Aplikasi Investasi

Pandemi yang berawal pada tahun 2020 menyebabkan seluruh dunia untuk melakukan lockdown, tidak keluar dari rumah, dan melakukan minim kontak dengan orang lain. Karena tidak bisa keluar rumah, tidak bisa hangout, menerapkan Work From Home (WFH), dan School From Home (SFH) menyebabkan peningkatan waktu luang. Banyak yang menggunakan kebebasan ini untuk memulai hobi, menonton lewat streaming platform, kembali berolahraga, dan mempelajari hal baru. 

Dikatakan oleh Paramita Sari, Head of Marketing & Retail PT. Indo Premier Sekuritas di akhir tahun 2020 bahwa minat generasi milenial untuk memulai investasi telah berkembang hingga mengalami kenaikan 2 kali lipat.  Berdasarkan Focus Group Discussion Tren Investasi di Masa Pandemi yang diselenggarakan dan disiarkan secara virtual, salah satu alasan berkembangnya investasi di kalangan milenial adalah karena banyaknya waktu luang yang mereka miliki dan perkembangan teknologi mempermudah akses informasi yang salah satunya adalah informasi seputaran saham. 

“Mereka mulai sadar di keadaan sekarang harusnya ada tabungan, ada investasi. Makanya Ketika lagi ada waktu luang, mereka mulai mencari berbagai informasi dan salah satunya mengenai saham dan investasi seperti ini” Kata Paramita Sari. 

Selama pandemi ini jumlah investor di Indonesia meningkat pesat, dan per September 2021 jumlah investor di RI meningkat menjadi 6.431.444 sejak desember 2020. Dikutip dari CNBC Indonesia bahwa berdasarkan demografi, investor paling banyak adalah generasi milenial yang mencakup 59,23%. 

Ingin memulai investasi juga tapi tidak tahu bagaimana? Yuk, ketahui aplikasi investasi yang digunakan para milenial. Berikut ini adalah daftar aplikasi investasi populer di kalangan milenial. Sebelum mulai pastikan dulu 5 hal ini sudah siap!  Aplikasi di bawah ini sudah terdaftar dan diawasi OJK serta gampang digunakan oleh pemula maupun yang berpengalaman:

 

Bareksa

Aplikasi investasi reksa dana yang menawarkan lebih dari 100 produk. Selain reksa dana, bareksa juga menawarkan produk lainnya lho! Produk lain yang ada di aplikasi ini adalah tabungan umroh, fund academi hingga produk obligasi pemerintah. Tidak hanya beragam produk yang ditawarkan, aplikasi bareksa sangat mudah untuk digunakan, dan dimengerti oleh pemula. Untuk memulai pun dana investasi sangat terjangkau dengan harga mulai dari Rp 10 ribu saja! Cara membayar juga tidak susah, bisa melalui transfer bank, OVO, dan OY. 

 

Bibit

Berikut ini adalah Bibit yang aslinya telah rilis sejak 2017 tetapi harus melakukan relaunch padat tahun 2019. Relaunch aplikasi ini disertai dengan produk-produk yang lebih menarik, dan interface aplikasi yang lebih memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya. Aplikasi Bibit memenangkan CNBC Indonesia Awards 2021 sebagai perusahaan terbaik di tahun 2021.

 

KoinWorks

Meski popularitas aplikasi KoinWorks tidak kalah dengan aplikasi investasi lainnya, cara kerja KoinWorks berbeda aplikasi investasi saingannya. KoinWorks tidak menawarkan pengguna untuk melakukan investasi saham, emas, dan lainnya, tetapi menjadi aplikasi P2P lending yang dapat menjembatani peminjam dan pendana. Tidak usah takut karena untuk menghindari adanya risiko kegagalan pembayaran dari peminjam, KoinWorks melakukan analisis data sang peminjam dari latar belakang pribadi, latar belakang keuangan sang peminjam hingga kondisi psikologisnya. 

Baca Juga: Apa Itu Sekuritas dan Cara Memilih Sekuritas Terbaik?

 

 

Pluang 

Aplikasi Pluang menawarkan berbagai macam produk investasi dari emas, kripto, reksa dana, dan lainnya. Aplikasi Pluang merupakan platform investasi pertama di tanah air yang memberikan akses ke pasar saham Amerika Serikat lho! Aplikasi ini disertai dengan layanan cryptocurrency hingga indeks saham global jadi tidak hanya mudah untuk digunakan bagi pemula, tetapi juga investor yang ingin melakukan investasi dollar hingga bitcoin. Tertarik untuk melakukan investasi bitcoin? Ketahui dulu 8 fakta ini!

 

Tanam Duit 

Aplikasi yang satu ini, dengan tampilan yang penuh warna merupakan salah satu aplikasi investasi terbaik tahun 2021! Tanam Duit menyediakan 4 produk investasi, reksa dana, asuransi, SBN, dan emas tetapi lebih menonjolkan investasi emas yang karena itu Tanam Duit menjadi aplikasi investasi emas terbaik. Apabila menabung emas di Tanam Duit, investor akan diberikan kartu emas yang diperlukan sebagai salah satu syarat untuk mencairkannya. Saat membuat profil, Tanam Duit akan membuatkan kategori investor berdasarkan profil risikonya, dan ini memudahkan investor untuk memilih produk yang aman untuk mereka, jadi Tanam Duit juga aplikasi yang aman bagi investor pemula!

 

Stockbit

Sudah kenal Bibit kan? Aplikasi Stockbit sempat akuisisi Bibit lho! Aplikasi Stockbit ini merupakan aplikasi investasi jual beli saham yang dilengkapi dengan fitur komunitas untuk memudahkan diskusi dengan trader lainnya. Selain itu aplikasi Stockbit juga menyediakan data finansial dan fitur kelas profesional yang mendukung semua orang untuk melakukan investasi, karena itu Stockbit merupakan aplikasi yang terbaik apabila tidak hanya ingin melakukan investasi, tetapi juga berdiskusi dan melakukan analisis saham. 

Baca Juga: Pemula di Dunia Saham? Berikut Rekomendasi Saham Blue Chip 2021

 

Nah, sudah tahu kan aplikasi investasi populer di kalangan milenial? Yuk mulai melakukan investasi setelah menemukan aplikasi yang cocok untukmu berdasarkan kelebihan aplikasi aplikasi diatas!