apa itu deposito

Kata deposito sering terdengar di kuping kita, tetapi aslinya apa itu deposito?

Salah satu persiapan untuk finansial di masa mendatang adalah mengelola keuangan, deposito adalah salah satu metode yang dapat dilakukan untuk membantu menjaga finansial kamu. Yuk, pelajari pengertian deposito di sini!

Table of Contents

Apa itu Deposito

deposito

Pada umumnya deposito adalah layanan penyimpanan uang yang disediakan oleh bank. Sistem dari deposito adalah dilakukan dengan menyetor di awal dan ada ketentuan untuk melakukan penarikan. Ketentuan penarikan deposito hanya bisa dilakukan sesuai dengan jangka waktu tertentu berdasarkan kesepakatan nasabah dan bank.

Jangka Waktu Deposito

Terdapat berbagai pilihan untuk jangka waktu simpanan deposito yang dapat dipilih dan disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan preferensi kamu. 

Salah satu tips saat akan menentukan deposito adalah ketahui kebutuhan kamu karena uang yang disimpan di deposito tidak dapat dicairkan hingga akhir dari jangka waktu ketentuan. Ketentuan jangka waktu penyimpanan deposito pada umumnya adalah dimulai dari 1, 3, 6, 12 bahkan hingga 24 bulan. 

Baca Juga: Mengenal Unit Link Untuk Investasi Jangka Panjang

Jenis Deposito

Ada banyak keuntungan deposito, tetapi harus diketahui dahulu jenis jenisnya. Simak penjelasan mengenai pengertian deposito berdasarkan jenisnya di bawah ini.

  • Apa itu Deposito Berjangka

Apa itu deposito berjangka?

Deposito berjangka adalah deposito dengan jangka waktu tertentu. Untuk deposito jenis ini, penarikan hanya bisa dilakukan dengan kesepakatan yang telah dilakukan oleh pihak nasabah dan bank mulai dari 1 bulan hingga 24 bulan. Nama yang ada pada deposito bisa untuk perorangan maupun untuk perusahaan dan pemilik nama tersebutlah yang harus mengambil atau mencairkan depositonya. Untuk deposito berjangka, mencairkan deposito bisa dilakukan secara langsung atau bisa juga untuk dikreditkan ke rekening yang ditentukan setelah pajak dipotong.

Keuntungan deposito berjangka adalah tabungan akan menjadi lebih aman karena akan disimpan dan juga merupakan jenis investasi yang paling aman dan mudah terutama untuk pemula. 

  • Apa itu Deposito on Call

Apa itu deposito on call?

Deposito on Call adalah jenis deposito yang berbeda dari kedua deposito lainnya, pengertian deposito ini karena jangka waktu untuk deposito ini hanya minimal 7 hari hingga kurang dari 1 bulan. Tidak hanya jangka waktu, ketentuan deposito ini adalah untuk penyimpanan uang dalam jumlah yang besar berkisar dari 50 juta hingga 100 juta. Untuk suku bunga deposito on call bisa dinegosiasikan dengan pihak bank karena jangka waktu dan ketentuan uang yang berbeda dari deposito lainnya.

  • Apa itu Sertifikat Deposito

Apa itu deposito jenis sertifikat deposito?

Sertifikat Deposito adalah deposito dimana sertifikatnya tidak ditujukan kepada seseorang atau kepada Lembaga tertentu, dengan begitu, sertifikat deposit bisa pindah tangankan kepada siapa pun. Pencairan untuk sertifikat deposito adalah tatap muka, setiap bulan atau bisa saat jatuh tempo.

Keuntungan Deposito

keuntungan deposito

Dari pengertian deposito mengenai adanya jangka waktu tertentu untuk melakukan pengambilan uang, melakukan deposito adalah metode Kelola uang yang tidak begitu menguntungkan. Namun, aslinya ada banyak keuntungan deposito yang bisa didapatkan. Mari bahas keuntungan – keuntungan tersebut. 

  • Suku Bunga yang Lebih Tinggi 

Salah satu keuntungan deposito adalah memperoleh bunga yang lebih tinggi dari uang yang ditabung. Pada umumnya bunga yang ditawarkan deposito adalah 3 kali lipat dari bunga tabungan biasa. Tentunya hal ini juga disesuaikan dengan jangka waktu yang dipilih dan keuntungan besar juga bergantung dengan jumlah uang yang ditabung.

  • Ada Jaminan dari LPS

Menyimpan uang di deposito adalah sebuah investasi. Pengertian deposito ini adalah karena terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Lembaga ini bisa menjamin hingga penyimpanan dana Rp2 miliar per nasabah. 

  • Investasi Mudah 

Keuntungan deposito adalah sebagai investasi mudah dan aman terutama bagi pemula. Langkah – langkah nya adalah:

  1. Rekening sesuai ketentuan bank 
  2. Alokasikan dana dengan jumlah minimal tertentu 
  3. Pastikan untuk memperhatikan tanggal jatuh tempo pencairan dana
  • Risiko Kerugian Kecil 

Selain investasi mudah dan aman, keuntungan deposito lainnya adalah risiko kerugian kecil. Pengertian deposito ini adalah karena setoran dana yang tidak terlalu besar dan tidak ada pengurangan pada nilai pokok deposito sehingga resikonya rendah.

  • Bisa Menjadi Jaminan Pinjaman 

Keuntungan deposito selanjutnya adalah bisa dijadikan jaminan saat mengajukan untuk pinjaman atau kredit

Baca Juga: 5 Rahasia Investasi Saham Warren Buffett

Risiko Deposito

risiko deposito

  • Kerugian Penalti

Agar mendapat keuntungan deposito, pastikan untuk mengambil dana saat jangka waktu yang telah ditetapkan pihak nasabah dan bank, karena jika tidak maka akan terkena risiko kerugian penalty dan terkena dena sekitar 0,5% hingga 3%.

  • Penghapusan Pembayaran Bunga Deposito

Jika mengambil dana sebelum jangka waktu, maka akan berpotensi untuk kehilangan pendapatan bunga.

  • Pendapatan Bunga Lebih Rendah 

Tidak hanya terkena denda, mengambil dana sebelum jangka waktu berakhir bisa berisiko untuk mendapatkan bunga yang lebih kecil dari kesepakatan awal. Hal ini masih belum dihitung pajak. Jika memiliki dana simpanan di atas Rp7,5 juta maka 20% pajak suku bunga yang diperoleh harus ditanggung.

Demikian pengertian mengenai apa itu deposito serta informasi seputar keuntungan dan risiko memiliki deposito. Mari amankan masa depan kita dengan menggunakan deposito seperti contoh deposito berjangka yang bisa menjadi investasi mudah dan aman terutama untuk pemula.

kalkulator masa subur

Selain mengamankan finansial, pastikan juga untuk mengamankan kesehatan diri dengan asuransi kesehatan, bisa dengan Super Easy Health dari Super You yang menyediakan proteksi kesehatan menyeluruh dengan harga yang pas di kantong. Tunggu apa lagi?

Artikel Terkait