuat sayatan kecil pada kulit sebagai cara menghilangkan varises.

  • Transendeuminated Power Phlebectomy

Prosedur ini akan memasukan serat optik dengan cahaya ke bawah kulit agar dokter bisa menyuntikkan larutan garam dan memotong vena yang telah terkena varises.

  • Ligasi Pembuluh Vena

Prosedur ini akan dilakukan dengan operasi yang mengikat dan mengangkat pembuluh vena dengan sayatan kecil. Tidak usah takut karena prosedur ini tidak memengaruhi sirkulasi darah pada kaki.

  • Endoskopi Pembuluh Vena

Prosedur ini akan dilakukan dengan memasukkan kamera kecil ke dalam kaki sehingga dokter bisa menganalisis kondisi varises sebelum menutup dan mengangkat jaringan vena yang terkena varises dengan sayatan kecil. Ini adalah prosedur yang akan dilakukan jika varises menyebabkan ulkus pada tungkai atau jika metode lainnya tidak berhasil.

Baca Juga : Apa itu Back Up? Yuk, Pelajari Cara Melakukan Back Up!

Komplikasi Varises

Membiarkan varises tanpa menanganinya dengan tepat bisa menjadi penyebab varises menimbulkan komplikasi kesehatan lainnya. Berikut ini adalah komplikasi varises yang bisa terjadi.

  • Pendarahan 

Kondisi ini bisa terjadi jika varises pecah karena robek atau terbentur. Pendarahan adalah komplikasi varises yang ringan, tetapi pendarahan yang cukup parah hingga sulit dihentikan juga bisa terjadi.

  • Tromboflebitis

Ini adalah kondisi peradangan pada pembuluh vena. Kondisi ini bisa memicu penggumpalan darah.

  • Ulkus atau Luka Terbuka 

Terlalu meningkatkan tekanan di dalam pembuluh vena berpotensi untuk menyebabkan kebocoran dan mengeluarkan cairan di dalam pembuluh vena. Hal ini bisa menyebabkan penumpukan pada jaringan lain dan menyebabkan luka yang akan ada di sekitar area varises. 

  • Terjadi Eksim Varises

Saat terjadi eksim varises maka kulit akan berwarna kemerahan, bersisik dan mengelupas dan jika sangat parah maka kulit bisa melepuh.

Pencegahan Varises

  • Rutin berolahraga
  • Menjaga berat yang ideal, cek berat badan ideal kamu menggunakan bmi kalkulator
  • Jaga makan dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan rendah garam 
  • Hindari pemakaian sepatu hak tinggi terlalu lama 
  • Hindari berdiri atau duduk terlalu lama

merdeka berasuransi

Demikian penjelasan mengenai penyebab varises. Yuk, cegah penyebab varises dengan mengikuti isi artikel di atas. Selain itu proteksi kesehatan secara menyeluruh dengan asuransi kesehatan dari Super You dengan harga terjangkau yang bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan kamu!

Artikel Terkait