premi asuransi

Teman SUPERjuangan, pernahkah kamu mendengar tentang premi asuransi? Jika ya, pastilah kamu menjadi salah satu orang yang sudah melakukan jenis investasi, seperti asuransi. Premi adalah hal yang tidak dapat dipisahkan dan saling terikat satu sama lain dengan asuransi.

Kalau kamu baru pertama kalinya mendengar tentang premi asuransi, kali ini SuperMin akan mengenalkan kamu apa itu premi asuransi. Nah, saat kita hendak mendaftar asuransi, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah premi.

Premi asuransi emang suka bikin bingung. Belum lagi kalau malas untuk membaca seluruh isi polis asuransi yang dibeli. Khawatir hal ini akan berujung pada kerugian saat seharusnya manfaat asuransi tersebut dapat digunakan.

Dengan memahami istilah-istilah dalam asuransi, akan membantu kita menemukan produk asuransi yang tepat. Mengingat bahwa setiap orang menginginkan manfaat pertanggungan yang nilainya berbeda-beda sesuai besaran premi asuransi yang sanggup dibayarkan.

Karena itu, Teman SUPERjuangan nggak boleh kelewatan artikel kali ini yang akan membahas apa itu premi asuransi. So, keep scrolling!

Pengertian Asuransi

Pengertian Premi Asuransi

Untuk mendapatkan manfaat perlindungan asuransi, tentu ada kewajiban yang harus kita penuhi. Kewajiban itulah yang dimaksud premi asuransi, guys! Premi asuransi adalah tanggungan biaya yang menjadi kewajiban kamu dan harus dibayar sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan dalam perjanjian. 

Berdasarkan pengertian asuransi, pembayaran premi asuransi dapat dilakukan setiap bulan, tapi saat ini cukup bervariasi. Mulai dari tiap bulan, per tiga bulan, per enam bulan, hingga per tahun. Dengan kata lain, pembayaran premi asuransi tersebut tergantung dengan jatuh tempo yang disepakati di awal.

Pengertian premi juga telah diatur dalam undang-undang kita lho. Berdasarkan UU Nomor 40 tahun 2014, premi adalah sejumlah uang yang ditetapkan perusahaan asuransi dan disepakati oleh pemegang polis yang kemudian harus dibayarkan berdasarkan perjanjian asuransi untuk mendapatkan manfaatnya.

Tujuan Premi Asuransi

Teman SUPERjuangan, pasti kita sering banget mendengar katanya premi asuransi itu mahal. Saat ini banyak orang yang mulai mencari tau tips memilih asuransi nih, tapi nggak sedikit juga yang belum tau dan beranggapan kalau harga premi asuransi itu mahal.

Faktanya, besaran nominal premi asuransi setiap orang nggak sama dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing supaya manfaat perlindungan dari biaya premi asuransi yang kita bayarkan sebanding. Karena itu, bukan hanya pengertian premi asuransi yang harus kita pahami, sebab masih ada tujuan premi asuransi.

Nah, jangan sampai kamu batal punya perlindungan karena percaya sama mitos kalau premi asuransi itu mahal. Yuk, ketahui apa aja sih tujuan premi asuransi!

Baca juga: 7 Cara Efektif Menjaga Kesehatan!

  • Dapat Jaminan Perlindungan

Dengan membayar premi asuransi, kita akan mendapatkan jaminan perlindungan terhadap berbagai risiko yang bisa saja kita alami. Seperti yang kita tahu bahwa nasib sial bisa datang kapan pun dan dimana pun. Oleh karena itulah bermawas diri dengan melakukan sesuatu yang bisa diandalkan juga perlu dilakukan.

  • Memperoleh Pemerataan Biaya

Pemerataan uang di sini memiliki arti jika kamu adalah pemegang polis maka tidak akan mengganti dan membayar secara pribadi terhadap semua kerugian yang diakibatkan oleh musibah yang dialami. Misalnya, kita tidak perlu lagi membayar biaya rawat inap karena kita sudah membayar premi asuransi untuk itu.

  • Pengalihan Risiko

Selain kita merasa aman karena adanya jaminan perlindungan, premi asuransi dapat mengalihkan segala bentuk risiko kerugian ke perusahaan asuransi yang terkait. Dengan begitu, kita dapat meminimalisir kerugian lebih yang lebih besar. Kebutuhan kita untuk hal-hal lainnya, seperti kebutuhan pokok tidak akan ikut terganggu, guys.

Jenis Premi Asuransi

Jenis Premi Asuransi

Setelah memahami pentingnya premi asuransi, kita bisa sesuaikan kebutuhan dan kemampuan kita untuk memilih jenis premi asuransi. Nah, berikut ini beberapa jenis premi asuransi yang harus kamu ketahui!

  • Premi Asuransi Jiwa

Jenis yang pertama adalah premi asuransi jiwa, merupakan program perlindungan bagi keluarga apabila terjadi peristiwa yang tidak diinginkan, misalnya kematian. Sederhananya, dengan membayar premi asuransi jiwa, nilai pertanggungan dapat digunakan juga untuk ahli waris yang sudah ditunjuk sesuai kesepakatan.

Pilihan Asuransi Jiwa untuk Kamu, Premi Mulai Rp 30 ribuan. Uang Pertanggungan Hingga Rp 600 juta.

  • Premi Asuransi Kesehatan

Jenis premi asuransi yang satu ini dapat memberikan jaminan perlindungan untuk kesehatan kamu. Dengan membayar premi asuransi kesehatan, maka seluruh biaya pengobatan kamu jika sewaktu-waktu sakit akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Karena memang pelayanan utamanya hanya seputar kesehatan bagi pemegang polis. Membayar premi asuransi kesehatan menjadi jauh lebih murah dibandingkan harus membayar biaya kesehatan yang terus mengalami kenaikan.

Baca juga: Kriteria Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga

Asuransi kesehatan Super Easy Health dari Super You, premi mulai Rp135.000 per bulan. Yuk, pilih plan kamu dengan klik banner di bawah ini!

  • Premi Asuransi Perjalanan

Sering melakukan perjalanan jauh membuat kamu harus melakukan salah satu jenis premi asuransi untuk meminimalisir risiko dari kejadian yang tak terduga. Salah satunya dengan asuransi perjalanan yang akan menjamin perlindungan finansial bagi kamu ketika perjalanan berlangsung.

Ada dua jenis premi asuransi perjalanan yang bisa kamu pilih. Pertama, asuransi perjalanan internasional ketika melakukan perjalanan luar negeri. Kedua,  perjalanan domestik yang hanya mencakup wilayah Indonesia saja. Premi asuransi yang cocok bagi kamu yang suka melakukan perjalanan jauh, terlebih untuk keperluan kerja.

Nah, tidak seperti premi asuransi lainnya yang biasanya dibayar setiap bulan atau tahun, biaya premi untuk polis asuransi yang satu ini dibayarkan satu kali saja, saat pembelian tiket perjalanan.

  • Premi Asuransi Kecelakaan Diri

Premi asuransi kecelakaan diri adalah biaya yang harus dibayarkan demi mendapatkan jaminan yang menanggung segala risiko sewaktu-waktu terjadi kecelakaan. Premi asuransi satu ini akan bermanfaat untuk masyarakat, mengingat banyak dari mereka yang sering keluar rumah dengan kendaraan.

Ada dua tipe asuransi, antara lain asuransi liburan yang bisa menjamin kamu semasa liburan serta asuransi khusus untuk kecelakaan lalu lintas dengan sepeda motor. Pertanggungjawaban dari kedua tipe ini sama, yaitu ada tambahan biaya untuk melakukan pengobatan medis dari pemegang polis.

Premi asuransi kecelakaan diri di Super You sendiri bersifat flat atau tidak berubah seiring bertambahnya usia. Harga premi asuransi ini mulai dari Rp36.500 saja per bulan!

Selalu Aman dengan Asuransi Rawat Jalan dan Rawat Inap. Premi Terjangkau. Batas Perlindungan Hingga Rp 1 Milyar per tahun!

Faktor Besaran Premi Asuransi

Besar atau kecilnya premi asuransi yang harus dibayar setiap orang bisa berbeda. Jadi, premi asuransi itu tergantung banyak faktor lho. Premi asuransi kamu belum tentu sama meskipun seumuran. Nah, kira-kira apa aja sih yang bisa mempengaruhi harga premi asuransi bagi si pemegang polis atau nasabah?

  • Usia
  • Riwayat kesehatan
  • Kebiasaan hidup
  • Jenis pekerjaan
  • Produk asuransi yang dipilih
  • Masa pertanggungan
  • Jumlah pertanggungan

Cara Menghitung Biaya Premi Asuransi

Cara Menghitung Premi Asuransi

Sebetulnya premi asuransi itu bisa lebih murah dari yang kamu pikirkan lho. Dalam besaran biaya premi juga bisa bergantung pada termasuk biaya pajak, biaya administrasi, atau sebagainya. Tapi, memperkirakan biaya premi asuransi gampang kok. Ini dia rumusnya!

Jumlah Premi = Tarif Premi x Total Harga Pertanggungan

Dengan keterangan:

  • Besarnya tarif premi asuransi bepedoman pada perolehan pertanggungan. Nilai pertanggungan tersebut adalah sejumlah uang yang akan dibayarkan oleh pihak perusahaan asuransi kepada nasabah apabila terjadi kerugian yang tertulis dalam perjanjian.
  • Besarnya total harga pertanggungan adalah hasil perhitungan dari harga wajar hal atau benda yang diasuransikan. Tapi, tidak ikut menghitung nilai komersial, lokasi keunikan, atau nilai seninya.

Istilah Lain dalam Premi Asuransi

Selain istilah premi itu sendiri, masih ada lho istilah-istilah lain di dalamnya. Tentu penting sekali untuk kita ketahui. Yuk, coba kita simak!

  • Premi tunggal

Premi tunggal merupakan pembayaran premi asuransi secara sekaligus di awal, misalnya untuk tahunan.

  • Lumpsum

Lumpsum merupakan pembayaran iuran premi asuransi yang dilakukan sekali dalam satu waktu sekaligus. Istilah ini sering dipakai dalam premi asuransi jiwa.

  • Cuti premi

Cuti premi merupakan periode waktu tertentu di mana pemegang polis atau nasabah diperbolehkan sementara tidak membayar premi asuransi tanpa kehilangan manfaatnya.

  • Refund premi

Refund premi merupakan biaya yang dikembalikan oleh pihak perusahaan asuransi kepada pemegang polis atau nasabah jika mengundurkan diri sebelum masa pertanggungan asuransi berakhir.

Baca juga: Relate dengan Sandwich Generation, Coba 5 Cara Jitu untuk Mengatur Keuangan!

super untung

Demikian pembahasan mengenai apa itu premi asuransi! Setelah membaca artikel kali ini, kita pun perlu mawas diri dengan melakukan sesuatu yang bisa diandalkan. Tenang, sekarang ada Super Easy Health dari Super You, premi mulai Rp4.500 aja per hari serta manfaatnya yang memberi kita rasa aman. Stt, banyak promo super untung lho. Sudahkah Teman SUPERjuangan juga punya asuransi kesehatan?

Artikel Terkait