hdl kolesterol

Lemak selalu diperlihatkan sebagai hal yang buruk, tetapi tahukah bahwa tubuh selalu memproduksi lemak, dan kegunaannya untuk tubuh sangatlah penting. Salah satu dari lemak yang diproduksi oleh tubuh adalah kolesterol, zat hasil produksi alami oleh organ hati. Kegunaan kolesterol pada tubuh adalah untuk menghasilkan vitamin D, memproduksi hormon dan membentuk sel-sel sehat. Selain pada manusia, kolesterol juga bisa ditemukan pada hasil produksi hewan yakni, susu dan daging.

Tentu saja apapun yang berlebihan pastinya tidak bagus. Terlalu banyak kolesterol dalam tubuh akan menyebabkan penumpukan di pembuluh darah dan menyebabkan gangguan pada aliran darah, kolesterol baik atau High Density Lipoprotein adalah yang kolesterol baik yang akan membawa kembali penumpukan kolesterol ini balik ke hati agar bisa dikeluarkan dari tubuh.

Tingkat HDL Normal

High Density Lipoprotein (HDL) merupakan kolesterol yang semakin tinggi kadarnya, semakin baik untuk tubuh. Lakukan pemeriksaan untuk mengetahui tingkat HDL maupun kolesterol jahat yang menyebabkan penumpukan atau Low Density Lipoprotein (LDL) dan tahu apa yang harus dilakukan kemudian.

Berikut ini adalah tingkat HDL normal bagi orang dewasa berdasarkan hasil tes darah:

Perempuan: 55-60 mg/dl atau lebih

Laki-laki: 45-60 mg/dl atau lebih

Tingkat HDL sangat penting untuk diketahui karena meski tingkat LDL rendah, apabila tingkat HDL ada di bawah batas normal maka akan ada risiko lebih tinggi untuk terkena penyakit yang berkaitan dengan jantung atau pembuluh darah. Tingkatkan HDL agar tetap pada batas normal atau lebih dari itu. Ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kadar HDL:

Makanan Sehat 

Salah satu cara tergampang untuk meningkatkan HDL adalah dengan makanan. Perbanyak konsumsi makanan dengan lemak tak jenuh dan kaya akan omega-3 dan yang seratnya tinggi seperti aneka makanan yang terbuat oleh gandum, misalkan roti gandum utuh atau pasta yang terbuat oleh gandum. Selain itu perbanyak konsumsi ikan, chia seed, oatmeal, buah dan sayuran. Apabila ingin gorengan, gunakan minyak zaitun sebagai alternatif minyak goreng. Baca Juga Jaga makanmu untuk Mencegah Kolesterol Tinggi: 10 Makanan Yang Memicu dan Menurunkan Kolesterol

asuransi rawat inap jalan


Rutin Olahraga

Salah satu cara untuk meningkatkan HDL adalah dengan berolahraga secara rutin. Selain untuk menurunkan berat badan, olahraga memiliki banyak manfaat yang dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Tidak perlu mulai dari yang ekstrim, olahraga bisa dimulai dengan berjalan kaki 10-15 menit setiap hari dan apabila sudah mulai terbiasa untuk perlahan meningkatkan intensitas olahraga.

Berat Badan Ideal

Menurunkan berat badan lebih tidak hanya akan menurunkan LDL, tetapi juga akan meningkatkan HDL dalam darah. Lakukan olahraga secara teratur, dan mengatur porsi serta jenis makanan yang dikonsumsi, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang rendah lemak dan tinggi protein. Mari cek apakah berat badanmu sudah ideal dengan Kalkulator BMI.


kalkulator kalori

Berhenti Merokok 

Merokok memiliki zat yang bisa meningkatkan LDL, karena itu apabila ingin meningkatkan HDL, berhenti merokok adalah suatu keharusan. Ini berlaku bagi perokok aktif maupun pasif, karena itu berhenti merokok dapat menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga: 7 Cara Berhenti Merokok yang Ampuh dan Cepat!

Kurangi konsumsi alcohol

Mengonsumsi alkohol dalam moderasi dapat menurunkan HDL, tetapi apabila terlalu banyak, ini akan menyebabkan trigliserida dalam darah untuk meningkat serta risiko untuk hipertensi dan fibrilasi atrium. Pastikan untuk batasi konsumsi alkohol 2 gelas per hari untuk laki laki dan 1 gelas per hari untuk wanita.

Baca Juga: Ternyata Ada 35 Efek Bahaya Minum Alkohol Terlalu Banyak Lho, Sudah Tahu?

Demikian penjelasan mengenai HDL dan tips untuk meningkatkan kadar HDL. Pastikan untuk selalu cek tingkat kolesterol, dan untuk lakukan konsultasi dengan dokter secara berkala. Pada umumnya baik untuk mulai mempedulikan kolesterol dari umur 20 tahun karena itu adalah umur yang rentan pada kolesterol tinggi. Selain dengan pola hidup sehat, memaksimalkan perlindungan diri anda dengan memiliki asuransi. Super You memiliki asuransi rawat jalan dengan harga yang terjangkau, mari cek sekarang!