apotek online bpjs

BPJS sekarang sudah menyediakan fasilitas tambahan dalam bentuk apotek online. Hal ini sebagai langkah tindak lanjut atas minimnya ketersediaan obat pada apotek yang sudah bekerja sama. Keberadaan apotek online BPJS pun disambut positif oleh masyarakat karena dianggap kian memudahkan. Lalu sebenarnya apa itu apotek online bpjs dan apa saja manfaatnya?

1. Apa Itu Apotek Online BPJS?

BPJS yang menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional telah lama dijalankan sejak 2015. Namun dari dulu hingga kini, ada satu problematik serupa yang masih terjadi. Obat-obat yang tersedia di apotek rujukan stoknya hanya sedikit, sehingga pasien sering kesulitan mendapatkannya.

Solusi Pemerintah

Sebagai upaya menindaklanjuti persoalan kekurangan stok obat, pemerintah meresmikan perilisan program baru yang dinamakan Apotek Online. Program ini berbasis digital yang dapat diakses semua orang selama terhubung ke jaringan internet.

Pengenalan Kepada Masyarakat

Pemerintah juga terus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang apa itu apotek online bpjs agar kian dikenal. Program ini dibuat agar kesusahan mendapatkan obat karena minim stok dapat teratasi. 

Wujud Aplikasi Apotek Online

Apotek Online berwujud aplikasi yang dapat dioperasikan pada perangkat smartphone, baik pada Android maupun iOS. Aplikasi ini telah terintegrasi dengan berbagai apotek yang menjadi tempat rujukan BPJS. Pengguna membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya.

Kemudahan untuk Semua Pihak

Aplikasi satu ini dibuat agar memberikan kemudahan bagi semua pihak. Para peserta BPJS (pasien), tenaga fasilitas kesehatan, apoteker, dan lain-lain dapat mengoperasikan aplikasi ini yang didesain lebih praktis daripada Apotek Online berbasis web yang dirilis sebelumnya.

2. Apa Manfaat Apotek Online BPJS?

Dengan adanya Apotek Online, peserta jaminan kesehatan tidak perlu lagi menebus obat di tempat selain faskes rujukan. Aplikasi ini juga membantu penagihan klaim obat secara lebih cepat. Berikut manfaat apotek online bpjs yang perlu diketahui.

Mempercepat Pelaporan Keluhan Terkait Stok Obat

Aplikasi Apotek Online telah tersambungkan secara digital, sehingga dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Tak ada batasan untuk melakukan transaksi di sini. Kalaupun suatu saat stok obat habis, maka pelaporan keluhan terkait hal ini bisa dilakukan secara lebih cepat.

Apotek Online juga memudahkan pihak faskes rujukan untuk membuat keluhan, pengaduan, atau permintaan seputar stok obat. Prosesnya pun sudah bisa diakses secara online berdasarkan form yang tersedia di aplikasi.

Bekerja dengan Sistem Terintegrasi

Jika ada yang bertanya apa itu apotek online bpjs dan bagaimana aplikasi ini bekerja, jawabannya tidak rumit. Aplikasi ini bekerja menggunakan sistem yang telah terintegrasi dengan server pusat untuk mengkoordinasi apotek rujukan.

Menyelenggarakan Layanan Kesehatan Lebih Memadai

Sekarang telah memasuki era digital, maka segala keperluan akan lebih praktis jika tersedia secara online. Sama halnya dengan BPJS, dengan adanya Apotek Online ini diharapkan dapat semakin meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat yang lebih memadai.

Mempunyai Fitur Banyak untuk Kemudahan Layanan

Dari definisi tentang apa itu apotek online bpjs, dapat diketahui gambaran bahwa aplikasi ini telah dilengkapi beragam fitur pilihan untuk pemesanan dan pelaporan obat. Pengguna baru bisa menggunakan panduan yang telah disediakan jika bingung dalam memilih fitur.

Beberapa fitur yang tersedia antara lain entri klaim untuk obat kemoterapi, RPB, obat penyakit kronis, dan lain-lain. Ada pula fitur pelaporan bagi yang mengeluhkan seputar ketersediaan obat. Tak hanya itu, ada juga layanan brigning SIM obat untuk rumah sakit rujukan.

Itulah penjelasan tentang apa itu apotek online bpjs beserta manfaatnya. BPJS adalah salah satu asuransi kesehatan yang diprogram secara resmi oleh pemerintah. Namun sayangnya ada beberapa hal yang tidak dicover oleh BPJS, oleh karenanya penting bagi kamu untuk tetap terlindungi secara optimal dengan menambah asuransi swasta. Kamu dapat memilih layanan Super Life Protection dari Super You, yang uang pertanggungannya hingga Rp 600 Juta. Klik di sini untuk info detail lebih lanjut.