apa itu autodebet

Pernahkah kamu terlupa untuk membayar berlangganan bulanan? Seperti halnya jika anda berlangganan Netflix bulanan, atau Spotify, YouTube, dan lainnya. Setiap bulan kamu harus membayar biaya langganan tersebut dan akan terhenti jika tidak membayar tagihan setiap bulan. Untuk mencegah terlupa membayar, kamu bisa menggunakan sistem autodebet. Apa itu autodebet? Autodebet adalah sistem pembayaran secara otomatis. Yuk, ketahui lebih lanjut tentang autodebet disini!

 

Apa Itu Autodebet

Apa itu autodebet? Dikutip dari Lifepal.co, arti autodebet adalah “Sistem pembayaran yang secara otomatis mengurangi saldo dalam rekening karena adanya transaksi yang dilakukan nasabah”. Sistem pembayaran autodebet digunakan untuk pembayaran yang berupa tagihan macamnya kartu kredit, membayar asuransi autodebet juga bisa dilakukan, serta membayar tagihan media entertainment seperti Netflix atau Spotify.

 

Pengurangan pada sistem autodebet tentu saja tidak terjadi secara tiba – tiba. Akan ada kesepakatan di antara nasabah dan pihak bank, sehingga nasabah mengerti bahwa setiap bulan di tanggal yang sama saldonya akan berkurang untuk membayar tagihan tersebut. pihak bank juga akan memberikan notifikasi seperti SMS, lewat mobile banking atau lewat rekening koran setiap kali terjadi pemotongan saldo.

 

Baca Juga: Lebih Penting Bayar Utang Atau Menabung Dulu? Yuk, Bandingkan!

 

Kelebihan Autodebet

1. Ramah Lingkungan

Memilih sistem autodebet bisa membantu kebaikan lingkungan karena sistemnya serba online jadi mengurangi penggunaan kertas sehingga lebih ramah lingkungan. Dokumen tagihan sekarang tidak lagi akan dikirim menggunakan surat, tetapi akan dikirim melalui email.

2. Lebih Mudah dan Praktis

Salah satu manfaat dari menggunakan sistem pembayaran autodebet adalah lebih mudah dan praktis. Dengan menggunakan autodebet maka tidak perlu lagi untuk menghitung pengeluaran untuk membayar tagihan karena saldo akan terpotong secara otomatis dengan nominal dan tanggal yang sama setiap bulannya.

3. Menghindari Denda Sehingga Hemat Pengeluaran

Saat terlambat melakukan pembayaran tagihan kamu bisa terkena denda. Dengan menggunakan sistem pembayaran autodebet dan saldo akan secara otomatis terpotong untuk membayar tagihan, maka bisa menghindari terkena denda dan bisa menghemat pengeluaran.

4. Menjaga Riwayat Kartu Kredit dan Pinjaman Tetap Sehat

Jika kamu melakukan pinjaman dan lupa membayar tagihan lewat dari tenggat waktu, maka riwayat kartu kredit kamu bisa turun. Namun, dengan menggunakan sistem autodebet artinya kamu tidak akan melewati tenggat waktu membayar tagihan dan riwayat kartu kredit akan tetap sehat dan akan lebih dipercaya oleh pihak bank bahwa kamu bisa memenuhi kewajiban dan ketentuan yang telah bersama – sama disepakati.

5. Mudah untuk Mencapai Tujuan

Dengan menggunakan sistem pembayaran autodebet akan lebih mudah mengatur keuangan kamu sehingga apabila memiliki tujuan finansial dan menabung, akan lebih mudah untuk dilakukan. Sistem pembayaran autodebet bisa membantu memprioritaskan tagihan yang akan dibayar, dan jika sudah dibayar maka akan lebih mudah untukmu mengatur keuangan. Melakukan sistem pembayaran dengan autodebet akan membantumu lebih konsisten dalam pengeluaranmu dan lebih bertanggung jawab akan kewajiban finansial mu.

 

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu autodebet. Dengan menggunakan autodebet tidak hanya bisa menjadi lebih mudah dalam melakukan pembayaran tetapi juga bisa menghindari risiko finansial seperti denda. Risiko finansial juga bisa dihindari apabila memiliki asuransi agar terlindungi dari dampak kejadian tak terduga seperti penyakit atau kecelakaan.

 

Membayar asuransi juga bisa dilakukan menggunakan sistem pembayaran autodebet, lho, jadi kamu akan terus terproteksi. Bisa mendapatkan proteksi kesehatan menyeluruh dengan asuransi kesehatan dari Super You dengan harga yang terjangkau dan dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Artikel Terkait