Susu Kambing vs Susu Sapi

Susu adalah salah satu jenis minuman yang bisa dikonsumsi untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh manusia. Ada beberapa jenis susu yang kerap dikonsumsi oleh manusia, salah satunya adalah susu kambing.

Perlu kamu ketahui, susu kambing memiliki sejumlah manfaat yang dinilai sangat unggul dibandingkan dengan susu sapi atau susu kambing biasa, seperti kandungan protein yang lebih tinggi dan kandungan lemak jenuh yang lebih rendah.

Table of Contents

Untuk lebih lanjut, mari kita ketahui bersama manfaat susu kambing untuk kesehatan manusia lewat artikel yang sedang kamu baca ini. Ada juga beberapa orang yang mengatakan bahwa susu kambing untuk tulang memiliki khasiat yang luar biasa dibandingkan dengan susu sapi.

Perbedaan Susu Kambing dan Susu Sapi

Seperti sudah kami ulas sedikit di atas, kalau dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing diketahui memiliki kandungan protein yang lebih tinggi. Selain itu, susu kambing juga mengandung lemak jenuh yang lebih rendah daripada susu sapi pada umumnya.

Kalau diukur dalam takaran 200 mililiter, susu sapi memiliki kandungan 7 gram lemak jenuh, sedangkan susu kambing hanya mengandung kurang lebih 5 gram lemak jenuh. Hal ini yang membuat sebagian individu memilih untuk mengonsumsi susu kambing daripada susu sapi.

Lemak jenuh ini tentu sangat berpengaruh kepada kesehatan manusia. Saat ini sudah banyak orang yang sangat peduli kepada kesehatan mereka, oleh karenanya faktor lemak jenuh ini sangat diperhatikann oleh masyarakat.

Baca Juga : Yuk, Ketahui Bagaimana Vitamin E Diserap dan Manfaatnya!

Kandungan yang Ada di Dalam Susu Kambing

Kandungan yang Ada di Dalam Susu Kambing

Susu kambing memiliki kualitas yang berbeda jika dibandingkan dengan susu sapi biasa yang dikonsumsi orang banyak. Susu sapi yang biasa dijual di pasaran umumnya berasal dari berbagai jenis sapi, baik sapi liar ataupun sapi ternak yang ada di berbagai peternakan.

Sementara susu kambing ini kebanyakan berasal dari jenis kambing persilangan kambing dari India dan kambing lokal yang ada di Indonesia. Pada dasarnya, persilangan kambing ini bertujuan untuk menghasilkan jenis kambing yang berkualitas.

Oleh karena itu, susu kambing yang dikhususkan sebagai hewan ternak ini telah melalui proses pemeliharaan yang terjaga dengan baik sehingga bisa menghasilkan produksi susu yang mengandung nutrisi tinggi.

Pada dasarnya ada satu jenis kambing yang menjadi unggulan untuk diambil susunya. Jenis kambing ini adalah kambing etawa. Kambing ini merupakan jenis kambing hasil dari persilangan antara Jamnapari dari India dan kambing lokal Indonesia.

Pada dasarnya, persilangan kambing ini bertujuan untuk menghasilkan jenis kambing ternak yang berkualitas. Persilangan kambing ini juga memiliki tujuan untuk menghasilkan jenis kambing ternak yang lebih unggul lewat beberapa proses pemeliharaan yang terjaga dengan baik.

Hasinya, susu kambing etawa ini bisa menghasilkan produk susu yang mengandung nutrisi cukup tinggi. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa nutrisi yang terkandung di dalam 200 mililiter susu kambing.

  • Kalori: 130 kalori
  • Karbohidrat: 13 gram
  • Protein: 9 gram
  • Lemak: 5 gram
  • Kalsium: 200 miligram
  • Fosfor: 160 miligram
  • Kalium: 320 gram
  • Natrium: 70 miligram
  • Zat besi: 5 miligram

Selain itu, susu kambing ini juga mengandung beberapa zat mikronutrien lain seperti seng, tembaga, Vitamin A, Vitamin B1. Vitamin B3, dan Vitamin C.

Baca Juga : Apa Sih Makanan Fermentasi? Ketahui Prosesnya!

Manfaat Susu Kambing

Ada sejumlah manfaat susu kambing untuk kesehatan tubuh yang sayang jika dilewatkan. Utamanya khasiat susu kambing untuk wanita. Karena susu kambing ini bisa meningkatkan sistem imun tubuh, menjaga kesehatan tulang, membantu melancarkkan sistem pencernaan, memelihara kesehatan jantung, sampai meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

  • Bisa Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat susu kambing yang pertama adalah bisa meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, konsumsi susu kambing secukupnya bisa membantu meningkatkan produksi immunoglobulin di dalam tubuh.

Imunoglobulin ini adalah protein yang diproduksi oleh sel-sel sistem imun tubuh untuk melawan allergen, virus, bakteri, dan jamur penyebab berbagai penyakit. Selain itu, susu kambing ini juga mengandung zat selenium yang penting dalam sistem imun.

Zat selenium ini juga bisa ditemui dalam susu sapi, namun kandungannya jauh berbeda dari susu kambing apalagi susu kambing etawa.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Berbagai jenis susu, terutama susu kambing sudah dikenal sebagai sumber kalsium dan fosfor yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Untuk anak-anak, susu kambing untuk tulang ini sangat baik untuk dikonsumsi.

Selain itu, susu kambing uga mampu mendukung pertumbuhan gigi dan bisa mencegah risiko stunting. Sementara pada orang dewasa, konsumsi susu kambing dinilai mampu mencegah risiko osteoporosis. Bahkan, kandungan zat selenium dan seng yang tinggi dari susu kambing dipercaya bisa meminimalkan risiko penyakit neurodegeneratif.

  • Mampu Menjaga Berat Badan Ideal

Kegunaan susu kambing yang berikutnya adalah bisa menjaga berat badan ideal. Pasalnya, susu kambing ini memiliki kandungan kalori, lemak, dan protein yang tinggi sehingga bisa mengendalikan napsu makann serta memberikan efek kenyang yang lebih lama.

  • Bisa Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat susu kambing adalah bisa membantu melancarkan sistem pencernaan pada manusia. Sebab, susu kambing mengandung senyawa probiotik, yaitu olihp saccharides yang bisa mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran pencernaan.

Selain itu, susu kambing ini juga memiliki kandungan laktosa yang lebih rendah bila dibandingkan dengan susu sapi. Hal ini membuat susu kambing relatif lebih aman untuk dikonsumsi oleh penderita intoleransi laktosa.

  • Bisa Mengendalikan Kadar Kolesterol

Fungsi susu kambing yang berikutnya adalah bisa membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, susu kambing mengandung lemak jenuh yang lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi.

Oleh karena itu, penderita kolesterol tinggi lebih disarankan untuk mengonsumsi susu kambing ini dibandingkan dengan jenis susu lainnya. Bahkan, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa susu kambing mampu membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam pembuluh darah dan kantong empedu.

Oleh karenanya, konsumsi susu kambing ini bisa mencegah terjadinya penumpukan plak kolesterol pada dinding pembuluh darah arteri sehingga turut meminimalkan risiko terjadinya serangan jantung dan penyakit jantung koroner.

  • Meningkatkan Produksi ASI

Banyak yang bertanya susu kambing bisa menyembuhkan penyakit apa? Jawabannya adalah banyak sekali, seperti menurunkan kadar kolesterol pada tubuh manusia. Selain itu, susu kambing ini juga bisa meningkatkan produksi ASI atau air susu ibu.

Selain itu, karena nutrisi yang sangat lengkap pada susu kambing, jadi dipercaya bisa menjaga kualitas ASI serta membantu memenuhi kebutuhan protein ibu menyusui.

  • Mampu Menjaga Kesehatan Kulit

Selain untuk dikonsumsi, susu kambing juga bisa dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan produk perawatan kulit, seperti losion dan sabun mandi. Hal ini dikarenakan susu kambing mengandung asam lemak serta trigliserida yang dipercaya mampu melembutkan kulit.

Selain asam lemak dan trigliserida, susu kambing juga mengandung vitamin A yang bisa melawan jerawat, memperbaiki kulit, serta menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Tingkat pH susu kambing hampir sama dengan pH kulit manusia sehingga risiko terjadinya iritasi kulit lebih rendah.

Itu lah tadi penjelasan kami tentang manfaat susu kambing dibandingkan dengan susu sapi. Semoga artikel ini bisa menyegarkan pengetahuan kita ya.

Super care terbaru

Oiya, sebagai informasi tambahan, sekarang kamu juga bisa mendaftarkan diri di asuransi kesehatan terpercaya dan terbaik di Indonesia di Super Easy Health by Super You. Hanya dengan Rp4.500 saja per harinya, kamu sudah bisa mendapatkan beberapa manfaat kesehatan.

Jadi, tunggu apalagi, daftarkan diri kamu sekarang juga ya. 

Artikel Terkait