Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok

Sebelum ini kita membahas tentang cara menghilangkan ketombe. Selain ketombe, Kerontokan  adalah salah satu masalah rambut yang umum terjadi pada semua orang. Namun, masalah ini masih sering disepelekan dan bahkan dianggap sebagai hal yang wajar. 

Tanpa kita sadari kerontokan rambut bisa menjadi hal yang serius. Mari ketahui lebih lanjut mengenai rambut rontok, penyebabnya dan cara mengatasi rambut rontok!

 

Apa itu Rambut Rontok?

Pada umumnya setiap hari kita kehilangan 50-100 helai rambut. Namun, kerontokan pada rambut terjadi karena terganggunya siklus pertumbuhan rambut atau folikel rambut yang rusak dan digantikan dengan jaringan luka.

 

Penyebab Kerontokan Rambut

Kerontokan rambut dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, dari genetik ataupun faktor luar. Menurut Harvard Health Publishing faktor paling umum yang menyebabkan kebotakan adalah genetik.

Hal ini bukanlah penyakit, tetapi kondisi alami dari kombinasi genetika, kadar hormon dan penuaan. Penipisan rambut terjadi pada pria dan wanita yang biasanya dimulai dari umur 20-30an. Namun, pada wanita penipisan rambut biasanya terjadi setelah masa menopause.

Selain faktor genetik, kerontokan rambut juga bisa disebabkan oleh faktor luar. Berikut ini adalah faktor luar yang menjadi penyebab kerontokan rambut:

  Gangguan Mental atau Psikologis

Gangguan mental atau psikologis bisa menjadi penyebab kerontokan rambut. Stress merupakan salah satu faktor umum penyebab kerontokan rambut, dan Trikotilomania adalah gangguan mental yang menimbulkan keinginan untuk mencabut rambut sendiri.

  Penurunan Berat Badan Secara Drastis

Penurunan berat badan yang drastis dapat memicu stres pada tubuh, dan ini bisa menyebabkan kerontokan rambut. Saat berat badan turun secara drastis, tubuh juga kehilangan protein yang digunakan untuk membangun sel dalam tubuh, salah satunya adalah sel rambut.

  Kondisi Kesehatan

Kondisi medis juga bisa menjadi faktor kerontokan rambut. Bagi penyakit seperti autoimun, tiroid dan anemia, kerontokan rambut merupakan hal yang sudah biasa. Gangguan pada kulit kepala juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Hal ini dapat disebabkan oleh infeksi, cedera kepala, luka bakar atau jaringan parut yang mencegah rambut untuk regenerasi.

 

Gejala Rambut Rontok

Berikut ini adalah gejala kerontokan rambut:

  Penipisan rambut.

  Kerontokan terjadi secara tiba-tiba.

  Kerontokan rambut yang berbentuk sirkular/melingkar.

  Kerontokan rambut yang terjadi pada seluruh tubuh.

  Plak bersisik yang menyebar pada kulit kepala yang menjadi tanda infeksi jamur.

 

Cara Diagnosis Rambut Rontok

Beberapa cara dibawah ini dapat dilakukan untuk mengecek kondisi rambut dan memastikan apa terjadi kerontokan:

  Hair Pull test atau Tes Tarik Rambut dapat dilakukan untuk melakukan diagnosis untuk mengecek kerontokan rambut. Hair Pull Test dapat dilakukan dengan cara menggunakan jari jempol dan jari tengah, dari area kulit kepala tarik rambut. Apabila lebih dari 10% rambut ikut tertarik maka dinyatakan positif mengalami kerontokan rambut.

  Biopsi pada kulit kepala dapat dilakukan untuk melakukan konfirmasi diagnosis rambut rontok.

 

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi kerontokan rambut:

  Operasi Transplantasi Rambut.

  Micro-needling dapat dilakukan untuk mengatasi rambut rontok dengan menimbulkan luka pada kulit yang kemudian dapat meregenerasi folikel pada rambut.

  Pengobatan:

o   Pil kontrasepsi untuk wanita.

o   Obat resep untuk pria.

 

Pencegahan Rambut Rontok

Meski kebotakan yang disebabkan oleh faktor genetik tidak bisa dicegah, tetapi kerontokan rambut disebabkan oleh faktor luar bisa cegah dengan cara:

  Hindari pemakaian produk yang berlebihan.

  Hindari Mengikat rambut dengan kencang.

  Menghindari penataan rambut secara berlebihan dengan alat yang memerlukan pemanas:

    • Hair dryer merusak batang rambut dengan cara meningkatkan suhu air yang ada di rambut hingga menjadi uap. Hal ini menyebabkan rambut menjadi rapuh dan mudah patah
    • Menggunakan curling iron dengan suhu yang terlalu tinggi dapat melelehkan keratin di luar kutikula rambut. Saat keratin pada rambut terkikis, rambut akan rusak dan hal ini bisa merusak tekstur alami pada rambut.
    • Menggunakan flat iron dapat merusak medula dan kutikula pada rambut. Selain merusak lapisan pada rambut, juga dapat menyebabkan kehilangan kelembaban pada rambut. Menggunakan flat iron dengan panas yang tinggi dapat menyebabkan rambut pecah-pecah, tidak mengkilap dan menyebabkan kekeringan pada rambut.

  Menjaga dan melindungi rambut dari sinar matahari dan sumber sinar uv yang lain karena sinar matahari dapat mengubah warna alami pada rambut, merusak tekstur alami rambut dan menyebabkan penipisan pada rambut. Hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut dari sinar matahari adalah:

    • Rutin trimming rambut 1-2 bulan sekali
    • Pakai penutup kepala saat beraktivitas di luar
    • Cuci rambut setelah berolahraga
    • Lakukan creambath seminggu sekali
    • Rutin melembabkan rambut dengan kondisioner
    • Konsumsi makanan yang kaya vitamin dan nutrisi

  Berhenti merokok. Merokok dapat menyebabkan kekeringan pada rambut, rambut terlihat kusam dan rambut menjadi rapuh. Dampak dari merokok adalah penyusutan pembuluh darah yang pada sirkulasi darah di kulit kepala. Hal ini mencegah kulit kepada untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan sehingga terjadi kerusakan pada rambut.

Itulah informasi mengenai rambut rontok dan tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut untuk mencegah kerontokan rambut. Menjaga kesehatan rambut mungkin merupakan hal yang sepele, tetapi mengetahui kesehatan rambut mu merupakan hal yang penting. Yuk, mulai menjaga rambut dari kerontokan!