ukuran bra

Ukuran bra yang tidak cocok pasti menyebabkan rasa yang tidak nyaman saat digunakan karena itu saat membeli bra harus dicoba atau mengetahui ukuran yang biasanya digunakan. Namun, hal ini pun tidak memastikan bra tersebut untuk 100% cocok loh karena itu ukuran bra wanita perlu diukur sebaik mungkin. 

Table of Contents

Pengertian Bra 

Bra atau singkatan dari “brassiere” adalah sejenis pakaian dalam yang dirancang khusus untuk mendukung dan menopang payudara wanita. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa bra atau yang juga dikenal sebagai beha atau kutang merupakan pakaian dalam yang digunakan oleh wanita. Tetapi dengan adanya berbagai jenis bra ada juga beberapa tujuan lainnya yang lebih spesifik, seperti membesarkan payudara, mempertimbangkan estetika, menimbulkan belahan dada lebih terlihat dan lainnya.

Fungsi Bra 

Dengan adanya gerakan seperti #FreeTheNipples apa bra hanya dibuat untuk mengekang wanita? Tidak ya. Fungsi bra ada banyak dan penting untuk wanita untuk menggunakan ukuran bra yang pas. Beberapa fungsi bra adalah:

  • Menutupi dan Melindungi Payudara

Menggunakan bra bisa menutupi dan melindungi payudara dari terkena gesekan atau benturan yang bisa menyebabkan terjadinya cedera pada payudara atau puting terutama jika menjalankan kegiatan yang intens.

  • Menopang Payudara

Payudara terdiri dari kelenjar lemak yang ditahan oleh jaringan bernama ligamen cooper, tetapi ligamen ini bisa kendur seiring berjalannya waktu karena itu menggunakan bra bisa membantu payudara terangkat dan melawan gravitasi sehingga bisa menahan dan menopangnya. 

  • Mengatasi Sakit Punggung

Apa ada hubungan ukuran bra dan kesehatan? Tentu ada! Jika memiliki ukuran payudara yang besar maka tidak asing dengan rasa sakit atau pegal yang timbul di punggung. Ukuran payudara yang besar cenderung membuat seseorang membungkuk ke depan dan menyebabkan perubahan postur. Menggunakan bra bisa membantu mengangkat payudara dan mengatasi sakit punggung sehingga tidak perlu membungkuk.

  • Memberikan Kenyamanan 

Payudara akan memantul ketika bergerak dan terlalu banyak pergerakan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman hingga sakit di punggung karena itu menggunakan bra bisa memberikan kenyamanan dengan mencegah payudara bergerak terlalu banyak.

  • Memperindah Tampilan Payudara

Bentuk dan ukuran payudara yang dimiliki bisa tidak sama, ukuran puting juga berbeda karena itu jika tidak nyaman dengan tampilannya, menggunakan bra bisa membantu menyamarkan bentuk dan memperindah tampilan payudara.

Baca Juga: Penyakit Kanker Payudara: Penyebab, Gejala, dan Cara Pencegahannya

Apa Saja Tanda Ukuran Bra Terlalu Kecil?

ukuran bra

Jika tidak mengetahui ukuran bra maka bagaimana mengetahui bra yang digunakan terlalu kecil? Berikut ini adalah beberapa tanda ukuran bra terlalu kecil!

  • Iritasi dan Lecet 

Biasanya pada ukuran bra yang terlalu kecil, bra akan terasa ketat di tubuh dan banyaknya gesekan yang terjadi dengan kulit bisa menimbulkan keringat berlebih dan memicu terjadinya iritasi serta folikel rambut mengalami pembengkakan. Hal ini mempermuda bakteri dan jamur menembus folikel rambut dan berisiko terjadi infeksi kulit.

  • Cup Pada Bra Tidak Seluruhnya Menutupi Area Payudara

Jika ukuran bra tidak pas maka cup pada bra bisa tidak seluruhnya menutupi area payudara. Pada ukuran bra yang terlalu kecil, cup pada bra bisa menimbulkan rasa sakit hingga sesak ketika digunakan.

  • Sering Disesuaikan

Tanda ukuran bra terlalu kecil yang paling gampang untuk dikenali adalah bra sering disesuaikan karena tidak pas. Menyesuaikan bra dengan ukuran tidak pas bisa dengan menyesuaikan strap bra atau cup pada bra akibat rasa tidak nyaman atau menimbulkan rasa sesak.

Apa Saja Tanda Ukuran Bra Terlalu Besar?

Ukuran bra yang terlalu besar juga bisa menyebabkan berbagai masalah loh. Yuk, ketahui apa saja tanda ukuran bra terlalu besar!

  • Tubuh Bagian Atas Terasa Sakit

Untuk ukuran bra terlalu besar biasanya ukuran lingkar dada bisa terlalu besar dan diatasi dengan mengencangkan tali bra. Namun, hal ini menyebabkan seluruh payudara terdorong ke tubuh dan semakin lama akan menimbulkan rasa sakit pada tubuh bagian atas. 

  • Ada Celah di Antara Cup Payudara

Selain ukuran lingkar dada terlalu besar, ukuran bra terlalu besar juga bisa dari cup pada bra sehingga menyebabkan adanya celah di antara cup payudara dan mencegah belahan payudara terlihat indah. 

  • Tali Bra Terlalu Longgar 

Tali bra yang terlalu longgar juga menjadi tanda ukuran bra terlalu besar loh. Jika tali bra terlalu longgar maka bisa sering jatuh dan harus disesuaikan. 

Baca Juga: Pejuang Dua Garis Biru, Yuk Ketahui Ovulasi Alias Masa Subur Wanita!

Cara Mengambil Ukuran Bra yang Benar

ukuran bra

Nah, kalau begitu mari ketahui cara mengambil ukuran bra yang benar agar tidak keliru lagi!

1.Cara Mengetahui Ukuran Lingkar Dada 

Yang pertama adalah dengan mengetahui ukuran lingkar dada atau dikenal juga sebagai under bust. Caranya bisa dengan mengambil meteran atau pita ukuran dan sesuaikan di bawah payudara. Saat mengukur pastikan meteran tidak terlalu ketat atau terlalu longgar agar ukuran lingkar dada pas. 

Karena ukuran bra biasanya datang dalam ukuran inci, pastikan untuk bulatkan hasil ukuran, seperti jika hasilnya adalah 33,8 inci menjadi 34. 

Berikut ini adalah beberapa daftar ukuran lingkar dada:

  1. Lingkar dada: 63-67 cm, ukuran bra: 30
  2. Lingkar dada: 68-72 cm, ukuran bra: 32
  3. Lingkar dada: 73-77 cm, ukuran bra: 34
  4. Lingkar dada: 78-82 cm, ukuran bra: 36
  5. Lingkar dada: 83-87 cm, ukuran bra: 38
  6. Lingkar dada: 88-92 cm, ukuran bra: 40

2. Ukur Bagian Atas Payudara

Setelah mengetahui ukuran lingkar dada, sekarang bisa mengukur bagian atas payudara atau yang juga dikenal sebagai top bust. Caranya adalah dengan melingkarkan meteran ke payudara bagian atas atau area paling penuh, sejajar dengan puting. Pastikan bahwa angka yang diperoleh lebih besar dari ukuran lingkar dada dan bahwa kondisinya tidak terlalu ketat atau longgar.

3. Cara Mengetahui Ukuran Cup Pada Payudara yang Sesuai 

Nah, sudah mendapatkan ukuran lingkar dada dan ukuran bagian atas payudara, bagaimana cara mengukur cup bra? Caranya adalah dengan mengurangi ukuran top bust dengan ukuran under bust.

Berikut ini adalah beberapa ukuran hasil dari top bust yang dikurangi under bust serta cup pada bra:

  • Di bawah 2,5 inci maka memiliki cup AA
  • 2,5 inci maka memiliki cup A
  • 5 inci maka memiliki cup B
  • 7,5 inci maka memiliki cup C
  • 10 inci maka memiliki cup D 
  • 12,5 inci maka memiliki cup DD

Nah, itu lah cara untuk mengetahui ukuran bra yang pas! Ukuran bra yang pas akan membuat nyaman beraktivitas sepanjang hari dan melindungi payudara dari berbagai bahaya yang bisa terjadi, seperti memiliki asuransi kesehatan bisa melindungi kondisi finansial dan kesehatan. Super Easy Health dari Super You bisa memberikan proteksi kesehatan menyeluruh mulai dari Rp135.000 per bulan loh!

Artikel Terkait