asuransi kerugian

Asuransi kerugian merupakan jenis asuransi yang memberikan perlindungan terhadap kerugian finansial akibat suatu kejadian berbahaya. Asuransi kerugian biasanya pada objek tertentu seperti harta benda atau aset pribadi, tempat usaha, gedung, atau proyek bangunan.

 

Menurut OJK, kerugian yang ditanggung adalah kerugian

  • Kerugian objek tertanggung
  • Kerusakan objek tertanggung
  • Kehilangan keuntungan yang diharapkan
  • Tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga
  • Menjamin pemenuhan kewajiban jika tertanggung tidak bisa memenuhi kewajibannya

 

Cara memilih produk asuransi kerugian

Ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan ketika memilih asuransi kerugian baik untuk digunakan sendiri atau perusahaan tempat kamu bekerja.

Berikut beberapa tipsnya

Pilih barang yang perlu diasuransikan

Pisahkan objek atau barang berdasarkan nilai ekonomisnya. Misalnya, jika kamu ingin mengambil asuransi kebakaran untuk rumah maka kamu hanya perlu memasukkan benda-benda yang dirasa perlu untuk dilindungi dengan asuransi. Contoh, di rumah kamu memiliki seperangkat alat komputer maka kamu gak bisa memasukkannya. Hal ini dikarenakan nilai recovery perusahaan komputer sangat rendah.

Identifikasi barang dengan jelas

Sebaiknya kamu melakukan identifikasi lebih awal terhadap barang atau objek yang mau diasuransikan. Contohnya di pabrik garmen, kamu harus mendata mesin-mesin yang masih terkait dengan aktivitas produksi dengan jelas.

 

Baca Juga : Kenali Premi Asuransi, Jenis, dan Tujuannya

 

Pilih perusahaan asuransi dengan reputasi baik

Perlu diperhatikan bukan hanya rate premi yang harus kamu bayar per bulan namun jenis klaim dan manfaat perlindungan asuransi yang kamu dapatkan dari perusahaan asuransi tempat kamu berasuransi. Selain itu, pilih juga jaminan perusahaan asuransi yang luas seperti cover property all risks. Hal ini bertujuan agar kamu tidak mengalami kerugian finansial di kemudian hari.

Pilih paket produk asuransi

Disarankan kamu memilih paket asuransi sekaligus dengan begini kamu akan memperoleh pelayanan dan fasilitas potongan yang baik. Selain itu, dianjurkan memilih first loss insurance dari pihak asuransi. Hal ini bertujuan agar premi yang kamu bayar gak menjadi terlalu besar.

Dengan menggunakan asuransi kerugian, kamu bisa menekan kerugian sewaktu-waktu terjadi tanpa mengganggu risiko finansial kamu.

SHARE Super you Facebook Super you instagram

Artikel Terkait Lainnya