Perawatan Kulit

Skincare atau perawatan kulit merupakan salah satu industri terbesar di dunia kecantikan. Namun, penggunaan produk perawatan kulit lebih digunakan oleh wanita meski  juga merupakan hal yang penting untuk pria. Ini dikarenakan persepsi bahwa bagi pria, mementingkan penampilan, dan menggunakan perawatan kulit adalah hal yang feminin meski hal ini lebih kepada menjaga kebersihan, dan kesehatan kulit. 

Dilansir dari The Finery Report, interview dengan Fauzan mengenai persepsi laki-laki di Indonesia tentang perawatan kulit menunjukan bahwa ide penggunaan perawatan kulit hanya ditujukan kepada wanita. Persepsi ini mencegahnya untuk mulai menggunakan produk perawatan kulit meski memiliki kulit yang acne prone.

“Banyak orang Indonesia yang close-minded. Dulu saya juga begitu, tetapi saat saya memeriksa kondisi (kulit) saya, ternyata banyak pria yang menggunakan produk perawatan kulit (untuk masalah ini) juga” Kata Fauzan. Namun, persepsi seperti ini masih banyak di Indonesia, salah satunya adalah Noel saat memikirkan kata ‘skincare’. “Permasalahannya adalah, kebanyakan yang menggunakan produk perawatan kulit adalah wanita. Apabila laki-laki menggunakannya (perawatan kulit), mereka akan dipandang feminin.”

Perawatan kulit bukanlah sekedar kecantikan, tetapi lebih pada kebersihan, dan kesehatan kulit. Maka dari itu, mari ketahui kepentingan untuk merawat kulit bagi pria dan wanita disini!

Baca Juga: Kenali Kulit Kering dan Cara Mengatasinya!

 

Pentingnya Merawat Kulit

  • Aktivitas yang kita lakukan sehari-hari menyebabkan kita untuk terpaparan sinar matahari, dan polusi udara seperti asap rokok, kendaraan, dan limbah udara pabrik yang dapat merusak kekencangan kulit. Hal ini juga bisa menjadi pemicu beberapa penyakit kulit seperti jerawat, eksim, dan psoriasis. Namun, semua ini bisa dicegah apabila rutin mencuci muka agar kulit bersih, dan menjaga kesehatan kulit.
  • Penggunaan masker yang tidak benar saat beraktivitas bisa berdampak buruk pada kulit wajah. Apabila masker bedah reusable atau masker kain tidak dicuci dengan benar, itu bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri, jamur, dan parasit. Apabila kesehatan, dan kebersihan kulit tidak dijaga bisa menyebabkan tidak hanya jerawat, tetapi juga rosacea dan selulitis.

 

Manfaat Merawat Kulit

Selain merupakan hal yang penting, berikut ini adalah manfaat dari merawat kulit:

  • Terhindar dari penuaan dini.
  • Kulit merupakan organ terbesar, dan terluar, jadi perlu dilindungi. Sunscreen merupakan salah satu cara menjaga kesehatan kulit.
  • Menjaga kesehatan kulit dapat mencegah masuknya mikroorganisme ke dalam kulit, dan menjaga kesehatan kulit mencegah timbulnya jerawat dan terjadi iritasi.

Langkah Perawatan Kulit

Jangan takut untuk memulai perawatan kulit. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan saat memulai perawatan kulit:

  1. Ketahui jenis kulitmu untuk memilih produk perawatan kulit yang diformulasikan sesuai kondisi kulit.
  2. Mencuci wajah secara rutin dua kali sehari saat pagi sebelum beraktivitas, dan malam setelah beraktivitas untuk menjaga kebersihan kulit.
  3. Gunakan toner. Disini terdapat beberapa jenis toner yang bisa dicocokkan dengan kebutuhan kulit. Hydrating toner disarankan untuk kulit yang kering, dan exfolitialing toner disarankan untuk kulit berminyak, dan berjerawat. Namun, exfoliating toner juga bisa dipakai untuk kulit kering karena bisa membantu mengangkat sel kulit mati, dan sisa kotoran diwajah.
  4. Gunakan pelembab untuk mengunci semua produk, dan menjaga kelembaban kulit.
  5. Gunakan tabir surya setiap 2 jam sekali sebanyak 2 jari untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

 

Yang Harus Diperhatikan Saat Bercukur

Ini adalah salah satu perawatan kulit yang harus diperhatikan pria saat bercukur. Apabila tidak merawat kulit sebelum dan setelah bercukur akan ada dampaknya. Ikuti tips dibawah ini untuk menjaga kesehatan kulit:

1. Gunakan Air Hangat Sebelum dan Sesudah Bercukur

Sebelum bercukur, membasuh muka dengan air hangat dapat melembabkan kulit, dan mempermudah proses mencukur. Namun, menggunakan krim cukur dapat menunjukan hasil yang lebih baik.

Selain itu apakah pernah melihat bitnik-bintik merah yang tumbul setelah mencukur jenggot dan kumis? Itu adalah tanda bahwa terjadinya iritasi pada folikel rambut. Nah, cara menangani iritasi pada folikel rambut adalah dengan membasuh dengan air hangat setelah bercukur.

2. Ikuti Arah Bulu Tumbuh

Banyak inovasi alat cukur yang menawarkan jumlah mata pisau yang lebih banyak pada pisau cukur. Hal ini tidak diperlukan karena tidak mempengaruhi hasil cukur secara drastis. Dibandingkan alatnya, cara mencukur akan lebih berpengaruh kepada hasil cukur. Cara mencukur yang benar adalah untuk mengikuti arah bulu yang tumbuh dan bukan ke arah yang berlawanan.

3. Hindari Menggosok Wajah dengan Handuk

Setelah mencuci muka, keringkan wajah dengan menepuk-nepuk secara halus dengan handuk. Hindari menggosok karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Kebersihan, dan kesehatan kulit tidak seharusnya dibagi berdasarkan jenis kelamin karena kulit merupakan organ terbesar yang dimiliki manusia, dan harus dijaga. Selain menjaga kulit dengan produk perawatan, mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi, dan vitamin juga bisa membantu merawat kesehatan kulit lho! Mari mulai merawat kulit kita, dan lakukan pola makan sehat.