Senam Irama Bagi Kesehatan

Senam irama adalah salah satu senam kebugaran jasmani yang paling digemari. Meskipun gerakannya terkesan mudah, ternyata menyimpan banyak sekali manfaat senam irama bagi kesehatan tubuh kita. Terutama bagi ibu-ibu rumah tangga yang menyempatkan waktu melakukan senam irama di lapangan komplek.

Kamu pasti udah nggak asing melihat pemandangan tersebut di hari minggu pagi, bukan? Seperti yang sudah biasa kita jumpai, senam irama adalah cabang olahraga yang dilakukan bersama irama yang mengikutinya. Karena itu, senam irama membuat kita menggerakkan seluruh anggota badan.

Ketika seluruh anggota badan bergerak, manfaat senam irama dapat membakar kalori pada tubuh dalam jumlah yang besar. Selain itu, manfaat senam irama dapat meningkatkan kekuatan otot kita. Nah, itu baru salah satu apa manfaat senam irama bagi kesehatan fisik.

Senam irama juga bermanfaat bagi kesehatan mental dan hubungan sosial kita dalam masyarakat. Sayang banget kan kalau manfaat tersebut dilewatkan? Yuk, kenali pengertian, unsur-unsur, hingga gerakannya untuk mendapatkan manfaat senam irama bagi kesehatan!

Table of Contents

Pengertian Senam Irama dan Perkembangannya

Pengertian Senam Irama dan Perkembangannya

Senam irama adalah olahraga yang menyenangkan karena gerakannya mengikuti iringan musik. Senam irama dikenal sebagai senam ritmik, tapi nggak jarang juga yang mengenal senam irama sekadar joget aja. Padahal sangat jauh dari pengertian senam irama yang sebenarnya loh, Teman SUPERjuangan.

Jadi, apa sih pengertian senam irama itu? Pengertian senam irama adalah gerakan tubuh yang dapat mengikuti iringan musik dan nyanyian, ataupun ketukan sehingga menciptakan keselarasan gerak. Senam irama bisa dilakukan baik individu maupun kelompok untuk memperlihatkan sebuah koreografi.

Fakta uniknya, sebelum tujuan senam irama layaknya yang kita kenal sekarang sebagai olahraga, tujuan senam irama pertama kali hanya untuk mengekspresikan diri. Tujuan senam irama ini kemudian diteruskan oleh Peter Henry Ling pada abad ke-19 yang disebut Swedish system.

Akhirnya, ide tersebut semakin dikembangkan oleh Catherine Beecher, melakukan gerakan dari yang sederhana kepada yang kompleks diiringi dengan musik. Awalnya gerakan tersebut diberi nama gymnastic rhythmic. Namun, hingga saat ini menjadi senam ritmik alias senam irama serta sebagai salah satu cabang olahraga.

Unsur-Unsur dalam Senam Irama

Senam irama adalah memadukan antara gerakan tubuh dengan irama musik yang mengikuti. Namun, dalam praktiknya kamu perlu memperhatikan beberapa hal yang disebut unsur-unsur senam irama. Berikut ini merupakan unsur-unsur dalam senam irama!

  • Ketepatan

Nah, kamu sendiri tau nggak fungsi musik dalam senam irama adalah untuk apa? Berkaitan dengan fungsi musik dalam senam irama adalah untuk mengiringi gerakan senam, maka ketepatan gerakan untuk mengikuti irama musik tersebut sangat perlu ditekankan.

  • Keindahan

Selain unsur di atas, fungsi musik dalam senam irama adalah untuk menambah estetika pada gerakan yang dilakukan. Itu sebabnya, senam irama adalah gabungan dari olahraga dengan seni. Semakin indah irama yang mengiringinya, semakin indah pula gerakan tubuh yang tercipta.

  • Kelenturan

Kelenturan menjadi unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam senam irama, yang mana kemampuan memperlihatkan gerakan tubuh tanpa kaku. Pasalnya, senam irama juga membutuhkan kelenturan untuk menghasilkan gerakan yang artistik atau penuh keindahan. Di samping itu, untuk melenturkan otot dan persendian kita.

  • Keluwesan

Keluwesan berarti kemampuan melakukan satu gerakan ke gerakan yang lain tanpa hambatan yang berarti. Keluwesan gerak dalam senam irama juga sering disebut fleksibilitas. Tapi perlu diingat juga, keluwesan sebagai unsur senam irama akan bermanfaat apabila dilakukan dengan latihan koreografi secara rutin.

  • Keseimbangan

Keseimbangan dalam senam irama juga sangat diperlukan, yang mana tubuh dapat mempertahankan posisinya. Misalnya, ketika gerakan langkah kaki disertai dengan ayunan tangan yang amat membutuhkan keseimbangan.

  • Kontinuitas

Salah satu fungsi musik dalam senam irama adalah untuk memvariasikan gerakan sehingga dibutuhkan juga kontinuitas. Kontinuitas berarti melakukan gerakan secara terus-menerus tanpa terputus sesuai irama atau tempo musik.

Tahapan Gerak dalam Senam Irama

Senam ritmik atau senam irama akan bermanfaat apabila dilakukan dengan rutin yang didapatkan dari latihan secara teratur. Latihan senam ritmik yang teratur akan meningkatkan kesehatan jantung. Nah, supaya mendapat manfaat senam irama tersebut, penting untuk kita mengetahui tahapan gerak dalam senam irama berikut ini!

  • Gerakan Pemanasan

Singkatnya, gerakan pemanasan adalah tahap awal dengan tujuan senam irama untuk mempersiapkan tubuh dan mencegah terjadinya cedera. Tempo irama pada gerakan pemanasan cenderung dimulai pelan sehingga intensitas gerakannya juga masih lambat. 

Contoh gerakan pemanasan dalam senam irama, seperti gerakan jalan di tempat, kepala dimiringkan ke kiri dan ke kanan secara bergantian, atau diangkat ke atas dan diturunkan ke bawah secara bergantian, serta kedua tangan direntangkan ke samping.

  • Gerakan Inti

Setelah melakukan gerakan pemanasan, akan masuk pada tahap gerakan yang menjadi inti dalam senam irama. Tempo irama pada gerakan inti berubah cepat sehingga alur gerakan tubuh pun lebih cepat dan kuat. Selain itu, gerakan inti sangat bervariasi dengan tetap harus menyesuaikan irama musik.

Contoh gerakan inti dalam senam irama, seperti melangkahkan kedua kaki ke depan dan ke belakang,  menekuk tangan di atas kepala yang kemudian diayunkan ke atas dan ke bawah, ataupun menyilangkan kedua tangan. Gerakan-gerakan tersebut juga akan mendapatkan 2-5 kali pengulangan.

  • Gerakan Pendinginan

Satu lagi tahapan gerak yang nggak boleh dilupakan, yaitu pendinginan. Tempo irama pada gerakan pendinginan berangsur pelan. Nah, tujuan senam irama ini untuk menurunkan denyut jantung setelah melakukan gerakan inti sebelumnya. Contoh gerakan pendinginan, seperti menarik tangan ke atas sembari membuang napas perlahan-lahan.

Manfaat Senam Irama Bagi Kesehatan

Manfaat Senam Irama Bagi Kesehatan

Teman SUPERjuangan, udah tau belum apa manfaat senam irama yang bisa kamu dapatkan? Nah, setelah mempelajari gerakan-gerakan dalam senam irama, berikut ini manfaat senam irama bagi kesehatan. Tapi, perlu diingat bahwa senam irama akan bermanfaat apabila dilakukan dengan teratur, ya. Yuk, biar nggak penasaran lagi, ini dia manfaat senam irama bagi kesehatan!

  • Menjaga tubuh tetap bugar

Tubuh yang bugar adalah tujuan senam irama bagi semua orang. Pasalnya, tubuh yang bugar membantu kita mendapatkan kualitas hidup lebih baik dan umur lebih panjang. Karena itu, manfaat senam irama bagi kesehatan adalah menjaga tubuh tetap bugar.

  • Memperkuat otot dan tulang

Otot dan tulang juga perlu dilatih loh, salah satunya melakukan senam irama bagi kesehatan otot dan tulang. Otot dan tulang yang semakin kuat juga akan memudahkan kamu melakukan aktivitas sehari-hari.

  • Menambah fleksibilitas tubuh

Bukan cuma pada kekuatan otot dan tulang, supaya sanggup melakukan kegiatan berat sekalipun, tubuh harus fleksibilitas. Mulai dari lentur, lincah, seimbang, dan cepat. Semua itu bisa kamu dapatkan dari melakukan senam irama bagi kesehatan.

  • Menyehatkan jantung

Selanjutnya, manfaat senam irama bagi kesehatan jantung. Dengan senam irama memungkinkan aliran darah di pembuluh darah sekitar jantung mengalir lebih lancar dan jantung pun menjadi lebih kuat.

  • Meningkatkan daya tahan paru-paru

Latihan senam ritmik yang teratur akan meningkatkan daya tahan paru-paru. Saat melakukan senam irama bagi kesehatan, membuat nafas menjadi lebih cepat. Namun, ini akan melatih paru-paru untuk bekerja lebih keras sehingga daya tahannya pun meningkat.

  • Mengeluarkan racun

Racun pada tubuh akan ikut keluar bersama keringat saat melakukan senam irama. Maka, semakin sering kamu berkeringat, semakin banyak pula racun yang keluar karena melakukan senam irama bagi kesehatan tubuh.

  • Membakar kolesterol berlebih

Manfaat senam irama bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat membakar kolesterol berlebih pada tubuh. Manfaat senam irama ini didapat dari tubuh yang bergerak aktif, lalu mengubah lemak menjadi tenaga.

Kamu Sudah Tahu Butuh Berapa Banyak Kalori? Yuk, Hitung Kebutuhan Kalori Kamu Setiap Harinya dengan Cara di Bawah Ini!

  • Mempercepat penurunan berat badan

Sedang menjalani diet? Coba lakukan juga senam irama untuk membantu mempercepat penurunan berat badan. Tapi, senam irama akan bermanfaat apabila dilakukan dengan konsisten, ya. Sebaliknya, kamu tidak akan mendapatkan manfaat senam irama bagi kesehatan jika tidak konsisten.

  • Menghindari cedera

Tubuh yang memiliki fleksibilitas tinggi seperti yang sudah dijelaskan pada manfaat senam irama bagi kesehatan sebelumnya, akan membuat kamu jarang mengalami cedera. Mengingat cedera bisa menyerang kapan aja, apalagi saat sedang melakukan aktivitas berat.

  • Menurunkan risiko osteoporosis

Salah satu faktor risiko osteoporosis usia muda, yaitu rasa mager loh, alias males gerak. Waduh! Tapi, kamu bisa menurunkan risikonya dengan teratur melakukan senam irama bagi kesehatan tubuh.

  • Mencegah penyakit kritis

Kurangnya berolahraga juga mampu meningkatkan penyakit kritis yang tidak menular, seperti obesitas, diabetes, stroke, hingga kanker. Karena itu, salah satu manfaat senam irama bagi kesehatan adalah mencegah timbulnya penyakit tersebut.

  • Merangsang koordinasi tubuh

Masih ingat kan dengan salah satu fungsi musik dalam senam irama adalah untuk mengiringi gerakan. Nah, hal ini menjadi manfaat senam irama bagi kesehatan, yaitu merangsang sistem koordinasi antara gerak anggota tubuh dengan tempo musik tersebut.

  • Mengoptimalkan fungsi otak

Manfaat lain melakukan senam irama bagi kesehatan, yaitu mengoptimalkan fungsi otak. Selain koordinasi, otak juga berperan terhadap daya ingat, tingkat konsentrasi, dan kreativitas atau yang dikenal sebagai kemampuan kognitif otak. 

  • Membantu tidur nyenyak

Kamu sadar nggak sih kalau setelah berolahraga, tidur malam lebih nyenyak? Manfaat senam irama bagi kesehatan yang satu ini kadang tidak kita sadari. Disebabkan oleh tubuh yang sudah merasa kelelahan sebelumnya sehingga sangat mudah untuk terlelap dan mendapatkan tidur yang berkualitas.

  • Membuat awet muda

Senam irama atau ritmik juga dianggap senjata ajaib awet muda untuk wanita loh. Latihan senam ritmik yang teratur akan meningkatkan produksi kolagen, membuat peredaran darah lancar, bahkan keringat dapat menunda penuaan pada kulit.

  • Menerapkan kebiasaan yang sehat

Senam irama akan bermanfaat apabila dilakukan dengan rutin. Maka, secara nggak langsung kita sedang menerapkan kebiasaan yang sehat loh. Dengan begitu, kita mulai fokus mengikuti senam irama bagi kesehatan tubuh.

  • Melepaskan rasa stres

Senam irama bagi kesehatan dinilai mampu melepaskan rasa stres atau penat karena keberadaan musik menyenangkan yang mengikutinya. Itu mengapa selain untuk mengiringi gerakannya, fungsi musik dalam senam irama adalah untuk menambah semangat.

  • Menciptakan kebahagiaan

Termasuk sebagai olahraga yang sangat menyenangkan, manfaat senam irama bagi kesehatan dapat menciptakan kebahagiaan saat kita melakukannya. Contoh paling sederhana, irama musik pada senam irama, variasi gerakan, serta bertemu banyak orang.

  • Melatih kepercayaan diri

Senam irama sangat cocok untuk segala umur. Karena itu, manfaat senam irama bagi kesehatan adalah melatih rasa percaya diri seseorang, termasuk anak-anak. Senam irama melibatkan gerakan bervariasi sehingga membuat kita melakukannya dengan percaya diri.

  • Membangun keterampilan sosial

Melakukan senam irama bagi kesehatan juga bisa membangun keterampilan sosial. Senam irama yang dilakukan secara berkelompok, baik di lingkungan rumah, kerja, maupun sekolah akan mendorong keterampilan sosial kita, seperti berinteraksi hingga berkontribusi di dalamnya.

Nah, itulah pengertian senam irama sampai dengan apa manfaat senam irama bagi kesehatan! Pasti kamu tertarik untuk melakukannya, bukan? Tapi selain itu, kamu perlu memberi perlindungan diri dari risiko yang mungkin juga terjadi. Tenang, sekarang sudah ada Super Easy Health, asuransi kesehatan menyeluruh dari Super You. Mulai Rp1.000-an aja per hari, manfaat pertanggungannya hingga Rp1M loh!

Artikel Terkait