teknik dasar bola basket

Teknik dasar bola basket sangat penting untuk bisa bermain secara benar dan efisien tanpa menyebabkan cedera pada tubuh. Basket merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak dimainkan oleh semua orang di semua umur membuatnya sangat digemari. Popularitas dari olahraga basket membuatnya menjadi olahraga terpopuler ke 7 di dunia yang diikuti oleh 825 juta penggemar.

Mudahnya menjelaskan permainan bola basket adalah permainan yang dimainkan oleh 2 tim basket yang berbeda dengan tujuan permainan bola basket menjadi merebut bola dan memasukkannya ke dalam ring lawan. Namun, permainan bola basket tidak semudah itu karena skor yang dimasukkan ke dalam ring akan berbeda berdasarkan teknik permainan bola basket yang digunakan ketika menembak bola. 

Table of Contents

Selain itu permainan bola basket juga berbeda dari olahraga lain, seperti bola voli, karena tujuan utama bermain basket tim mana yang mencapai skor tertentu selama permainan, tetapi berdasarkan durasi. National Basketball Association (NBA) telah menentukan bahwa akan ada empat babak yang masing-masing berdurasi dua belas menit.

Sejarah Permainan Bola Basket

Sejarah Permainan Bola Basket

Dimulainya permainan bola basket dikatakan karena James Naismith yang menyatakan dirinya sebagai pencetus cabang olahraga ini. Berdasarkan Naismith, tujuan utama bermain basket pertama kali adalah sebagai cabang olahraga yang bisa dimainkan di dalam ruangan karena saat itu muridnya tidak bisa melakukan olahraga di musim dingin. 

Karena di tahun 1891 masih belum ada cabang olahraga basket, permainan juga dilaksanakan menggunakan bola sepak dan permainan dirancang untuk melempar bola agar masuk ke dalam ring yang terbuat dari keranjang buah persik yang digantung di tembok.

Saat itu, permainan bola basket berbeda dari yang kita kenali sekarang. Biasanya 1 tim dipenuhi dengan 5 orang, tetapi saat itu 1 tim dipenuhi oleh 9 orang. Teknik dasar bola basket untuk dribble juga masih belum ada saat itu, sehingga cara untuk mengoper bola ke teman satu tim adalah dilempar. Namun, hal-hal ini berubah semakin populer permainan bola basket berkembang.

Baca Juga: 5 Manfaat Renang, Olahraga yang Aman Dilakukan Siapa Saja

Masuknya Permainan Bola Basket ke Indonesia

Masuknya permainan bola basket ke Indonesia disertai dengan eksodus warga negara China ke negara-negara Asia Tenggara pada tahun 1920 membawa pengetahuan mengenai permainan basket. 

Warga negara China tersebut membuat komunitas sendiri, seperti mendirikan sekolah untuk warga China dimana permainan bola basket menjadi populer. Selain itu mereka juga mendirikan beberapa komunitas basket di kota besar, seperti Sahabat yang merupakan klub basket salah satu legenda basket Indonesia Sony Hendrawan (Liem Tjien Siong).

Tidak hanya banyak digemari, manfaat olahraga bola basket untuk kesehatan juga banyak sehingga banyak digunakan sebagai salah satu kurikulum olahraga yang diperkenalkan di sekolah. Biasanya sekolah akan memperkenalkan beberapa teknik dasar bola basket, peraturan permainan dan alat-alat yang digunakan. 

super easy health

Manfaat Permainan Bola Basket 

Bermain bola basket memiliki banyak manfaatnya karena itu banyak digunakan dalam kurikulum sekolah. Salah satunya adalah reputasi permainan bola basket yang membantu seorang anak tumbuh tinggi jika dimainkan sejak kecil. Beberapa manfaat dari permainan bola basket adalah:

  1. Bermain bola basket bisa membantu melatih otot tubuh karena saat bermain bola basket, seluruh tubuh akan bergerak dengan intens. 
  2. Rutin bermain bola basket bisa membantu untuk menjaga ketahanan tubuh dan membuat badan lincah. 
  3. Bermain bola basket bisa membantu menjaga imunitas tubuh karena memperkuat tubuh dengan melatihnya.
  4. Bermain bola basket bisa membantu membangun keseimbangan serta koordinasi tubuh antara tangan, kaki dan mata. 
  5. Bermain bola basket juga sangat bermanfaat dalam meningkatkan keterampilan motorik karena harus menggerakkan hampir semua anggota tubuh dalam permainan. 
  6. Rutin bermain bola basket bisa membantu membentuk tubuh ideal karan membakar kalori banyak.
  7. Banyak orangtua yang mendorong anaknya bermain bola basket karena membantu pertumbuhan tinggi tubuh. Hal ini tidak bohong karena dengan bermain basket, otot kaki, tulang belakang dan tulang kaki akan meregang. 
  8. Karena membakar banyak kalori, bermain bola basket merupakan salah satu olahraga ideal untuk membantu menurunkan berat badan.
  9. Bermain bola basket membantu memperkuat tulang-tulang dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya osteoporosis.
  10. Bermain bola basket membantu menjaga kesehatan jantung karena meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Peraturan Permainan Bola Basket 

Peraturan Permainan Bola Basket

Saat ingin bermain bola basket. terdapat beberapa peraturan dari permainan yang perlu diketahui, yaitu:

  1. Pemain  dapat melempar bola ke segala arah baik dengan satu atau dua tangan. 
  2. Pemain dilarang untuk berlari sambil memegang bola dan harus dilempar di titik pemain yang akan menerima bola. 
  3. Bola harus dipegang di antara telapak tangan atau di dalam. 
  4. Permain dilarang untuk menjegal lawan dengan cara apapun. Melakukan ini akan  membuat mereka mendapatkan sanksi pelanggaran berat. 
  5. Jika tim lawan telah melakukan pelanggaran mencapai 3 kali, maka tim akan mendapatkan poin tambahan.
  6. Tangan dilarang mengepal ketika memantulkan bola. 
  7. Durasi pertandingan akan berlangsung selama 10 menit dengan 4 ronde. 
  8. Pemenang merupakan tim dengan poin terbanyak.
  9. Tim berhak meminta time out dan per babak akan diberikan sebanyak dua kali time out dan di babak tambahan hanya memperbolehkan satu. 
  10. Satu poin didapatkan ketika tim berhasil mencetak satu poin lewat titik lemparan bebas, dua poin ketika dimasukkan ke area lingkaran dalam dan tiga ketika masuk ke dalam ring dari dari luar garis three points.

Peralatan Permainan Bola Basket 

Selain mengenai permainan dan pemain, peralatan permainan bola basket juga ada peraturannya loh. Peraturan yang tersedia mengenai peralatan yang digunakan adalah ukurannya. 

  • Ukuran Lapangan Bola Basket 

    • Panjang: 28 Meter
    • Lebar: 15 Meter
    • Diameter Lingkaran Tengah: 3,6 Meter 
    • Jarak Garis Tiga Poin ke Ring: 6,75 Meter
    • Jarak Garis Busur Ring Basket: 1,25 Meter
  • Ukuran Ring dan Tinggi Tiangnya 

    • Tinggi Ring: 3,05 Meter
    • Diameter Ring: 45 cm
    • Jarak Tiang Ring ke Endline: 1 Meter
    • Panjang Papan Pantul: 1,8 x 1,05 Meter
    • Ukuran Kotak Tengah Papan Pantul: 59 x 45 cm
    • Jarak Papan Pantul ke Endline: 1,2 Meter

Baca Juga: Pelajari Langkah-Langkah Shooting Sepak Bola

Teknik Dasar Bola Basket 

Teknik Dasar Bola Basket

Terdapat berbagai teknik dasar bola basket yang bisa dipelajari dan biasanya akan diajari di sekolah. Beberapanya adalah di bawah ini.

  • Teknik Dasar Permainan Bola Basket untuk Memegang Bola 

Mungkin bingung kenapa memegang bola memerlukan teknik tersendiri, tetapi memegang bola menjadi salah satu teknik dasar permainan bola basket agar bisa mengendalikan bola lebih gampang. 

Pegang bola menggunakan kedua tangan, posisikan jari renggang dan terbuka lebar. Ini penting ketika menerima bola atau mengoper bola.

  • Teknik Passing Bola Basket 

Teknik passing bola basket menjadi salah satu teknik dasar bola basket. Saat melakukan passing ini adalah teknik tembak-tembakan yang meningkatkan kemungkinan mencetak angka. Beberapa teknik dasar yang ada di teknik ini adalah chest pass, overhead pass dan bounce pass.

  • Teknik Dasar Dalam Permainan Bola Basket untuk Menggiring Bola 

Dribbling atau menggiring bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bola basket. Saat melakukan dribbling, bola akan dipantulkan ke tanah tanpa lepas dari tangan. Ini merupakan salah satu teknik dasar yang berguna saat ingin melakukan serangan.

  • Teknik Dasar Bola Basket untuk Melakukan Shooting

Melakukan tembakan atau shooting untuk mencetak poin merupakan salah satu teknik dasar bola basket. Cara melakukannya adalah untuk menggenggam bola basket, posisikan di udara dan tembak ke arah ring lawan. Teknik ini memerlukan kecepatan serta ketepatan yang tepat.

Nah, itu lah beberapa introduksi olahraga basket dan beberapa teknik dasar bola basket yang ada. Sebagai salah satu cabang olahraga yang populer, bermain bola basket sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti memiliki asuransi kesehatan menjadi kepentingan untuk mencegah risiko. Asuransi kesehatan dari Super You bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan loh!

Artikel Terkait