vitamin-rambut

Rambut merupakan bagian penting dalam penampilan baik bagi wanita maupun pria, karena itu perawatan rambut adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan rambut. Rambut menipis dan rontok bisa disebabkan oleh banyak hal seperti genetik, melahirkan, stres dan lainnya. 

 

Masalah ini pun memiliki banyak cara menanganinya seperti memiliki pola makan yang baik dan vitamin rambut dengan berbagai kandungan seperti asam lemak omega 3 dan vitamin alfabet. 

 

Cara kerja vitamin memperbaiki kesehatan rambut adalah dengan melengkapi proses natural yang diperlukan untuk memperkuat siklus pertumbuhan rambut dan menambahkan kekurangan yang menjadi menyebabkan penipisan rambut.

 

Baca Juga: Kenali Vitamin untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

 

Mengapa Rambut Mulai Menipis

Rambut rontok adalah hal yang normal terjadi. Berdasarkan American Academy of Dermatology kehilangan 50 – 100 helai rambut per hari normal. Namun, penipisan rambut bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti pola hidup, genetik, hingga kondisi medis tertentu.

 

Stephanie Sey, seorang trikologis di Grow Gorgeous menjelaskan bahwa androgenetik dan telogen effluvium, rambut yang mengalami kerontokan secara mendadak, adalah yang paling sering terjadi.

 

“Telogen effluvium terjadi saat rambut anda mengalami kerontokan dalam jumlah yang banyak akibat tubuh yang terkena syok sehingga rambut berpindah dari anagen atau masa pertumbuhan menjadi telogen atau masa istirahat dan menyebabkan banyak kerontokan rambut” Sey jelaskan. 

 

Selain itu Sey juga menjelaskan bahwa syok yang dialami oleh tubuh bisa disebabkan oleh demam tinggi, operasi, melahirkan atau karena gangguan emosional. Namun, ada juga faktor lainnya yang bisa menyebabkan penipisan rambut. Yuk, ketahui apa saja berikut ini!

  • Kebiasaan menarik rambut 
  • Mengikat rambut terlalu kencang 
  • Penggunaan produk penata rambut yang keras
  • Penggunaan alat penata rambut yang berlebihan 
  • Kurangnya mengonsumsi zat besi, asam folat, dan mineral lainnya yang bagus untuk membantu pertumbuhan rambut 
  • Efek mengonsumsi obat – obatan 

 

Karena banyaknya faktor penipisan rambut, maka penting untuk menjaga kesehatan rambut dengan vitamin rambut. Saat memilih vitamin, pastikan untuk menyesuaikan dengan kondisi rambut. 

 

Kandungan yang Perlu Dicari Pada Vitamin Penumbuh Rambut

Saat mencari vitamin rambut pastikan untuk perhatikan kandungan yang berada di dalamnya. Rambut dan kuku terbentuk oleh keratin yang bisa dibantu dengan senyawa MSM atau methylsulfonylmethane

 

Selain senyawa MSM, Sey menjelaskan bahwa banyak kandungan lainnya yang bermanfaat untuk rambut. Sey menjelaskan bahwa asam lemak esensial yang bisa ditemukan pada alpukat dan ikan berminyak seperti salmon bisa membantu kulit kering dan kulit kepala. Dalam bentuk vitamin, kandungan ini bisa ditemukan pada omega – 3. 

 

Beberapa hal lainnya yang bisa membantu proses pertumbuhan rambut adalah vitamin A, C dan E, tumbuhan Saw Palmetto, Ashwagandha yang merupakan ginseng india, hydrolyzed collagen, biotin, keratin dan magnesium. 

 

Perlu diingat bahwa vitamin hanya akan bermanfaat apabila nutrisi extra diperlukan karena menurut profesional, tubuh akan menyingkirkan nutrisi berlebih secara alami.

 

Baca Juga: Ketahui Penyebab Rambut Kering dan Cara Menanganinya! 

 

Rekomendasi Vitamin Rambut

1. Natur Hair Mask

Natur hair mask terdiri dari 3 varian untuk berbagai masalah rambut:

  • Hair fall treatment with ginseng extract, hair untuk merawat kekuatan rambut 
  • Nutritive treatment with 7 natural oils, hair menjaga kesuburan rambut dan memberikan nutrisi pada rambut 
  • Nutritive treatment with aloe vera extracts menjaga kilau dan warna rambut 

 

Hair mask ini tidak hanya banyak di klaim melembutkan rambut tanpa menyebabkan kelepekan dan bisa membantu kilau rambut, tetapi juga sangat terjangkau dengan harga kisaran Rp.6.200 – Rp.10.750.


2. Josie Maran Argan Oil

Produk yang satu ini berasal dari merek luar negeri yang populer mendukung gerakan produk vegan, cruelty – free dan eco – friendly sehingga tidak heran bila produk keluaran merek ini cenderung mahal.

 

Salah satu produk populer dari merek Josie Maran adalah argan oil mereka yang bisa digunakan untuk muka dan sebagai perawatan rambut. kandungan vitamin E dan antioksidan yang ada membantu merangsang pertumbuhan rambut serta membantu menenangkan iritasi yang terjadi pada kulit kepala. 

 

Selain sebagai vitamin, produk ini bisa digunakan sebagai perlindungan rambut dari sinar matahari, klorin serta air laut. Produk ini berkisar dari harga Rp.270.000 – Rp.532.000.


3. Ellips Hair Vitamin

Ellips hair vitamin adalah produk yang sangat populer di pasaran dan memiliki banyak varian untuk masalah rambut yang berbeda.

  • Hair treatment 
  • Smooth & shiny 
  • Nutri color 
  • Shiny black 
  • Hair vitality 

 

Meski banyak variannya, terdapat kandungan tetap pada setiap variannya yaitu Moroccan Oil, vitamin A, C, E dan Pro Vitamin B5 yang bisa membantu mengembalikan minyak penting pada rambut dan membantu rambut terlihat berkilau, lebih halus dan mudah untuk diatur. 

 

Kisaran harga dari Ellips Hair Vitamin tergantung dari jumlah produk dan jenisnya, harganya mulai dari Rp.10.200 – Rp.84.000. 


4. Good Creambath Emulsion

Produk creambath ini sangatlah gampang untuk digunakan di rumah, sehingga kita tetap bisa mendapatkan perawatan seperti di salon meski hanya di rumah saja lho! 

 

Good Creambath Emulsion merupakan produk 3 – in – 1 yang tidak hanya membantu melindungi kulit kepala, tetapi juga membantu memelihara dan merawat kulit kepala. Produk ini mengandung ekstrak ginseng dan pro vitamin B5 yang membuatnya sempurna sebagai perawatan rambut rontok, kondisioner untuk melembutkan rambut dan hair conditioning

 

Produk sangat terjangkau dengan kisaran Rp.20.000 – Rp.41.000 saja!

 

Nah itu dia penjelasan mengenai rambut yang menipis dan 4 rekomendasi vitamin rambut. Meski vitamin rambut tersebut dijual lepas, tetapi mendapatkan saran profesional bisa membantu mengetahui penyebab utama penipisan rambut dan membantu mencegah penipisan dalam jangka panjang.

 

Selain melindungi rambut, cegah risiko rambut menipis dengan memiliki asuransi yang membantu faktor – faktor yang dapat menyebabkan syok pada tubuh. Hal ini bisa dilakukan dengan memiliki asuransi kesehatan. Super You menyediakan asuransi online dengan harga yang terjangkau lho! Yuk, cek sekarang!