aktivitas-metaverse

Selain Non – Fungible Token atau NFT, topik mengenai metaverse juga sedang naik daun. Sekarang ini banyak perusahaan di bidang teknologi yang mencoba mewujudkan konsep Metaverse ini seperti Microsoft yang berencana menciptakan enterprise metaverse dan Facebook yang membuat grup metaverse di divisi Reality Labs. Namun, apakah aslinya metaverse itu?

Apa Itu Metaverse?

Pada dasarnya metaverse merupakan dunia virtual 3D menggunakan teknologi augmented reality atau AR. Disini konsepnya adalah para pengguna bisa hidup di dunia virtual ini dan agar para pengguna bisa melakukan aktivitas sehari – hari. Aktivitas sehari – hari yang diharapkan adalah komunikasi, bekerja bermain, bersosialisasi hingga menonton konser secara virtual. 

Hal ini mungkin terdengar tidak memungkinkan, tetapi dunia virtual bukanlah konsep yang asing. Konsep dunia virtual ini sudah ada sejak tahun 1992 dengan novel fiksi ilmiah karya Neal Stephenson yang berjudul ‘Snow Crash’. 

Konsep Metaverse

Stephenson menjelaskan konsep pemikirannya mengenai Metaverse yang merupakan sebuah ruangan berbasis digital hasil dari gabungan beberapa teknologi seperti augmented reality dan virtual reality. Hal ini menjadi kenyataan dimana sekarang teknologi yang mendukung dunia virtual semakin banyak dan Metaverse bisa diakses melalui kacamata dengan teknologi virtual reality, smartphone, komputer dan game console

Konsep Metaverse atau dunia virtual yang dipopulerkan banyak menunjukan kelebihannya untuk main game. Baik dipopulerkan melalui film, novel, atau bahkan game. Namun, masih banyak aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di Metaverse. Yuk, ketahui aktivitas menarik apa saja yang bisa dilakukan!

Aktivitas di Metaverse 

Tidak sekedar aktivitas yang dilakukan online, berikut ini adalah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Metaverse.

1. Menghadiri Konser Virtual

Dengan Metaverse, konser sekarang bisa dilakukan secara virtual. Konsep konser virtual ini tidak jauh beda dari konsep menonton konser secara langsung dari pengalaman dan suasana. Hal ini karena dengan bantuan teknologi pengguna bisa merasakan suasana otentik konser dengan kehadiran pengguna lainnya. 

 

2. Melihat dan Membeli Karya Seni atau Pakaian

Tidak hanya menghadiri konser, dengan Metaverse sekarang melihat karya seni pun bisa dilakukan secara virtual. Karya seni tersebut pun bisa dibeli menggunakan sistem NFT sehingga pengguna bisa membeli hak kepemilikan karya seni jika tertarik.

Selain membeli karya seni, membeli pakaian pun bisa dilakukan secara virtual. Pakaian yang dibeli berbeda dengan belanja baju online biasa, karena yang menggunakannya bukan pengguna secara langsung, tetapi avatar pengguna. Hal ini seperti membeli skin di game dimana akan digunakan oleh karakter pengguna tersebut.

 

3. Main Game

Tentu saja main game di Metaverse akan bisa dilakukan. Bagi para penggemar game, banyak perusahaan video game yang sudah bekerja sama dengan Mark Zuckerberg, jadi bisa menikmati berbagai ragam video game. Untuk bermain game dan masuk ke Metaverse akan memerlukan teknologi khusus seperti ‘Oculus Rift’.

 

4. Bekerja 

Menggunakan Metaverse mungkin bisa menjadi alternatif baru seperti work from anywhere atau work from home apalagi dengan kondisi pandemic Covid – 19. Hal ini akan memudahkan pengguna untuk komunikasi langsung dengan rekan kerja dengan langsung bergabung ke kantor virtual Metaverse.

Facebook membuat software untuk bekerja di Metaverse, Horizon Workrooms yang memerlukan headset VR, kacamata AR dan Oculus Rift agar pengguna bisa merasa seperti di kantor sungguhan. Tidak hanya konser yang bisa merasakan suasana konser asli, tetapi juga bekerja dan merasakan suasana kantor asli.

 

Nah itu lah 4 aktivitas yang bisa dilakukan di Metaverse! Ini adalah inovasi yang bisa memudahkan komunikasi dan interaksi semua orang dari mana saja. Namun, pastikan untuk melindungi diri dari risiko apapun dengan memiliki asuransi. Super You menyediakan asuransi online dengan harga terjangkau yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing lho! Yuk, tunggu apa lagi?