aplikasi mypertamina

Sejak tanggal 1 Juli 2022, telah diimplementasikan pembelian BBM di SPBU Pertamina untuk jenis bensin Pertalite dan solar bersubsidi perlu menggunakan aplikasi MyPertamina. Implementasi pembelian BBM bersubsidi melalui aplikasi ini dilakukan untuk memastikan BBM yang disubsidi negara dimanfaatkan oleh masyarakat yang berhak, bukan masyarakat golongan menengah keatas. Hal ini karena kuota yang seharusnya dialokasikan untuk masyarakat menengah kebawah juga diambil oleh masyarakat menengah ke atas jadi kuota tahunan banyak kelebihan bahkan sebelum perayaan tutup tahun.

 

Dikutip dari Katadata mengenai laporan dari Pertamina, “kalangan mampu lebih banyak menikmati BBM jenis Pertalite termasuk solar subsidi. Sebanyak 60% masyarakat mampu atau yang masuk dalam golongan kaya ini mengonsumsi hampir 80% dari total konsumsi BBM bersubsidi. Sedangkan 40% masyarakat rentan dan miskin hanya mengonsumsi 20% dari total subsidi energi tersebut.”

 

Baca Juga: Rencana Gojek Menggunakan Sepeda Motor Listrik? Yuk, Ketahui Tentang Sepeda Motor Listrik!

 

MyPertamina

Kejadian tersebut mengapa aplikasi MyPertamina diperlukan untuk mengendalikan konsumsi masyarakat. Harapannya, dengan menggunakan aplikasi ini, konsumsi masyarakat berpendapatan menengah ke atas dapat ditekan dan dikurangi untuk kuota tahunan tetap tercukupi atau bahkan melebihi.

 

Sudah ada peraturan presiden mengenai BBM jenis bensin pertalite dan solar di Peraturan Presiden no. 191/2014 dan Surat Keputusan (SK) BPH Migas RI No. 4/p3jbt/bphmigas/kom 2020. Khusus pengguna kendaraan roda 4 yang merasa berhak menggunakan solar subsidi dan Pertalite wajib mendaftarkan kendaraan berikut data diri melalui website, subsiditepat.mypertamina.id. Setelah data terkonfirmasi, bisa mendownload kode QR khusus yang harus ditunjukan ke operator SPBU Pertamina, dan QR tersebut menunjukan orang tersebut berhak untuk membeli bensin Pertalite dan solar bersubsidi. 

 

Pendaftaran Subsidi Tepat dapat dilakukan secara offline maupun online. Yuk, ketahui caranya di bawah ini!

 

Cara Daftar Subsidi MyPertamina 

  • Offline 

Pendaftaran offline untuk Subsidi Tepat adalah dengan mengunjungi salah satu SPBU Pertamina yang merupakan salah satu lokasi pendaftaran tersebut. Lokasi SPBU tersebut tersedia di berbagai kota dan kabupaten yang menjadi wilayah uji coba. Lokasi tersebut bisa dilihat disini.


  • Online

Untuk pendaftaran secara online dapat dilakukan dengan mengakses link ini dan mengikuti langkah – langkah berikut. Ini adalah tahapan pendaftaran pengguna baru yang tertera di website subsiditepat.mypertamina.id:

  1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya
  2. Buka website subsiditepat.mypertamina.id
  3. Centang informasi memahami persyaratan
  4. Klik daftar sekarang
  5. Ikuti instruksi dalam website tersebut
  6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala
  7. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina

 

Baca Juga: Tips Memilih Asuransi Mobil yang Bagus, Apakah Setimpal?

 

Cara Beli BBM Dengan MyPertamina Lewat QR Code

Ini adalah cara beli BBM dengan MyPertamina lewat QR Code dikutip dari @MyPertamina, pastikan untuk mengikuti langkahnya.

  1. Kunjungi SPBU terdekat dengan membawa QR Code kendaraan yang sudah terdaftar di subsiditepat.mypertamina.id. QR Code dapat dicetak di atas kertas atau ditunjukkan melalui aplikasi MyPertamina di HP untuk nantinya di-scan oleh petugas
  2. Tunjukkan QR Code pada petugas SPBU untuk di-scan dengan mesin
  3. Isi ulang BBM seperti biasanya sesuai jumlah yang diinginkan
  4. Lakukan pembayaran pengisian BBM dengan tunai (cash) atau digital.

 

Cara Menghubungkan MyPertamina dan LinkAja

Ini adalah cara menghubungkan 

  1. Buka aplikasi MyPertamina lalu pada halaman utama klik “AKTIFKAN”
  2. Pada pertanyaan apakah pengguna sudah memiliki akun LinkAja, klik “Sudah”
  3. Masukkan kode PIN akun LinkAja
  4. Terima kode verifikasi melalui SMS pada nomor yang didaftarkan
  5. Jika kode verifikasi yang dimasukkan sesuai, maka secara otomatis akun LinkAja pengguna akan terhubung dengan aplikasi MyPertamina dan sudah bisa digunakan untuk melakukan pembayaran BBM.

 

Itu lah cara untuk daftar Subsidi Tepat ke MyPertamina. Jangan lupa untuk terus aman berkendara dengan asuransi kecelakaan dari Super You dengan harga yang terjangkau dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing. 

Artikel Terkait