asuransi mobil
Asuransi mobil adalah jenis asuransi yang melindungi mobil pribadi kamu, ketika terjadi suatu risiko yang merugikan. Misalnya ada kerusakan parah akibat Kecelakaan atau bencana, pembobolan dan pencurian, hingga lecet. Jadi, tahu dari mana sih produk asuransi mobil yang bagus itu seperti apa? Karena itu, mari kita kupas perlahan mengenai asuransi mobil di Indonesia.

Jenis Asuransi Mobil di Indonesia

Sebelum kamu membeli asuransi mobil, pastikan kamu paham dulu apa saja jenis-jenis asuransi mobil. Ada dua jenis asuransi mobil yang paling umum, yaitu total loss only atau TLO dan all risk Namun, tergantung perusahaan asuransi, bisa juga ada jenis manfaat yang bisa kamu dapatkan. Besaran premi asuransi mobil pun akan berbeda tergantung manfaat yang kamu terima. Namun, secara umum, premi asuransi mobil dihitung dari kisaran Rp 50 Ribu per bulan. Berikut jenis-jenis asuransi mobil yang ada di Indonesia.

1. Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Jenis asuransi mobil yang satu ini hanya memberikan manfaat jika adanya kerugian senilai lebih dari 75% harga mobil. Jadi, misalnya harga mobil kamu adalah Rp200 Juta. Maka klaim hanya bisa kamu lakukan jika kerugian mencapai Rp 150 Juta.  Premi asuransi mobil yang satu ini cukup terjangkau. Namun, tentunya kamu tidak bisa mengajukan penggantian rugi bila hanya ada baretan saja.

2. Asuransi Mobil All Risk

Seperti namanya, all risk menanggung seluruh risiko. Bahkan baretan kecil pun akan ditanggung. Namun, karena perlindungannya cukup luas, otomatis preminya pun jauh lebih mahal daripada total loss only. Bahkan bisa mencapai 3 kali lipat dari TLO lho!

Jenis Asuransi Mobil Gabungan Lainnya

Selain daripada TLO dan all risk, ada juga beberapa varian jenis asuransi mobil lainnya. Berikut contoh variannya:
    • Gabungan, dimana kamu dapat pertanggungan all risk selama tahun pertama pembelian mobil, kemudian sisanya berupa TLO. Biasanya asuransi semacam ini berlaku saat kamu pertama membeli cicilan mobil.
  • Rider, dimana kamu bisa menambah manfaat tertentu yang lebih spesifik. Misalnya kamu menambah premi dan manfaat untuk risiko banjir, kerusuhan, kecelakaan diri, kerusuhan, atau gempa bumi.
  • Collision, dimana asuransi juga menanggung biaya ganti rugi atas tabrakan yang pengemudi sebabkan.
  • Liability, yang serupa tapi tidak sama dengan collision. Perbedaannya ada pada manfaat tambahan berupa penggantian biaya medis jika pemegang polis cedera akibat tabrakan.
  • Kecelakaan diri, dimana asuransi mobil tidak hanya meng-cover mobil tapi juga mengcover risiko kesehatan pemegang polisnya.
Baca juga :  

Mendingan Asuransi Mobil All Risk atau TLO?

Tergantung. Setiap orang mempunyai kebutuhan dan kapasitas masing-masing. Karena itu, pastikan kamu sudah tahu dulu perbedaan antara kedua produk ini.
  • Kebutuhan kamu. Pertimbangkan apakah kota kamu padat penduduk? Lebih cocok all risk. Atau mungkin mobil kamu sudah tua? Lebih cocok TLO karena all risk hanya bisa mengcover hingga usia mobil 12 tahun.
  • Budget. Bayar premi itu terus-menerus setiap tahun, jadi cocokan juga dengan budget kamu. Jika tidak punya banyak, ya kamu bisa setidaknya punya TLO dulu. Tapi jika mumpuni, kamu boleh membeli all risk.

Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil

Premi asuransi mobil pada umumnya jatuh per tahun. Kisarannya pun bisa jauh, tergantung jenis asuransi mobil yang kamu pilih. Contohnya saja TLO bisa mulai dari Rp 400 ribuan per tahun dan all risk di angka Rp3 juta per tahun. Besaran premi pun juga dipengaruhi oleh harga mobil yang kamu asuransikan. Semakin mahal mobil, maka semakin mahal pula asuransinya. Berikut adalah cara perhitungan premi asuransi mobil:

(Persentase*) × (Harga mobil) = (Biaya premi) *Persentase dipengaruhi oleh perusahaan asuransi, jenis asuransi yang kamu pilih, wilayah pertanggungan, hingga kategori harga mobil.

Kategori Wilayah Pertanggungan & Harga Mobil

Berdasarkan peraturan OJK, berikut adalah ketentuan premi untuk wilayah pertanggungan:
  • Wilayah I: Sumatera & Kepulauan sekitarnya.
  • Wilayah II: Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.
  • Wilayah III: Daerah lain yang tidak termasuk Wilayah I & II.
Sementara itu, kategori mobil ditentukan berdasarkan harga mobil ketika terjadi kerusakan:
  • Di bawah Rp125 juta masuk ke Kategori 1
  • Rp125 juta s/d Rp200 juta masuk ke Kategori 2
  • Rp200 juta s/d Rp400 juta masuk ke Kategori 3
  • Rp400 juta s/d Rp800 juta masuk ke Kategori 4
  • Di atas Rp800 juta masuk ke Kategori 5

5 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Melihat banyaknya faktor, seperti jenis asuransi mobil, premi asuransi, serta manfaat yang beragam, kamu perlu mencoba 5 tips ini sebelum membeli asuransi mobil. 

1. Tentukan jenis asuransi mobil yang kamu mau

Jenis asuransi mobil yang kamu pilih harus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kamu. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan ketika memilih jenis asuransi mobil: 
  1. Berapa usia mobil kamu? Jika tua, lebih baik TLO. Jika masih baru, pilih all risk.
  2. Seberapa padat jalanan di kota kamu berkendara? Jika padat, pilih all risk
  3. Seberapa parah tingkat kriminalitas di kota kamu? Jika parah, pilih TLO.
  4. Berapa banyak uang yang bisa kamu sisihkan untuk bayar premi? Jika tidak banyak, lebih aman setidaknya ada TLO.

2. Jangan hanya mencari dari satu perusahaan saja

Jika sudah tahu jenis asuransinya, all risk atau TLO, kamu bisa mulai mencari perusahaan asuransi yang menyediakan jenis asuransi mobil tersebut. Namun, jangan hanya mencari 1-2 perusahaan. Ada banyak lho perusahaan asuransi di luar sana yang menyediakan produk asuransi serupa.  Bandingkan manfaat yang kamu bisa dapat, serta harga preminya. Kemudian pilih yang menurut kamu paling oke. 

3. Pilih asuransi dari perusahaan yang kredibel

Produk asuransi yang baik harus berasal dari perusahaan asuransi yang bagus. Contohnya Super You by Sequis Online yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dan kenyamanan bertransaksi dengan Sertifikat ISO 27001. Dengan riwayat yang jelas, perusahaan pun akan mempunyai pelayanan yang lebih baik. Misalnya, klaim lebih mudah, serta rekanan bengkel terpercaya.

4. Perhatikan rekanan bengkelnya

Seperti layaknya asuransi kesehatan dengan Rumah Sakit Rekanan, asuransi mobil juga menjalin kerjasama dengan bengkel rekanan. Karena itu, sebelum membeli asuransi, pastikan kamu tahu bengkel rekanannya ada dimana. Apakah bengkel itu resmi dari brand mobil? Atau gak resmi tapi kredibel? Apakah ada bengkel rekanan di sekitar rumah kamu atau dalam perjalanan dari rumah ke kantor dan arah sebaliknya?

5. Pastikan kamu sudah tahu syarat berasuransi mobil

Ketika mendaftar asuransi mobil, ada beberapa persyaratan yang perlu kamu isi. Pada umumnya, dokumen yang perlu kamu siapkan antara lain: 
  • Formulir pendaftaran dari perusahaan asuransi yang sudah terisi;
  • Fotocopy STNK & SIM;
  • Fotocopy identitas, berupa KTP atau KITAS;
  • Surat NPWP (jika ada).
Pastikan juga semua data sudah terisi secara lengkap, benar, dan akurat. Jika tidak, maka kamu pun akan kesulitan dalam tahap pengajuan klaim.

Perlindungan Mobil Sudah, Kalau Diri?

Selain asuransi mobil, kamu juga perlu mempersiapkan asuransi kecelakaan untuk diri kamu. Masa mobil saja dilindungi asuransi, kamu sendiri gak? Tenang aja, di Super You, harga asuransi kecelakaan sangat murah, yaitu mulai dari Rp30ribuan per bulan!

Pertanyaan Lain Seputar Asuransi Mobil

Masih bingung soal asuransi mobil? Berikut pertanyaan yang biasanya orang tanyakan mengenai asuransi mobil.

Ada Berapa Jenis Asuransi Mobil?

Sebenarnya ada banyak jenis asuransi mobil, tergantung dengan produknya. Namun, ada dua jenis asuransi mobil yang umum, yaitu asuransi mobil all risk dan asuransi mobil total loss only (TLO). 

  • Asuransi mobil all risk: Menanggung semua risiko, termasuk lecet. Cocok untuk mobil baru yang digunakan di wilayah padat penduduk.
  • Asuransi mobil TLO: Hanya menanggung kerugian di atas 75% harga mobil. Cocok untuk mobil tua yang digunakan di wilayah dengan kriminalitas tinggi.

Apa Arti dari Asuransi Mobil All Risk?

Asuransi mobil all risk adalah jenis asuransi mobil yang memberikan perlindungan atas semua jenis risiko kerusakan pada mobil, bahkan yang terkecil sekalipun. Penggantian biaya pun berlaku untuk banyak risiko, mulai dari penyok, baret, hingga kehilangan mobil.

Seberapa Pentingnya Punya Asuransi Mobil?

Tergantung dari kebutuhan kamu. Jika kamu memang mempunyai uang lebih, ada baiknya mempunyai asuransi mobil. Dengan begitu, jika terjadi risiko kerusakan, kamu tidak rugi. 

Pada umumnya, orang membeli asuransi mobil karena alasan berikut: 

  • Mobil mereka sering rusak atau banyak perbaikan;
  • Mereka tinggal di wilayah yang padat penduduk, sehingga risiko kecelakaan lebih tinggi;
  • Tidak hanya padat, bisa juga karena rawan kriminalitas mobil.

Bagaimana Cara Mengecek Asuransi Mobil?

Jika kamu membeli mobil bekas dengan asuransi, ada cara mengecek asuransi mobil yang perlu kamu lakukan. Berikut langkah-langkahnya: 

  1. Lihat jenis asuransi mobilnya. Apakah dia menggunakan all risk atau TLO? Apakah jenis itu sesuai dengan tipe mobil dan wilayah kamu?
  2. Cek apakah dia mempunyai perluasan jaminan, yaitu tambahan perlindungan untuk risiko lainnya, seperti gempa, banjir, hingga kerusuhan. Cocokan kembali dengan wilayah kamu.
  3. Pastikan identitas polis sama dengan identitas pemilik mobil. Kamu bisa melihat ini dengan penyamaan STNK/KTP. Jika sama, maka kemungkinan asuransi palsu pun berkurang.
  4. Cari tahu Masa Pertanggungan dan besar preminya. Jika masa berlaku sudah mau habis atau preminya terlalu tinggi, maka lebih baik kamu mencari polis asuransi baru untuk mobil tersebut. 
  5. Lakukan balik nama. Pastikan perusahaan asuransi tahu kalau kamu berniat untuk membeli mobil tersebut, sehingga bisa dilakukan balik nama. Dengan begitu, pemilik lama mobil tidak lagi perlu membayar premi, serta kamu bisa melakukan pengajuan klaim sendiri ketika terjadi risiko.

asuransi jiwa

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Mobil?

Klaim asuransi mobil itu tergolong mudah. Kamu hanya perlu memastikan dokumen yang diperlukan sudah benar dan lengkap. Ada tiga hal yang perlu kamu lakukan, yaitu: 

  • Laporkan kecelakaan. Terutama minta surat keterangan polisi jika memang kerusakan akibat kecelakaan lalu lintas atau tindak kriminal. 
  • Ajukan klaim. Segera beritahu pihak perusahaan asuransi bahwa kamu ingin mengajukan klaim atas kerusakan yang terjadi. Pihak perusahaan biasanya akan memberikan dokumen yang perlu kamu siapkan. 
  • Siapkan dokumen. Pastikan sudah lengkap, benar, dan sesuai dengan polis. Kemudian kumpulkan ke pihak perusahaan. 

Untuk langkah cara klaim asuransi mobil secara lengkap, kamu juga bisa mengecek e-polis atau menanyakan masing-masing perusahaan asuransi.

Berapa Biaya Asuransi Mobil?

Ada banyak hal yang mempengaruhi premi (biaya asuransi mobil) kamu, antara lain: 

  • Jenis asuransi mobil;
  • Wilayah pertanggungan; serta
  • Jenis dan harga kendaraan kamu.

Pada umumnya, asuransi mobil TLO bisa mulai dari Rp 400 ribuan per tahun dan all risk di angka Rp3 juta per tahun.