asuransi melahirkan

Melahirkan adalah proses yang rumit dan penuh risiko. Buktinya saja keselamatan jiwa calon ibu dipertaruhkan, sementara keselamatan bayi juga belum tentu terjamin. Belum lagi jika kita menghitung besarnya biaya yang digunakan selama proses persalinan. 

Karena itu, terkadang kita memerlukan perlindungan. Dalam kasus ini: Asuransi melahirkan yang berguna untuk mengatasi setidaknya risiko finansial yang datang dari melahirkan. Tapi  perlu diingat bahwa tidak semua orang cocok dan/atau ingin asuransi melahirkan. 

Untuk tahu apakah asuransi melahirkan cocok untuk kamu, yuk baca artikel ini lebih lanjut!

4 Manfaat Asuransi Melahirkan

Asuransi melahirkan tidak bisa mencegah risiko kesehatan. Namun, setidaknya dia bisa membantu mengurangi beban risiko finansial yang kamu pikul. Alhasil, kamu pun hanya perlu fokus dalam menjaga kesehatan dan mental calon ibu dan janin melalui persiapan melahirkan lainnya.

 

Berikut adalah manfaat dari asuransi melahirkan.

1. Menanggung biaya selama masa kehamilan hingga persalinan

Beberapa produk asuransi melahirkan menanggung biaya mulai dari masa kehamilan. Ini termasuk biaya kunjungan dokter untuk cek kandungan, biaya atas komplikasi kehamilan, hingga seluruh biaya rawat inap saat persalinan.

Namun, karena setiap perusahaan asuransi berbeda, ada baiknya jika kamu mengecek kembali manfaat asuransi yang diberikan di dalam polis. Jika kamu tidak membacanya dengan benar, maka ada kemungkinan perusahaan akan menolak klaim saat risiko datang.

 

2. Lindungi risiko kesehatan bayi & ibu pasca melahirkan

Risiko kesehatan dari proses melahirkan tidak berhenti di situ. Terkadang walau bayi dan ibu sudah lahir, keduanya masih bisa mengalami komplikasi lainnya dari melahirkan. 

Contohnya bayi yang lahir prematur akan lebih berisik mempunyai kelainan bawaan. Atau kondisi fisik bayi terlalu lemah pasca melahirkan sehingga harus menjalani perawatan intensif khusus bayi. Sebagian besar ibu pun dapat mengalami komplikasi kehamilan setelah proses melahirkan. 

Untungnya, beberapa produk asuransi melahirkan meng-cover risiko-risiko finansial pasca melahirkan. Sekali lagi, kamu harus memeriksa kembali manfaat setiap produk sebelum membeli.

 

Baca Juga : Perbedaan Asuransi Rawat Jalan dan Rawat Inap

 

3. Cover fasilitas rumah sakit

Tentunya salah satu biaya paling berat adalah biaya proses persalinannya sendiri. Kelas I untuk biaya persalinan saja sudah mencapai belasan juta rupiah. Belum lagi jika ada prosedur lain yang perlu dilakukan karena komplikasi, misalnya harus operasi caesar atau menggunakan vacuum.

Biasanya asuransi melahirkan memberikan ketentuan manfaat melahirkan berupa fasilitas rawat inap dengan kelas tertentu. Jika semakin tinggi kelasnya, maka otomatis fasilitasnya lebih nyaman untuk ibu dan anak, dengan premi yang lebih mahal.

4. Mengurangi angka tingkat kematian

Banyak calon ibu yang harus kehilangan nyawa atau bahkan kehilangan janin karena tidak bisa membayar biaya persalinan di rumah sakit. Karena itu, tidak sedikit wanita yang harus melahirkan di rumah sendiri, yang jauh lebih berisiko bagi ibu dan bayi, atau malah mengaborsikan janinnya. 

Dengan adanya asuransi melahirkan di kalangan masyarakat Indonesia, maka tingkat kematian bayi, aborsi, dan tingkat kematian ibu juga bisa menurun.

 

Jenis Asuransi Melahirkan

Pada dasarnya ada dua jenis asuransi melahirkan yang bisa kamu dapatkan:

Asuransi jiwa unit link

Asuransi satu ini sebenarnya berfokus pada jiwa anak, yang berarti menutupi risiko meninggalnya anak. Namun, biasanya mereka juga mempunyai manfaat asuransi tambahan, seperti pertanggungan atas risiko yang dialami calon ibu, biaya rumah sakit, risiko kelainan atau kecacatan pada bayi, risiko rawat inap untuk bayi, dan lainnya.

Tidak hanya itu, unit link berarti produk ini juga memiliki unsur investasi. Karena itu, premi dapat menurun seiring berjalannya waktu. Namun, di saat yang sama, investasi juga berarti ada risiko di mana kamu mengalami kerugian.

 

BPJS Kesehatan

Asuransi kesehatan dari pemerintah ini juga mempunyai manfaat untuk ibu hamil selama proses kehamilan. Selain itu, BPJS juga disubsidi pemerintah sehingga termasuk salah satu produk asuransi melahirkan yang terjangkau. 

Namun, sayangnya manfaat ini hanya bisa digunakan untuk melindungi risiko ibu. Risiko pada bayi selama masa kehamilan hingga persalinan tidak ditanggung. Jadi jika bayi mengalami kelainan, cacat, dan risiko lainnya, BPJS tidak bisa menanggung. Bayi yang baru lahir pun bisa didaftarkan BPJS, tapi hanya ketika dia sudah lahir dalam keadaan sehat.

 

Seberapa Pentingnya Asuransi Melahirkan?

Untuk menjawab pertanyaan satu ini, kamu harus kembali mempertimbangkan pilihan kamu. Ada kalanya dimana asuransi melahirkan akan lebih menguntungkan, tetapi mungkin pilihan itu belum tepat untuk kamu. 

Berikut adalah hal-hal yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membeli asuransi melahirkan:

  • Buat daftar rincian biaya kehamilan hingga persalinan untuk rumah sakit pilihan kamu. Bandingkan: Apakah Uang Pertanggungan yang diberikan sepadan dengan premi yang dibayar? Jika tidak, maka kamu lebih baik menabung saja.
  • Apakah kamu mempunyai dana cadangan yang cukup jika terjadi risiko biaya tak terduga? Tuliskan risiko apa saja yang mungkin terjadi.
  • Manfaat asuransi akan menanggung biaya apa saja? Berapa biaya lainnya yang masih perlu kamu bayar dan tidak ditanggung oleh asuransi? Kamu bisa membaca pengecualian dan menanyakannya pada agen atau perusahaan asuransi yang bersangkutan.

 

Pilihan lainnya: Menabung sendiri

Jika kamu merasa kurang cocok dengan asuransi melahirkan, maka kamu tetap harus menabung. Tentunya lebih baik mempersiapkan jauh-jauh hari dong daripada berhutang sana sini karena tabungan kamu kurang?

Yang penting adalah tetap membuat biaya rincian dan target tabungan. Jika kamu memerlukan uang tambahan, kamu bisa mencoba berbagai jenis investasi. Namun, kamu juga perlu ingat risiko yang ada bersamaan dengan investasi tersebut.

Selain biaya rumah sakit dan dokter, jangan lupa untuk memperhitungkan biaya lain. Misalnya pakaian khusus ibu hamil, perlengkapan bayi, dan kebutuhan lainnya di luar proses persalinan itu sendiri.

 

Baca Juga : 5 Tips Menabung untuk Kamu yang Sulit Menabung

 

Sudah Siap Menyambut Kedatangan Buah Hati?

Persiapan melahirkan bukan hanya soal siap secara finansial, tetapi siap secara mental dan fisik. Untuk calon ibu, pastikan kamu sudah menyiapkan diri untuk melalui proses kehamilan nanti. 

Untuk calon ayah, tanggung jawab kamu akan bertambah. Karena itu, pastikan kamu setidaknya sudah mempunyai asuransi jiwa untuk melindungi keluarga baru kamu ini. Jika terjadi sesuatu pada kamu, keluarga kecilmu ini pun bisa tetap kamu lindungi. 

Kamu bisa melihat dulu asuransi jiwa oleh Super You. Mulai dari harga Rp33.000 saja per bulan, kamu bisa mendapatkan proteksi hingga jutaan rupiah.

SHARE Super you Facebook Super you instagram

Artikel Terkait Lainnya