aplikasi belanja online

Belanja online bukanlah sesuatu yang baru dilakukan, aslinya belanja online pertama kali dilakukan pada tahun 1994 menggunakan NetMarket, setahun setelah itu Amazon dan eBay diluncurkan di tahun 1995. Namun, semakin lama kebiasaan belanja online semakin relevan dan tidak harus dilakukan di web. Untuk mengikuti perkembangan teknologi, sekarang belanja online bisa diakses langsung melalui aplikasi belanja online lewat smartphone.

Meskipun kebiasaan belanja online menggunakan aplikasi belanja online semakin meningkat, tetapi dengan terjadinya pandemi kebiasaan belanja online semakin meroket. Hal ini karena dengan melakukan belanja secara online tidak perlu keluar rumah untuk membeli keperluan, jadi sangat cocok di masa pandemi ini. Selain itu, mari ketahui alasan lainnya aplikasi belanja online semakin relevan.

Table of Contents

5 Alasan Aplikasi Belanja Online Semakin Relevan

1. Hemat Waktu

belanja hemat waktu

Aplikasi belanja online semakin relevan karena memudahkan pembelian. Per Januari 2022, 67.1% populasi di dunia menggunakan mobile phone, dengan jumlah pengguna yang sangat banyak, agar tidak kalah saing banyak tempat belanja online yang membuat dalam bentuk aplikasi agar gampang untuk diakses. 

Dengan berbelanja lewat aplikasi belanja online akan semakin hemat waktu dalam mencari barang, karena bisa dilakukan dengan melihat semua katalog barang yang dijual oleh toko. Selain itu juga menghemat waktu untuk pergi ke tokonya langsung karena bisa diakses secara online.

2. Gampang untuk Melakukan Perbandinganbelanja online vs belanja offline

Saat melakukan pencarian untuk suatu barang, biasanya ada beberapa toko yang menjual barang yang sama atau barang yang mirip. Hal ini mempermudah untuk melakukan perbandingan antara barang tersebut, dari sisi harga, kualitas dan ulasan yang diberikan oleh konsumen yang pernah membeli barang itu atau membeli di toko itu.

3. Hemat Biaya Transportasi

hemat biaya transportasi

Salah satu keuntungan dari melakukan belanja online adalah tidak perlu pergi ke tokonya, hanya perlu mengunjungi halaman tokonya di aplikasi belanja online yang ada dan barangnya akan diantarkan ke rumah. Hal ini akan sangat menghemat biaya, tetapi jangan salah karena semakin murah biaya pengantaran akan semakin lama mendapatkan barang tersebut. Tentu saja ada opsi bila ingin mendapatkan barangnya lebih cepat, tetapi biasanya akan lebih mahal dibandingkan biaya pengiriman lainnya.

4. Tidak Perlu Antreantrian belanja online

Melakukan pembelian melalui aplikasi belanja online sangat mudah dan sangat menghemat waktu karena dengan melakukan pembayaran lewat aplikasi secara online tidak perlu mengantri untuk membayar.

5. Menghindari Kerumunan

hindari kerumunan covid-19

Keunggulan berbelanja online melalui aplikasi belanja online saat pandemi adalah menghindari kerumunan. Hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah penyebaran Covid – 19 dan menjaga kesehatan diri dari paparan virus. 

Saat berbelanja ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari aplikasi belanja online yang dimiliki untuk mendapatkan pengalaman belanja online terbaik. Yuk, simak di bawah ini apa saja yang harus diperhatikan.

 

Hal yang Harus Diperhatikan Pada Aplikasi Belanja Online

1. Kategori toko resmi

Ketahui apa aplikasi belanja online yang digunakan memiliki kategori toko resmi dan official store. Untuk aplikasi belanja online terbaik, hal ini sangat penting terutama saat membeli barang branded karena membantu memastikan ke aslian barang tersebut.

2. Free ongkir (ongkos kirim)

Meskipun tidak selalu digunakan, memberikan fitur free ongkir sangat penting untuk aplikasi belanja online. Memberikan fitur ini sangat bermanfaat bagi konsumen untuk menghemat apabila keperluan barangnya tidak mendesak.

3. Cash on Delivery

Fitur cash on delivery sangat penting bagi aplikasi belanja online untuk keserbagunaan dalam metode pembayaran. Fitur ini bermanfaat bagi para pengguna aplikasi belanja online yang masih belum memiliki aplikasi untuk pembayaran online seperti online banking atau layanan keuangan digital lainnya.

4. Fitur konfirmasi pesanan

Fitur konfirmasi pesanan sangat penting untuk aplikasi belanja online. Memiliki fitur ini akan membantu melindungi para pembeli dari menerima barang palsu, barang yang sudah rusak atau barang yang tidak sesuai dan membantu untuk protes apabila salah satu kejadian tersebut terjadi. Namun, apabila setelah 2 – 3 hari belum dikonfirmasi, maka uang akan ditransfer ke penjual secara otomatis.

5. Metode pembayaran online yang didukung

Ketahui metode pembayaran apa yang didukung oleh aplikasi belanja online yang digunakan. Hal ini akan mempermudah saat melakukan pembayaran dan apabila bisa tersambung secara otomatis untuk pembayaran yang lebih mudah. Selain itu pembayaran online biasanya juga mendapatkan banyak penawaran menarik.

6. Fitur paylater

Fitur paylater membantu untuk membeli barang dahulu dan bisa dibayar di tanggal tertentu. Biasanya fitur paylater juga memperbolehkan sistem cicilan yang bisa dipilih 3 kali, 6 kali atau 12 kali.

Ada banyak jenis aplikasi belanja online, dari aplikasi belanja online yang menyediakan semuanya atau ‘palugada’ hingga aplikasi belanja online yang menjual barang – barang lebih spesifik seperti hanya produk kecantikan, hanya aplikasi belanja online untuk membeli kebutuhan sehari – hari dan lainnya. Di Indonesia sendiri aplikasi belanja online sudah berkembang, mari ketahui aplikasi belanja online terbaik di Indonesia.

 

Baca Juga: Ingin Melakukan Investasi? Yuk, Ketahui Aplikasi Investasi yang Cocok untuk Pemula!

 

Aplikasi Belanja Online Terbaik di Indonesia

1. Shopee

Shopee adalah aplikasi belanja online dengan konsep palugada yang meskipun merupakan aplikasi luncuran Singapura, Shopee adalah aplikasi belanja online terbaik di Indonesia berdasarkan jumlah pengguna. Pada bulan Desember 2021 sendiri pengunjung aktif harian Shopee mencapai 33,27 juta. Tidak hanya untuk membeli barang, tetapi Shopee juga bisa digunakan untuk membeli makanan untuk delivery, membayar tagihan, dan lainnya. Shopee juga sudah melengkapi hal yang harus diperhatikan untuk aplikasi belanja online.

2. Tokopedia

Seperti Shopee, Tokopedia memiliki konsep palugada dan merupakan aplikasi belanja online terbaik di Indonesia buatan lokal. Tidak seperti Shopee yang memiliki ShopeePay, Tokopedia bekerja sama dengan OVO dan Go – Pay sebagai salah satu cara bayar yang tersedia. Fitur yang ada di Tokopedia juga lengkap dan memiliki promo pada setiap bulannya.

3. Lazada

Lazada adalah aplikasi belanja online yang merupakan anak dari perusahaan asal Tiongkok, Alibaba sehingga gampang untuk Lazada mengekspor berbagai barang. Lazada juga memiliki kategori LazMall yang menjual produk asli dari berbagai brand dan terkenal dengan program Laz B’day Sale yang memberikan diskon yang cukup besar.

4. Zalora

Zalora berbeda dengan aplikasi belanja online lainnya karena hanya berfokus di bidang kecantikan. Zalora menjual barang – barang yang berkaitan dengan fashion, perawatan tubuh, perawatan kulit hingga makeup. Aplikasi belanja online Zalora terkenal dengan menjual barang branded original.

5. Blibli

Blibli adalah aplikasi belanja online yang merupakan anak dari perusahaan Djarum. Di Blibli tidak hanya menjual barang yang sudah terjamin asli, tetapi juga memiliki kategori supermarket. Aplikasi belanja online Blibli juga sudah mendukung metode pembayaran menggunakan QRIS.

6. Sociolla

Sociolla adalah aplikasi belanja online yang berfokus pada kecantikan seperti makeup dan skincare. Sociolla sudah beredar sejak tahun 2015 dengan produk yang bisa dibeli melalui situs websitenya maupun melalui aplikasinya lewat handphone, tetapi sekarang Sociolla sudah memiliki banyak gerai di beberapa Mall di Indonesia.

7. Sayurbox

Selain aplikasi belanja online palugada dan kecantikan, ada juga aplikasi yang berfokus pada keperluan sehari – hari. Aplikasi Sayurbox adalah aplikasi dimana bisa membeli kebutuhan sehari – hari seperti untuk belanja bulanan. Tidak hanya bahan makanan, tetapi Sayurbox juga bisa membeli bumbu, salad dressing dan sebagainya pun bisa dibeli di aplikasi belanja online Sayurbox.

8. HappyFresh

Berbeda dari aplikasi belanja online lainnya, HappyFresh mungkin lebih cocok berada dalam kategori personal shopper. HappyFresh sudah bekerja sama dengan 17 toko panganan dan 40 toko khusus.

 

Nah, itu lah aplikasi belanja online dan 8 aplikasi belanja online terbaik di Indonesia. Tetap waspada saat berbelanja untuk menghindari risiko apapun seperti risiko finansial, atau risiko data personal yang tersebar. Proteksi juga diri untuk menghindari risiko jatuh sakit dengan asuransi kesehatan dari Super You.

Artikel Terkait