Keutamaan Puasa Senin Kamis, Doa Niat, Manfaatnya

Puasa Senin Kamis adalah salah satu bentuk amalan yang dilakukan oleh umat Muslim. Pada umumnya, puasa ada yang diwajibkan dan ada yang disunnahkan. Setelah menunaikan yang wajib, alangkah baiknya kita bisa menyempurnakannya dengan amalan yang sunnah, salah satunya puasa Senin Kamis.

Amalan sunnah melalui puasa Senin Kamis akan menambal kekurangan yang ada pada puasa wajib. Dengan puasa sunnah Senin Kamis, kita juga akan terlepas dari berbagai godaan syahwat di dunia dan siksa neraka di akhirat. Karena itu, puasa sunnah Senin Kamis tidak boleh kita remehkan, Teman SUPERjuangan.

Hebatnya lagi, meskipun menahan haus dan lapar sepanjang hari, puasa sunnah Senin Kamis justru memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita. Yuk, jangan lewatkan puasa Senin Kamis dengan memahami keutamaan dan manfaatnya dalam artikel di bawah ini!

Table of Contents

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis adalah puasa yang dijalankan setiap hari Senin dan Kamis secara rutin sehingga kita melakukannya delapan kali selama satu bulan penuh. Tapi, mengapa harus puasa Senin Kamis, ya?

Rasulullah SAW menyebut hari Senin dan Kamis memiliki keistimewaan tersendiri. Amalan dan doa berpeluang besar untuk diterima ketika sedang puasa Senin Kamis. Karena itu, Rasulullah SAW juga terbiasa menjalankan puasa sunnah Senin Kamis.

Nah, berikut ini dasar keutamaan puasa Senin Kamis yang juga dianjurkan untuk kita sebagai umat Muslim!

  • Hari Amal Diperhadapkan

Puasa Senin Kamis adalah puasa sunnah yang dianjurkan karena Rasulullah SAW menyebut hari Senin dan Kamis amalan kita akan diperhadapkan. Dengan puasa Senin Kamis, tentu kita berusaha menahan diri dari hawa nafsu sehingga amalan baik kita yang tercatat sesuai hadis riwayat Tirmidzi.

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Arti dasar keutamaan puasa Senin Kamis: “Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.”

  • Dibukanya Pintu Surga

Begitu membawa berkah dari keutamaan Puasa Senin Kamis, yaitu menjadi hari dibukanya pintu surga. Selain bulan Ramadhan, Allah juga membuka pintu surga bagi kita hamba-Nya pada hari Senin dan Kamis. Hal ini tertulis dalam hadis riwayat Abu Hurairah.

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ فَيُقَالُ أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

Arti dasar keutamaan puasa Senin Kamis: “Pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Setiap hamba yang tidak berbuat syirik kepada Allah sedikit pun akan diampuni-Nya, kecuali seseorang yang memiliki permusuhan antara dirinya dan saudaranya.”

  • Hari Lahir dan Diutusnya Rasulullah SAW

Salah satu alasan Rasulullah SAW menyukai dan menjalankan puasa Senin Kamis adalah sebagai rasa syukur kepada Allah SWT di hari kelahirannya, tepat di hari Senin. Kemudian, di hari yang sama Rasulullah SAW juga diutus menjadi nabi dan turunnya wahyu sebagaimana dalam hadis riwayat Muslim.

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

Arti dasar keutamaan puasa Senin Kamis: “Hari tersebut (hari Senin) adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.”

  • Sunnah Rasulullah

Dari ketiga keutamaan tersebut, maka Rasulullah SAW menjadikan puasa Senin Kamis sebagai sunnah yang dianjurkan sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Kita pun harus membiasakan diri terhadap sunnah ini berdasarkan dalam hadis riwayat An Nasai.

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ

Arti dasar keutamaan puasa Senin Kamis: “Rasulullah SAW biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.”

Bacaan Niat Puasa Sunnah Senin Kamis

Dalam menunaikan ibadah puasa sunnah Senin Kamis, jangan lupa sertai dengan bacaan niat puasa sunnah Senin Kamis. Bacaan niat puasa sunnah Senin Kamis adalah tanda kita memaknai puasa Senin Kamis secara sungguh-sungguh.

Nah, bacaan niat puasa sunnah Senin Kamis sesuai dengan hari kamu menjalankan ibadah puasa sunnah ini. Tapi, baik hari Senin maupun hari Kamis, bacaan niat puasa sunnah Senin Kamis dilafalkan pada pagi hari atau saat fajar tiba. Berikut bacaan niat puasa sunnah Senin Kamis!

  • Niat Puasa Sunnah Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ الِاثْنَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Bacaan niat puasa sunnah Senin latin: “Nawaitu sauma yaumal itsnain lillahi ta’ala.”

Arti bacaan niat puasa sunnah Senin: “Aku berniat untuk puasa sunnah pada hari Senin karena Allah ta’ala.”

  • Niat Puasa Sunnah Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ الخَمِيْسِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Bacaan niat puasa Sunnah Kamis latin: “Nawaitu sauma yaumal khomiisi lillahi ta’ala.”

Arti bacaan niat puasa sunnah Kamis: “Aku berniat untuk puasa pada hari Kamis karena Allah ta’ala.”

  • Niat Buka Puasa Sunnah Senin Kamis

Menjelang berbuka, tutup juga dengan niat doa buka puasa sunnah Senin Kamis sekaligus ungkapan syukur. Rasulullah juga sudah mencontohkannya dengan niat doa buka puasa Senin Kamis berikut ini.

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

Bacaan niat doa buka puasa sunnah Senin Kamis latin: “Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika aftartu.”

Arti niat doa buka puasa sunnah Senin Kamis: “Ya Allah, aku berpuasa hanya untuk-Mu dan aku berbuka dengan rezeki-Mu.”

Manfaat Puasa Senin Kamis

Manfaat Puasa Senin Kamis

Teman SUPERjuangan, tahukah kamu mengenai manfaat puasa Senin Kamis? Selain untuk mendapatkan keutamaan puasa Senin Kamis, seperti mendekatkan diri kepada Allah SWT, mengumpulkan pahala, dibukakan pintu surga, dosa diampuni, serta dijauhkan dari api neraka, puasa Senin Kamis juga dapat menjaga kesehatan tubuh.

Iya, walau kita nggak makan dan minum seharian, faktanya puasa Senin Kamis itu baik lho, salah satunya menghindari kita dari penyakit. Namun, masih banyak lagi manfaat puasa Senin Kamis yang jarang diketahui orang. Yuk, simak apa aja sih manfaat puasa Senin Kamis yang sayang jika dilewatkan!

  • Mencegah obesitas

Manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan yang pertama dapat mencegah terjadinya obesitas. Puasa dinilai efektif menurunkan berat badan karena saat kita berpuasa, metabolisme tubuh akan meningkat sehingga pembakaran kalori juga ikut meningkat.

  • Mengeluarkan racun

Manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan satu ini sudah tidak asing kita dengar. Racun dalam tubuh yang berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari ikut keluar bersama proses metabolisme meningkat, melalui buang air kecil, buang air besar, bahkan keringat.

  • Mengatur kadar gula darah

Dengan berpuasa mampu menurunkan gula darah hingga 30% hanya dalam waktu beberapa hari puasa pertama, terutama bagi mereka yang memiliki gula darah tinggi. Manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan satu ini juga dapat mendorong kinerja insulin dalam mengatur kadar gula darah.

  • Menjaga kesehatan jantung

Manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan selanjutnya dapat mengurangi risiko penyakit jantung akibat penyumbatan lemak jahat pada arteri. Puasa Senin Kamis juga mampu mengurangi kita mengonsumsi makanan berlemak. Dengan begitu, akan menjaga jantung kita tetap sehat dan normal.

  • Meningkatkan fungsi otak

Manfaat puasa Senin Kamis juga dapat memicu pertumbuhan sel saraf baru pada otak sehingga meningkatkan fungsi otak, termasuk daya konsentrasi dan kemampuan kognitif otak, serta mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson.

  • Memperkuat imunitas tubuh

Manfaat Puasa Senin Kamis untuk kesehatan kita lainnya, yaitu membantu proses regenerasi sistem kekebalan tubuh dan memicu sel induk dalam memproduksi sel darah yang baru sehingga memperkuat daya tahan tubuh untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

  • Mengurangi peradangan

Nyatanya manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan dapat membantu mengurangi peradangan saat terjadi suatu infeksi pada tubuh. Tubuh akan membersihkan sel-sel yang rusak dan menggantinya dengan sel-sel baru sehingga membantu proses penyembuhannya.

  • Membuat awet muda

Banyak yang belum tau manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan satu ini. Saat puasa, tubuh kita akan memproduksi antioksidan untuk memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas, termasuk pemicu penuaan dini. Sel-sel kulit mati akan digantikan dengan sel kulit baru yang lebih sehat.

  • Menghentikan kebiasaan buruk

Membiasakan diri puasa Senin Kamis dapat menghentikan kebiasaan buruk kita lho, seperti merokok, mengonsumsi kafein atau alkohol. Dengan begitu, manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan lainnya adalah menghindari kita dari pemicu penyakit berbahaya, seperti kanker.

  • Mengendalikan emosi

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Ketika puasa Senin Kamis, kita dianjurkan untuk mengendalikan diri, termasuk dari emosi negatif. Nah, emosi yang lebih terkendali dan pikiran juga lebih positif, maka manfaat puasa Senin Kamis ikut menjaga kesehatan mental kita.

SuperMin, Apakah Ada Tips untuk Puasa Senin Kamis?

Teman SUPERjuangan, segudang manfaat puasa Senin Kamis sebelumnya bisa kita rasakan jika diimbangi dengan beberapa tips puasa Senin Kamis agar tidak terasa dan kuat sampai waktunya berbuka puasa. Nomor empat paling penting loh. Penasaran kan ada apa aja?

  • Penuhi nutrisi tubuh

Tips puasa Senin Kamis yang pertama adalah memastikan asupan nutrisi tubuh tercukupi, termasuk hidrasi. Mudah kok, jangan lewatkan waktu sahur dan berbuka dengan makanan penuh nutrisi, seperti makanan berserat tinggi serta minum 6-8 gelas air putih, ya!

  • Tidur yang cukup

Buat jadwal tidur dengan baik dan berkualitas, mengingat kamu juga harus berbagi waktu dengan bangun pagi lebih awal. Kalau sampai tidur kamu juga kurang, nafsu makan dan produktivitas kamu justru ikut menurun!

  • Melakukan olahraga ringan

Saat berpuasa, melakukan olahraga ringan sangat dianjurkan supaya tubuh tetap aktif bergerak. Secara nggak sadar, olahraga juga membantu kamu tidur lebih cepat. Nah, kamu bisa melakukan jogging ataupun bersepeda.

  • Kuatkan niat karena ibadah

Tips puasa Senin Kamis satu ini juga nggak boleh dilewatkan. Kuatkan niat berpuasa karena semata-mata beribadah kepada Allah SWT. Dengan niat yang tulus tersebut, Allah SWT juga senantiasa memberi kita kelancaran dan keberkahan.

Wah, begitu luar biasa hikmah puasa Senin Kamis bila kita bersama keluarga merutinkannya. Tapi, perlu diingat bahwa keluarga yang sehat berasal dari keuangan yang sehat lho. Karena itu, yuk selalu proteksi keluarga kita dari risiko finansial karena sakit. Dengan Super Easy Health dari Super You, mulai Rp4.500 aja per hari. Banyak juga promo menarik yang menanti kamu sekarang, cek di sini!

Artikel Terkait