asuransi rawat jalan

Semua orang menganggap bahwa kesehatan adalah hal terpenting di dalam kehidupan. Bahkan sudah ada asuransi yang digunakan untuk melindungi kesehatan itu sendiri. Tetapi sebelum memutuskan untuk membeli asuransi, orang-orang pada umumnya dihadapkan pada dua pilihan yang membingungkan karena tidak tahu perbedaan rawat inap dan rawat jalan.

Perbedaan Rawat inap & Rawat Jalan yang Wajib Diketahui Sebelum Memilihnya

Jika tidak mengetahui perbedaan dari 2 asuransi tersebut, Kamu akan bingung untuk memilihnya. Keduanya pun mempunyai kelebihan masing-masing. Pada umumnya, kebanyakan orang sering memilih asuransi rawat inap. Hal itu karena biasanya rawat inap membutuhkan biaya yang cukup mahal. Berikut ini perbedaan antara asuransi rawat jalan dan asuransi rawat inap.

1. Asuransi Rawat Jalan

Asuransi rawat jalan ini merupakan asuransi berjenis perlindungan terhadap biaya-biaya yang dikeluarkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter, diagnosa penyakit, serta obat-obatannya. Asuransi jenis ini biasanya memberikan Kamu manfaat tambahan selepas rawat inap di rumah sakit. Sehingga asuransi rawat jalan digunakan untuk beberapa kali untuk melakukan cek kesehatan.

Asuransi rawat jalan sendiri biasanya membatasi perlindungan yang diberikan kepada Kamu. Pembatasan tersebut misalnya seperti dokter umum yang harus memberikan rujukan ke dokter spesialis, jumlah rumah sakit yang bermitra dengan pihak asuransi, jumlah kunjungan melakukan pemeriksaan, dan lainnya. Namun asuransi rawat jalan adalah hal penting yang perlu dimiliki.

Adapun hal-hal yang perlu diketahui dalam asuransi rawat jalan di antaranya yaitu:

  • Asuransi rawat jalan memberikan Kamu perlindungan seperti perawatan di rumah, tetapi masih tetap dalam pengawasan dokter yang sesuai dengan keluhan yang dirasakan. 
  • Kamu disarankan memilih asuransi rawat jalan Super You ketika mempunyai penyakit kronis yang butuh ditangani dokter di luar rumah sakit seperti kontrol kesehatan. Perlu diketahui juga bahwa ada beberapa produk asuransi ini yang memberikan Kamu manfaat kontrol mata dan gigi oleh dokter-dokter spesialis.
  • Kamu hanya dapat memilih jenis-jenis risiko penyakit yang hanya ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi saja.
  • Pihak perusahaan asuransi pada umumnya menerapkan kebijakan-kebijakan dalam melakukan pelayanan, contohnya seperti pembatasan rumah sakit yang dapat Kamu kunjungi untuk melakukan pengobatan, dan sebagainya.

Baca Juga : 10 Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenisnya

2. Asuransi Rawat Inap

Asuransi rawat inap adalah jenis asuransi yang memberikan Kamu perlindungan apabila harus mendapatkan rawat inap atau perawatan di rumah sakit. Asuransi jenis ini dapat dipakai untuk mendapatkan perawatan untuk penyakit tertentu yang membutuhkan penanganan khusus. Selain itu, Kamu juga akan membutuhkan asuransi ini pada saat proses pemulihan pasca operasi. Di Super You, kamu bisa memilih asuransi My Hospital Protection dimana kamu akan mendapatkan manfaat biaya rawat harian rumah sakit, biaya rawat harian ICU, pertanggungan tutup usia, dan lainnya.

Mulai dari Rp.39.500 per bulan. Yakin gak mau coba?

Berikut yang akan didapatkan saat mempunyai asuransi rawat inap di antaranya sebagai berikut:

  • Asuransi rawat inap mempunyai manfaat sesuai dengan namanya, yaitu dapat Kamu gunakan untuk menanggung berbagai biaya berobat ketika diharuskan untuk opname di rumah sakit. Opname tersebut pastinya membutuhkan jangka waktu tertentu sampai Kamu sembuh.
  • Kamu yang mempunyai riwayat penyakit akut dapat memilih asuransi rawat inap. Pasalnya pada saat Kamu mendapatkan serangan penyakit tersebut, pastinya akan membutuhkan pengawasan langsung dari dokter dan tenaga kesehatan yang lain.
  • Asuransi ini bisa dipakai untuk pemilihan kelas kamar tempat Kamu harus melakukan rawat inap di rumah sakit.
  • Berbagai hal yang berhubungan dengan perawatan di rumah sakit pasti membutuhkan biaya selama diopname, bahkan bisa jadi sampai perawatan lanjutan setelah keluar dari rumah sakit.

Baca Juga : Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

 

Perlu diketahui juga bahwa biaya asuransi rawat inap lebih mahal jika dibandingkan dengan asuransi sebelumnya, mengingat manfaat yang didapatkan lebih besar. Setelah mengetahui perbedaan rawat inap & rawat jalan, Kamu pun dapat memutuskan asuransi sesuai dengan yang dibutuhkan. Selain asuransi My Hospital, di Super You kamu juga bisa mencoba asuransi penyakit kritis Super Strong Protection. Cuma mulai dari Rp.28.500 per bulan. Yuk, klik banner dibawah ini untuk pelajari lebih lanjut.

SHARE

Artikel Terkait Lainnya