push up

Terdapat banyak cara untuk berolahraga sederhana tanpa memerlukan bantuan dari alat bantu dan bisa dilakukan dimana saja. Salah satunya adalah kalistenik, olahraga yang berfokus pada gerakan motorik hanya dengan bantuan berat tubuh dan gaya gravitasi. Push Up sebagai salah satu gerakan kalistenik juga merupakan olahraga efektif dan sederhana yang bisa dilakukan tanpa alat bantu atau fasilitas. Yuk, ketahui manfaat dari latihan push up.

Push Up

Apa itu Push Up

Apa itu Push Up

Sebagai bagian dari olahraga kalistenik, gerakan push up bergantung pada berat tubuh dan gaya gravitasi. Push up meningkatkan otot dengan gaya latihan isometric dimana dilakukan dalam posisi diam atau statis. Selama itu otot tidak memanjang atau memendek dan sendi tidak akan bergerak untuk memicu kontraksi otot tubuh.

Manfaat Push Up

Push up memiliki banyak manfaatnya, tidak hanya untuk meningkatkan massa otot, lho. Melakukan gerakan push up memiliki banyak manfaat kesehatan seperti pada kesehatan organ dalam dan pada tulang. Ketahui lebih banyak manfaat dari push up di bawah ini!

1. Jaga Otot dan Tulang

Gerakan push up yang berfokus pada otot dan tulang sangat efektif untuk menjaga kesehatan otot dan tulang. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena semakin tua semakin berkurang jaringan otot sehingga bisa berkurang 5% setiap tahunnya. 

2. Mencegah Penurunan Massa Otot

Semakin tua maka massa otot akan semakin berkurang. Hal ini dinamakan Sarcopenia dan umum terjadi pada lansia menyebabkan tubuh semakin lemah dan rentan. Selain terjadi pada lansia, hal ini juga bisa terjadi pada orang yang jarang berolahraga sehingga meningkatkan kepentingan untuk berolahraga secara rutin. Push up bisa menjadi olahraga yang bagus dengan fokusnya pada menjaga dan meningkatkan otot.

3. Membentuk Otot Tubuh Bagian Atas

Meski bisa menjadi full body workout, push up lebih berfokus pada bagian atas tubuh sehingga lebih banyak berdampak pada otot tubuh bagian atas yakni trisep, dada, bahu, otot perut, punggung dan tungkai.

4. Menurunkan Berat Badan

Saat dilakukan secara rutin, push up bisa membantu menurunkan berat badan dengan membakar kalori. Saat melakukan push up satu menit, maka senilai 7 kalori tubuh akan terbakar. Selain push up, olahraga kardio juga bisa menurunkan berat badan.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Push up bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung karena bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi jantung. Hal ini memastikan aliran darah tetap lancar dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: 7 Latihan Olahraga Mengecilkan Perut, Rata dalam 1 Minggu?

6. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Salah satu hal yang membantu tubuh untuk seimbang adalah kekuatan otot tubuh, semakin kuat kekuatan otot maka keseimbangan tubuh akan terjaga. Melakukan latihan push up yang bisa menjaga dan meningkatkan kekuatan dan massa otot akan membantu menjaga keseimbangan tubuh.

7. Bisa Dimodifikasi

Push up merupakan gerakan dengan banyak variasi dan gampang untuk dimodifikasi, jadi pasti bisa menemukan gerakan yang cocok berdasarkan kebutuhan masing – masing. Bahkan apabila masih pemula dan tidak bisa melakukan push up yang biasa, bisa mulai dengan wall push up atau inclined push up agar lebih gampang untuk dilakukan.

8. Merupakan Full Body Workout

Meski push up berfokus pada bagian atas tubuh, tetapi push up juga berdampak pada bagian bawah tubuh, menjadikannya olahraga yang melatih seluruh tubuh. Saat melakukan push up kaki yang membantu menopang tubuh pun ikut terlatih, lho. 

9. Menguatkan Otot Inti

Untuk memiliki perut yang lebih terbentuk, maka harus menguatkan otot inti. Push up bisa membantu menguatkan otot inti, sehingga bisa membantu mendapatkan perut yang lebih terbentuk. Namun, tidak hanya membentuk perut, melakukan latihan push up juga bisa memperbaiki postur tubuh karena perna otot inti yang menopang tulang belakang.

10. Lebih Mudah Beraktivitas

Rutin latihan push up akan membantu menguatkan otot dan tulang serta meningkatkan keseimbangan tubuh. Dengan hal – hal tersebut meningkat, beraktivitas akan lebih mudah karena akan lebih kuat, seimbang dan fleksibel. 

Baca Juga: Ucapkan Bye-Bye Perut Buncit dengan 8 Gerakan Olahraga Ini!

Cara Melakukan Push Up yang Benar

Cara Melakukan Push Up

Meski terlihat gampang, kesalahan gerakan saat melakukan push up bisa menyebabkan cedera, lho. Ketahui cara melakukan push up dengan benar disini!

  1. Meski bisa di lantai, akan lebih bagus untuk mempersiapkan matras atau karpet sebagai alas.
  2. Berlutut di matras dan rapatkan kaki.
  3. Ambil posisi plank dengan tubuh membungkuk ke depan. 
  4. Tapakkan telapak tangan di matras dan topang tubuh. Posisi kedua lengan selebar bahu.
  5. Pastikan bahu lurus dengan tangan dan punggung juga harus lurus.
  6. Pastikan posisi kaki lurus dan perut berkontraksi ke dalam.
  7. Setelah memastikan posisi sudah benar, turunkan tubuh secara perlahan hingga siku menekuk. Pastikan punggung tetap lurus.
  8. Naikan kembali tubuh sambil memastikan lengan kembali lurus.

Risiko Push Up Setiap Hari

Gerakan push up harus dilakukan dengan benar, apabila tidak maka akan ada risikonya, melakukan latihan push up setiap hari juga ada risikonya, lho. Yuk, ketahui apa saja risikonya.

1. Nyeri Punggung

Meski tidak pada semua variasi push up, backward push up dan forward push up berfokus untuk melatih otot punggung bagian bawah dan apabila melakukannya terlalu sering atau salah melakukan gerakan bisa menyebabkan nyeri punggung. Bagi yang menderita kondisi punggung pastikan untuk lakukan konsultasi dahulu dengan dokter sebelum mulai melakukan latihan.

2. Pergelangan Tangan Sakit 

Saat melakukan push up, tangan bekerja sebagai tumpuan tubuh. Hal ini akan berdampak pada pergelangan tangan yang menjadi salah satu tumbuah berat badan seperti pada studi di tahun 2017 dimana 84% orang merasa nyeri pada pergelangan tangan setelah melakukan aktivitas yang menahan berat badan.

3. Cedera Siku

Harus berhati – hati saat melakukan push up dan harus dilakukan dengan benar karena berdasarkan studi di tahun 2011, ditemukan bahwa melakukan push up bisa berisiko cedera siku karena tekanan yang cukup besar pada sendi siku hingga ligamen.

Itu lah manfaat push up serta cara melakukannya dengan benar untuk untuk menghindari risiko cedera. Perbanyak olahraga dengan gerakan push up untuk memperkuat tubuh dan menjaga kesehatan. Jangan lupa untuk memberikan tubuh proteksi kesehatan menyeluruh dengan asuransi kesehatan dari Super You, bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing tetap dengan harga yang bersahabat.

Artikel Terkait