vitamin daya tahan tubuh

Menjaga dan meningkatkan sistem imun adalah hal yang sangat penting agar kesehatan tubuh terjaga. Saat kesehatan tubuh terjaga, ini bisa mencegah kita dari risiko terkena penyakit, karena itu menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang penting dan ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh.

Meningkatkan daya tahan tubuh agar tubuh tetap sehat bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang bergizi, perbanyak konsumsi sayuran, mengonsumsi buah-buahan, memastikan bahwa mengonsumsi air dengan cukup, berolahraga secara teratur, mendapatkan tidur yang cukup, dan memastikan bahwa kebutuhan vitamin untuk daya tahan tubuh tercukupi.

Table of Contents

Pentingnya Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh

Vitamin merupakan hal yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh karena vitamin adalah nutrisi mikro yang perannya adalah menopang kehidupan. Di dalam tubuh, terdapat lebih dari ratusan aktivitas yang memerlukan vitamin. Beberapa aktivitas dalam tubuh yang memerlukan vitamin adalah proses pemulihan luka, menguatkan tulang, dan menguatkan sistem imun tubuh. Namun, meski dibutuhkan masih banyak orang yang kekurangan vitamin. 

Defisiensi vitamin ini akan berdampak buruk bagi tubuh dan bisa menimbulkan gejala seperti rambut dan kuku yang rapuh hingga gusi yang gampang berdarah. Maka dari itu asupan vitamin tubuh harus terpenuhi agar tidak terjadi defisiensi vitamin. Yuk, kenali vitamin apa saja yang diperlukan untuk daya tahan tubuh!

Jenis Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh

Vitamin C

Vitamin C diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan merupakan salah satu vitamin yang berkaitan erat dengan kesehatan sistem imun tubuh. Berdasarkan jurnal Nutrients, vitamin C berperan dalam daya tahan tubuh dengan cara meningkatkan fungsi sel imun. Berbagai peran vitamin C lainnya adalah memberikan tubuh perlindungan dari penyakit, melindungi tubuh dari ketidakseimbangan radikal bebas dengan kandungan antioksidan yang tinggi, dan masih banyak manfaat lainnya dari vitamin C.

Peneliti dari University of Michigan menyarankan untuk tubuh mendapatkan asupan 500mg vitamin C sehari dan maksimal konsumsi 2000 mg karena melebihi itu akan berpotensi memicu masalah seperti batu ginjal atau diare.

Vitamin A

Salah satu makanan yang terkenal mengandung vitamin A adalah wortel yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Namun, selain menjaga kesehatan mata, berdasarkan riset dalam jurnal Clinical Medicine tahun 2018, dikatakan bahwa salah satu manfaat lain dari vitamin A adalah sebagai vitamin anti-peradangan yang berperan untuk meningkatkan fungsi imun. 

Vitamin A mempunyai kandungan antioksidan yang membantu pembentukan dan pematangan jaringan epitelium yang merupakan garis depan pertahanan tubuh yang melawan serangan agen penyakit. Terdapat dua jenis vitamin A dalam makanan sehat, yaitu vitamin A aktif dan provitamin A, vitamin A tidak aktif yang akan berubah menjadi aktif saat masuk kedalam tubuh.

Berdasarkan Mayo Clinic asupan vitamin a yang diperlukan pria per harinya adalah 900 mikrogram dan yang diperlukan wanita per harinya adalah 700 mikrogram. Sumber lainnya, WebMD, menyebutkan bahwa apabila diatas 14 tahun pria membutuhkan 3000 IU dan wanita 2310 IU per harinya. 

Baca Juga: Menjaga Kesehatan, Sudah Tahun 7 Cara Efektif Ini Belum?

Vitamin D

Vitamin D didapatkan dengan sinar UV dari matahari yang menyinari kita, dan banyak dikenal sebagai vitamin yang beperan dalam pembentukan tulang dan gigi. Selain itu vitamin D juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung, otot dan otak. Vitamin D dapat didapatkan dengan berjemur dan mengonsumsi makanan yang mengandungnya.

Pada umumnya asupan vitamin D yang diperlukan setiap hari adalah sekitar 400-5000 IU tetapi dosisnya bergantung pada usia dan kesehatan:

  • Bayi yang berusia 0-12 bulan membutuhkan 400 IU asupan vitamin D setiap harinya. Cara memenuhi kebutuhan vitamin D ini biasanya bisa dicukupi dengan mengonsumsi ASI, susu formula, makanan pendamping asi dan berjemur setiap pagi.
  • Setelah menginjak usia satu, anak-anak hingga dewasa yang berusia 70 tahun memerlukan 600 IU asupan vitamin D setiap harinya dan biasanya tidak bisa dipenuhi hanya dengan makanan yang dikonsumsi, karena itu akan membutuhkan suplemen tambahan yang mengandung vitamin D untuk memenuhinya.
  • Bagi orang lanjut usia yang berada di usia lebih dari 70 tahun akan sangat sulit memenuhi kebutuhan vitamin D hanya dengan makanan yang dikonsumsi, karena itu memerlukan suplemen tambahan yang bisa mencukupi kebutuhan vitamin D hingga 800 IU per hari.

Vitamin E 

Vitamin E diketahui sebagai vitamin yang bagus untuk kulit dan banyak digunakan sebagai kandungan produk perawatan kulit. Namun, selain untuk merawat kulit, vitamin E juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem imun. Vitamin E mengandung antioksidan yang berperan untuk menyembangkan radikal bebas dan menurunkan risiko tubuh terkena penyakit.

Berdasarkan rekomendasi kemenkes dan WebMD asupan vitamin E yang dibutuhkan perhari bagi yang diatas 14 tahun adalah 15 mg atau 22,4 IU dan batas maksimal konsumsi bagi remaja 14-18 tahun adalah 800 mg atau 1200 IU sedangkan untuk orang dewasa adalah 1.000 mg atau 1.500 IU.

Nah, itulah beberapa vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh. Selain dengan mengonsumsi vitamin, pastikan untuk menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, minum air yang cukup dan berolahraga. Memiliki Asuransi Kesehatan juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Artikel Terkait