asuransi kesehatan kantor

Beberapa perusahaan tertentu menyediakan fasilitas asuransi kesehatan bagi karyawannya. Terkadang, fasilitas ini bahkan bisa juga dipakai hingga ke anggota keluarga. Nah, jika kamu salah satu orang yang mendapatkan asuransi kesehatan dari kantor, kamu termasuk beruntung!

Sudah punya, lalu sekarang apa? 

Tentunya kamu harus mengerti dan memahami produknya sebelum menggunakannya. Karena itu, yuk kita bahas 3 hal yang wajib kamu ketahui ketika punya asuransi kesehatan dari kantor.

 

1. Kenapa asuransi kesehatan kantor itu penting?

Banyak orang menganggap asuransi itu kurang penting. 

Terutama jika kamu mulai membayangkan harus membayar premi setiap bulan atau tahun, dan terus diganggu oleh agen asuransi. Padahal manfaatnya tidak kunjung datang. 

Tetapi kita tidak bisa menyangkal kalau risiko akan selalu ada. Lebih baik berjaga dibanding menyesal, bukan? Nah, makanya kamu perlu menggunakan asuransi kesehatan dari kantor. 

Pasalnya, asuransi kesehatan kantor mempunyai beberapa kelebihan dibanding asuransi swasta atau pribadi. Berikut adalah beberapa kelebihan asuransi kesehatan kantor: 

  • Membuat kita lebih produktif. Otomatis jika kesehatan kita mempunyai “pengaman” berupa asuransi, kita akan mempunyai produktivitas yang lebih baik. 
  • Tidak ribet. Kamu tidak harus berhubungan langsung dengan agen asuransi. Hanya perlu tahu beres, karena pengurusan asuransi kesehatan merupakan bagian dari pekerjaan orang HRD di kantor.
  • “Gratis”. Sebenarnya sih mungkin ada beberapa perusahan yang memotong sebagian kecil gaji kamu untuk membayar premi asuransi kesehatan ini. Tetapi karena kamu tidak membayar langsung dari gaji itu dan sudah dipotong dari awal, kamu merasa seakan asuransi kesehatan itu gratis.

 

2. Gimana cara manfaatin asuransi kesehatan karyawan?

Jika kamu baru dalam masalah perasuransian, maka ada banyak hal yang mungkin kamu harus pelajari terlebih dahulu. Terutama istilah-istilah asuransi yang berjibun. (Psst, baca artikel kita soal polis asuransi deh biar gak bingung!)

Namun, kamu tidak usah khawatir karena kamu tidak harus menelan semuanya sekaligus. 

Untuk memanfaatkan asuransi kesehatan ini, kamu hanya perlu memperhatikan 3 poin penting, yaitu Manfaat, Pengecualian, dan Cara Klaim.

 

Baca Juga : Hal-hal Penting dalam Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga

 

Manfaat asuransi

Manfaat asuransi adalah sejumlah yang kamu terima dari perusahaan asuransi sebagai ganti dari risiko yang terjadi. Kalau untuk asuransi kesehatan, ini berarti terjadi suatu risiko kesehatan, seperti terdiagnosa penyakit tertentu atau menjalani perawatan inap di rumah sakit.

Nah, asuransi kesehatan pun ada banyak jenisnya. Hal ini bisa dilihat dari jenis Manfaat dan/atau jumlah Uang Pertanggungan yang mereka berikan. 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu jawab dengan mencari di dokumen Polis Asuransi atau menanyakan pada HRD kantor kamu: 

  • Manfaat apa saja yang dicover? Apakah hanya risiko rawat inap dan ICU? Apakah ada untuk rawat jalan atau pembedahan? Apakah mempunyai unsur asuransi jiwa (risiko meninggal dunia)?
  • Siapa saja yang dapat menggunakan asuransi ini? Apakah hanya kamu sebagai pegawai, atau asuransinya bisa mengcover satu keluarga?
  • Berapa besar manfaatnya? Apakah dia memberikan santunan tunai (dengan nominal harian yang disebutkan) atau sesuai tagihan?

 

Pengecualian

Kamu sudah tahu apa dan siapa saja yang di-cover oleh produk asuransinya. Tapi selain itu, kamu juga perlu tahu apa yang tidak di-cover. Risiko atau kondisi yang tidak di-cover ini disebut sebagai Pengecualian.

Jika kamu mengalami risiko yang dikecualikan, maka kamu tidak bisa mengajukan klaim. Karena itu, penting untuk kamu memahami Pengecualian sebelum klaim. 

Apa saja sih yang termasuk dalam Pengecualian?

Wah, untuk masalah ini berbeda-beda. Namun, berikut adalah beberapa contoh dari Pengecualian yang mungkin kamu jumpai di dalam Polis: 

Perawatan yang disebabkan oleh:

  • Pelanggaran hukum;
  • Bunuh diri dan/atau percobaan bunuh diri;
  • Kehamilan, melahirkan, kemandulan, gangguan ereksi, impotensi, dan gangguan reproduktif lainnya;
  • Masalah kesehatan jiwa dan mental;
  • Bedah kosmetik dan/atau plastik; dan/atau
  • Terlibat dengan aksi terorisme atau perang.

 

Cara Klaim

Setelah tahu apa yang di-cover dan apa yang tidak, kamu bisa mengajukan klaim. Buat apa punya asuransi jika tidak diklaim? Karena itu, kamu wajib memahami cara melakukan klaim. 

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang perlu kamu tanyakan pada pihak terkait:

  • Ada fitur Cashless atau tidak? Cashless berarti kamu hanya perlu menunjukkan kartu keanggotaan saat proses administrasi di rumah sakit rekanan. 
  • Dokumen apa yang perlu disiapkan? Ada berbagai dokumen yang perlu disiapkan ketika mengajukan klaim. Karena itu, pastikan kamu mengetahui dokumen-dokumen apa saja yang diperlukan.
  • Kapan tenggat pengajuan klaim? Klaim asuransi harus diajukan dalam jangka waktu tertentu setelah perawatan. Karena itu, pastikan kamu tidak terlambat dalam mengajukan klaim ini.
  • Bagaimana proses klaimnya? Apakah klaim bisa dilakukan secara online atau kamu harus mengirimkan dokumennya ke kantor? Siapa yang harus mengajukan proses klaim: Kamu, perusahaan tempat kamu bekerja, atau rumah sakit rekanan?

Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk membaca lebih lanjut soal cara klaim asuransi melalui salah satu artikel kami. Di situ, kamu akan lebih mengerti apa yang mungkin membuat klaim kamu ditolak atau diterima.

 

3. Apakah asuransi kantor sudah cukup?

Mempunyai asuransi kesehatan dari kantor itu sudah bagus. Setidaknya kamu sudah lebih terlindungi dibanding tidak ada sama sekali. Selain itu, kapan lagi kamu mendapatkan asuransi “gratis”?

Namun di saat yang sama, kamu juga perlu memikirkan kekurangannya, seperti: 

  • Bagaimana jika asuransi tidak meng-cover anggota keluarga?
  • Bagaimana jika perusahaan kamu tidak menyediakan asuransi kesehatan? 

Atau lebih parahnya lagi: 

  • Bagaimana jika kamu memutuskan untuk pensiun, dipecat, pindah kantor, atau berhenti kerja untuk membuka bisnis idaman kamu?

Karena itu, kamu juga bisa (setidaknya) mempertimbangkan apakah kamu memerlukan asuransi swasta atau pribadi di luar asuransi kantor. Jika kamu merasa sanggup membayarnya, kamu bisa membelinya. Jika tidak, ya setidaknya kamu sudah terlindungi asuransi kantor.

 

Perlu beli asuransi kesehatan pribadi?

Kalau masalah asuransi kesehatan pribadi, kamu bisa coba mengecek produk asuransi dari Super You by Sequis Online. Pengembangan produk asuransi digital terbaru ini mempunyai manfaat antara lain:

  • Produk asuransinya terjangkau. Hanya mulai dari Rp30.000-an per bulannya. Tentunya premi ini dipengaruhi oleh usia dan plan yang dipilih ya, Teman SUPERjuangan.
  • Prosesnya mudah. Cukup siapkan KTP kamu dan KTP Ahli Waris. Setelah itu, kamu hanya perlu mengisi formulir dan melakukan pembayaran. Sudah seperti semudah berbelanja online!
  • Tanpa perantara dan transparan. Kami tidak memakai agen asuransi. Selain mempersingkat proses, kami juga mempermudah kamu dalam melihat informasi di halaman produk kami. Jika kamu bingung pun, kamu tinggal bertanya melalui WhatsApp yang sudah kami sediakan.

Masih belum yakin? Tidak apa-apa. Kamu pikirkan saja dulu.

SHARE Super you Facebook Super you instagram

Artikel Terkait Lainnya