sayuran untuk diet

Mengkonsumsi sayuran untuk diet memang menjadi pilihan sehat dan tepat. Pasalnya, sayuran mengandung banyak serat, nutrisi, vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Selain itu, mengkonsumsi sayuran secara rutin juga bisa menurunkan resiko penyakit kronis.

Salah satu langkah untuk menjaga kesehatan dan berat badan proporsional adalah dengan diet sehat. Program diet bisa kamu lakukan seperti diet DEBM atau dengan cara menjaga pola makan atau mengkonsumsi banyak sayuran. Serat tinggi dalam sayuran akan memberikan kita rasa kenyang lebih lama.

Selain itu, proses kompleks saat mencerna sayuran akan memberikan kamu energi secara bertahap. Inilah alasan mengapa kamu akan merasa kenyang lebih lama dan terus berenergi ketika banyak mengkonsumsi sayuran.

Jenis sayuran apa saja yang baik untuk diet? Berikut sayur yang bagus untuk diet yang bisa kamu pilih sebagai menu utama makanan tinggi serat!

1. Sayuran Hijau, Seperti Bayam dan Selada

sayuran hijau

sumber: unsplash

Sayur untuk diet pertama adalah Sayuran hijau merupakan sumber penyedia zat gizi mikro terbaik yang bisa kamu dapatkan. Selain itu, jenis sayuran ini memiliki kalori dan karbohidrat yang rendah, jadi akan sangat membantu kamu menurunkan berat badan.

Bahkan beberapa sayuran hijau, seperti bayam mengandung nutrisi lain seperti asam amino dan protein. Sedangkan selada memiliki kandungan kalium dan kalsium yang tinggi.

Selain itu, berbagai jenis sayuran hijau bisa menjadi variasi masakan yang berbeda setiap harinya, jadi kamu tidak akan pernah bosan mengkonsumsi jenis sayuran hijau lagi.

2. Sayuran Bunga, Seperti Brokoli dan Kol

sayuran bunga

sumber: unsplash

Jenis dan contoh sayuran bunga seperti brokoli mungkin memiliki kandungan karbohidrat yang lebih tinggi, tetapi dengan kadar yang masih memenuhi standar diet. Selain itu, brokoli bisa memberikan asupan vitamin C yang sama baiknya seperti buah-buahan.

Tingginya vitamin C dalam brokoli, dapat membantu kamu untuk proses pembakaran lemak dalam tubuh.

Walaupun tidak memiliki kandungan vitamin C yang tinggi seperti brokoli, kandungan flavonoid dan vitamin B3 dalam kembang kol baik untuk mengendalikan Kolesterol (LDL).

3. Sayuran Buah, Seperti Tomat, Cabai dan Paprika

sayuran buah

sumber: unsplash

Apakah kamu tahu bahwa rasa pedas dalam makanan berasal dari senyawa bernama capsaicin yang terdapat pada cabai dan paprika?

Senyawa ini dipercaya dapat memicu rasa kenyang sekaligus mengurangi keinginan untuk ngemil. Selain itu, capsaicin juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga dapat membantu pembakaran kalori saat istirahat.

Selain cabai dan paprika, sayuran buah seperti tomat dan mentimun memiliki kalori rendah, sehingga bermanfaat untuk diet. Tidak hanya itu, kedua sayur untuk diet ini mengandung antioksidan tinggi sehingga baik bagi daya tahan tubuh terhadap radikal bebas.

Artikel Terkait