rekber

Sudah pernah dengan istilah rekber? Ada yang familiar pasti. Yes, rekber adalah rekening bersama.

 

Apa yang dimaksud dengan Rekening Bersama?

Rekber (rekening bersama) merupakan suatu metode pembayaran atau transaksi yang dilakukan online. Metode ini dianggap aman ketimbang harus transfer langsung ke rekening penjual. Di luar negeri, rekber dikenal dengan Escrow Service. Gak hanya di luar negeri, dunia perbankan Indonesia juga dikenal dengan istilah ES (Escrow Service).

Biasanya tanggung jawab pemilik jasa rekber lumayan besar karena berhubungan dengan dua pihak (penjual dan pembeli online). Perlu diingat rekening bersama berbeda dengan rekening perbankan yang dimiliki oleh dua orang misal suami-istri.

 

Cara kerja rekening bersama :

  1. Pembeli dan penjual sepakat menggunakan rekber
  2. Pembeli transfer dana ke rekening bersama
  3. Konfirmasi dana masuk ke rekening bersama
  4. Penjual kirim barang
  5. Pembeli konfirmasi penerimaan barang
  6. Rekening bersama transfer dana ke penjual
  7. Penjual konfirmasi dana masuk

Kurang lebih seperti beberapa point diatas rekening bersama bekerja. Di Indonesia, rekber banyak dibuka oleh perseorangan. Semakin banyak rekening bank yang dimiliki, semakin besar juga kesempatan jadi pilihan orang yang mau transaksi online.

Baca Juga : Kenali Apa itu Investasi Saham

 

Keuntungan pengusaha rekening bersama berasal dari biaya jasa rekber. Contohnya mereka menetapkan biaya jasa Rp 20 ribu untuk transaksi barang senilai 200 ribu – 700 ribu. Jika barang yang dibeli senilai Rp 500 ribu, maka pengusaha dapat untung Rp 20 ribu dari nominal jasa yang telah ditentukan.

 

Tujuan rekening bersama adalah agar uang transaksi tidak dibawa kabur oleh penjual. Penjual baru akan menerima uang hasil transaksi jika sudah mendapatkan konfirmasi barang diterima oleh pembeli.

Baca Juga : 5 Jenis Investasi bagi Pemula

 

Kesimpulan

Kamu tetap harus berhati-hati memilih jasa rekber (rekening bersama) dalam melakukan transaksi jual beli online. Sebagai pembeli harus tetap berwaspada. Sebelum melakukan transaksi, ada baiknya kamu memilih jasa yang aman dan terpercaya. Jangan lupa lihat juga testimonial asli. Ini adalah kunci utamanya agar kamu tidak salah memilih.

sequis

SHARE

Artikel Terkait Lainnya