Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda merupakan hal yang sangat penting karena memastikan kalau calon ibu mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas. Posisi tidur ibu hamil tidak hanya bermanfaat untuk istirahat tetapi juga membantu tumbuh kembang janin di dalam kandungan. 

Table of Contents

Manfaat Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Muda

Posisi tidur memiliki banyak manfaatnya untuk ibu hamil. mari ketahui apa saja manfaat dari posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda maupun tua.

  • Mencegah Sesak Napas

Manfaat posisi tidur yang benar bagi ibu hamil adalah bisa mencegah sesak napas. Meski pada umumnya di awal trimester 1 tidak ada halangan untuk posisi tidur ibu hamil, semakin besar rahim maka akan semakin sulit untuk bisa tiduran tanpa terjadi sesak napas. Namun, sesak napas bisa dicegah dengan posisi tidur yang benar.

  • Mencegah Nyeri Asam Lambung

Selain sesak napas, nyeri asam lambung akibat posisi tidur juga bisa terjadi, tetapi bisa dicegah dengan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda dengan menyangga punggung dengan bantal sehingga asam lambung tidak naik ke kerongkongan.

  • Mencegah Terpotongnya Aliran Darah

Posisi tidur ibu hamil yang benar juga membantu cegah terpotongnya peredaran darah akibat tekanan ekstra yang diberikan oleh perut yang semakin membesar. Hal ini penting karena bisa berdampak tidak pada calon ibu, tetapi juga janin.

Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Muda

Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Muda

Source : Freepik

Posisi tidur ibu hamil itu sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi yang masih berada di kandungan. Berikut adalah posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda ataupun tua di setiap trimester kehamilan.

  • Posisi Tidur Ibu Hamil Trimester 1

Saat hamil muda atau trimester satu, ibu hamil sedang mengalami perubahan pada tubuhnya yang disertai dengan ketidaknyamanan dan morning sickness atau rasa mual dan muntah yang akan muncul setiap pagi. Karena waktu tidur penting terutama bagi ibu yang sedang mengandung, posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda perlu untuk diketahui.

Pelajari posisi tidur untuk ibu hamil trimester 1:

Meski pada awal dari trimester 1 ibu hamil aman untuk tidur dalam posisi apapun selama nyaman, semakin janin membesar akan semakin sulit mencari posisi tidur ibu hamil muda yang nyaman. 

Saat hal ini terjadi, disarankan posisi tidur ibu hamil diganti menjadi posisi miring dengan lutut yang ditekuk karena tidur dengan posisi miring bisa bermanfaat untuk peredaran darah yang sehat dan untuk janin juga bisa meningkatkan aliran darah. Namun, lebih spesifiknya, posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda adalah dengan miring ke sisi kiri ada melindungi hati dan baik untuk sirkulasi darah ke jantung, rahim dan ginjal.

Berikut adalah cara lebih nyaman untuk posisi tidur ibu hamil trimester 1:

  1. Letakkan bantal di bawah perut atau di antara kaki 
  2. Gulung selimut atau letakkan guling kecil di bagian bawah punggung untuk mengurangi tekanan 
  3. Jika menggunakan kasur biasa sakit, ganti dengan kasur busa 
  4. Gunakan bantal tambahan atau body pillow untuk bisa menyokong tubuh lebih baik
  • Posisi Tidur Ibu Hamil Trimester 2

Saat sudah memasuki trimester 2, posisi tidur saat hamil trimester 2 yang dianjurkan menurut American Pregnancy Association atau APA adalah untuk tidur menyamping ke sebelah kiri seperti instruksi posisi tidur untuk ibu hamil trimester 1. 

Selain karena posisi tidur ibu hamil, susah tidur saat hamil trimester 2 bisa terjadi karena perubahan hormon dan gejala kehamilan yang terjadi seperti mual, muntah dan meningkatnya frekuensi buang air kecil yang mengganggu waktu tidur ibu hamil.

  • Posisi Tidur Ibu Hamil Trimester 3

Posisi terbaik sebagai posisi tidur ibu hamil trimester 3 juga masih miring ke kiri. Namun, selain itu masih ada juga posisi semi tegak yang bisa dilakukan dengan posisi semi duduk dengan menggunakan bantal besar sebagai sanggahan. Posisi ini bisa membantu untuk meringankan rasa mulas dan perut kembung, lho! 

Dampak Posisi Tidur Ibu Hamil Tidak Benar

Posisi tidur ibu hamil yang tidak benar bisa meninggalkan dampak negatif pada sang ibu dan anaknya, karena itu penting untuk tidur di posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda maupun tua. Yuk, ketahui posisi tidur ibu hamil yang tidak benar serta dampak buruk dari tiduran dalam posisi tersebut.

  • Tidur Telentang 

Pada umumnya, saat trimester pertama dari kehamilan tidur telentang masih tidak ada masalah, tetapi semakin perut membesar semakin baik untuk menghindari telentang sebagai posisi tidur ibu hamil terutama untuk saat hamil tua. 

Tidur telentang bisa menyebabkan terjadinya tekanan ekstra di aorta dan vena cava inferior atau pembuluh darah yang ada pada sepanjang punggung dengan tugas membawa darah dari jantung ke sekujur kaki. 

Telentang sebagai posisi tidur ibu hamil bisa menghambat aliran darah tubuh dan menyebabkan sesak napas, sakit punggung, wasir hingga tekanan darah rendah. Selain dengan peredaran darah, rahim yang semakin besar bisa menekan usus, membebani tulang belakang,otot punggung, hingga memotong suplai darah dari tubuh ke janin saat tidur telentang.

  • Tidur Tengkurap 

Selain tidur dalam posisi telentang, tidur tengkurap juga tidak bagus untuk posisi tidur ibu hamil. tidur telentang bisa menyebabkan penekanan pada rahim, terpotongnya suplai darah dan juga nutrisi ke bayi. Hal ini sangat berbahaya bagi keselamatan bayi dalam kandungan. Selain itu tidur tengkurap bukanlah posisi tidur ibu hamil yang nyaman karena membesarnya perut dan payudara sehingga bisa menyebabkan kesulitan untuk bernapas. 

Baca Juga: Sedang Merencanakan Kehamilan? Ketahui 12 Cara Agar Cepat Hamil Berikut Ini!

Tips Tidur Nyenyak dengan Posisi yang Tepat

Tips Tidur Nyenyak dengan Posisi yang Tepat

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu mendapatkan posisi tidur ibu hamil yang tepat. Ikuti tips berikut ini agar bisa tidur nyenyak!

  • Menggunakan Bantal Hamil

Bantal hamil diciptakan untuk membantu ibu hamil nyaman untuk tidur selama kehamilan karena bisa menopang perut dan membantu menempatkan lutut dan menjaga punggung bagian bawah dengan nyaman. Tidak usah takut jika perut semakin membesar, karena bantal hamil telah diciptakan sesuai dengan kebutuhan ibu hamil.

  • Ke Kamar Mandi Dahulu Sebelum Tidur

Meningkatnya frekuensi buang air kecil merupakan hal yang umum bagi ibu yang sedang mengandung, karena itu daripada mengganggu tidur di malam hari ke kamar mandi sebelum tidur bisa membantu tidur nyenyak.

  • Mengikuti Jadwal Tidur

Selain posisi tidur, jadwal tidur juga merupakan hal yang sangat penting bagi ibu hamil. Pastikan untuk mengatur jadwal tidur dan bangun tidur yang sama setiap harinya. 

  • Mendapatkan Olahraga yang Cukup

Olahraga bisa membuat badan capek dan membantu tidur lebih nyenyak di malam hari, karena itu disarankan untuk ibu hamil tetap berolahraga seperti berjalan, berenang, senam hamil dan prenatal yoga. 

  • Relaksasi Sebelum Tidur 

Melakukan relaksasi tubuh dengan menenangkan otot – otot yang tegang bisa membantu tidur lebih nyaman. Saat tubuh tegang maka posisi apapun bisa menjadi tidak nyaman. Relaksasi bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Menegangkan lalu melepaskan otot – otot tangan dan lengan dari ke satu sisi ke sisi lainnya 
  • Ulangi ke arah lengan atas, kemudian lanjut ke wajah dan rahang, dada dan bahu, perut, paha dan kaki.

asuransi penyakit kritis orang tua

Sekian penjelasan mengenai posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda serta tips mendapatkan posisi tidur ibu hamil yang nyaman. Pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup sehingga waktu istirahat pun maksimal dan menjaga kesehatan. Asuransi kesehatan dari Super You juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan dengan harga pas di dompet.

Merencanakan kehamilan bisa dilakukan dengan mudah, yuk hitung masa subur menggunakan kalkulator masa subur dari Super You!

Artikel Terkait