asuransi rumah

Rumah adalah salah satu kebutuhan primer. Nyatanya jika tidak ada rumah, kita akan lebih rentan terkena risiko penyakit dan kejahatan.

Mendapatkannya pun semakin lama semakin sulit, karena harga rumah yang kian meninggi. Karena itu, ada baiknya jika kita menjaga rumah atau properti yang kita tinggali.

Jika rumah berfungsi melindungi kita, maka sudah sewajarnya kita melindungi rumah melalui asuransi rumah. Yuk, baca lebih soal asuransi rumah!

 

Apa itu asuransi rumah?

Asuransi rumah merupakan sebuah jenis asuransi yang menutupi semua risiko finansial yang mungkin terjadi pada rumah atau properti seseorang. Mengingat tidak ada yang bisa memprediksi kapan musibah atau kecelakaan terjadi, rumah pun perlu diasuransi.

 

Apa saja manfaat asuransi rumah?

Manfaat asuransi rumah bermacam-macam, tergantung oleh jenis produk asuransi yang dipilih. Secara umum, berikut risiko yang mungkin ditanggung:

  • Kebakaran rumah;
  • Sambaran petir yang menyebabkan kerusakan pada rumah;
  • Risiko ledakan;
  • Jatuhnya pesawat terbang pada rumah;
  • Asap kebakaran yang menyebabkan kerusakan pada rumah;
  • Bencana alam, seperti angin topan, gempa bumi, atau tsunami;
  • Pencurian atau pembobolan;
  • Dan banyak lainnya!

Karena jenis risiko yang ditanggung berbeda-beda untuk setiap produk asuransi, pastikan kamu membaca isi polis asuransi dengan baik. Selain itu, jenis asuransi rumah juga dapat dibagi menjadi dua, yaitu Asuransi Kebakaran dan Property All Risk.

 

Baca Juga : 10 Manfaat Asuransi Secara Umum dan Berdasarkan Jenisnya

 

1. Asuransi Kebakaran

Produk Asuransi Kebakaran biasanya sudah disesuaikan dengan Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI). PSAKI biasanya memiliki perlindungan atas 5 risiko dasar, yaitu Kebakaran, Petir, Ledakan, Jatuhnya Pesawat, dan Asap.

Namun, beberapa produk Asuransi Kebakaran dapat menawarkan perlindungan tambahan, seperti untuk risiko kerusuhan, banjir, dan lainnya. Jika manfaatnya tidak disebutkan di dalam polis, maka risiko tersebut tidak akan masuk ke dalam kasus perlindungan. Hal inilah mengapa polis Asuransi Kebakaran kerap disebut “named perils”.

 

2. Property All Risk

Berbeda halnya dengan Asuransi Kebakaran, polis Property All Risk termasuk kategori “unnamed perils” dan lebih berfokus kepada pengecualian. Ini berarti polis melindungi rumah dari segala risiko yang ada, jika risiko tersebut tidak tertulis secara spesifik di dalam pengecualian. Karena itu, produk yang satu ini cenderung lebih mahal.

 

Tips & trik memilih asuransi rumah yang bagus

Sebelum memilih asuransi rumah, kamu perlu untuk mempertimbangkan beberapa hal dengan matang. Terutama mengingat bahwa pilihan untuk produk asuransi rumah sudah sangat bervariasi. Nah, berikut adalah beberapa poin yang bisa kamu perhatikan secara lebih:

1. Pilih perusahaan asuransi yang dapat kamu percaya

Produk asuransi rumah yang bagus biasanya datang dari perusahaan asuransi yang dapat dipercaya. Pastikan bahwa perusahaan asuransi yang kamu pilih sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan begitu, risiko kamu tertipu pun menjadi lebih kecil.

Jika bisa, cari juga perusahaan asuransi yang terkenal akan layanannya yang baik, terutama perihal klaim. Selain itu, cari tahu lebih tentang pengalaman perusahaan asuransi tersebut.

2. Perhatikan jenis asuransi rumah dalam produk 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada dua jenis asuransi rumah, yaitu Asuransi Kebakaran dan Property All Risk (PAR). Hal ini perlu diketahui karena sifatnya yang berbeda. Asuransi Kebakaran lebih berfokus pada manfaat yang spesifik (named perils), sementara Property All Risk mengcover semua risiko jika tidak secara spesifik disebutkan dalam pengecualian (unnamed perils).

 

Baca Juga : Bingung Pilih Asuransi, Ini 7 Jenis Asuransi untuk Kamu!

 

3. Baca polis dengan teliti

Ketika kamu mendapatkan polis asuransi, kamu mempunyai hak untuk mempelajari polis. Masa mempelajari polis ini disebut juga free look period dan biasanya bertahan hingga 14 hari. Dalam 14 hari ini, kamu bisa mempelajari polis lebih lanjut untuk melihat apakah manfaat dan pengecualian risiko sesuai dengan kebutuhan kamu.

4. Pastikan manfaat yang diberikan sudah cukup

Kamu bisa melihat ini berdasarkan Uang Pertanggungan dan/atau nominal santunan yang tertulis dalam polis asuransi. Bandingkan besaran Uang Pertanggungan dengan estimasi harga pembangunan rumah kamu jika memang terjadi suatu risiko.

Jika rumah kamu besar, maka kebutuhan asuransi rumah kamu lebih besar. Dengan demikian, Uang Pertanggungan yang kamu perlukan pun lebih tinggi.

 

Kalau rumah saja perlu diasuransikan, apalagi dirimu? 

Pastikan kamu dan keluarga juga sudah terlindungi dengan aman. Baik itu melalui asuransi kesehatan keluarga, atau memberikan asuransi jiwa bagi pencari nafkah utama. Dengan begitu, jika terjadi suatu risiko pada kalian, anggota keluarga yang lain masih bisa bangkit dari risiko finansial yang ada. 

Di Super You by Sequis Online, kamu bisa mendapatkan produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang bagus. Dilatarbelakangi oleh pengalaman lebih dari 35 tahun, Super You juga diawasi oleh OJK dan memiliki sistem keamanan dan kenyamanan yang baik melalui sertifikasi ISO 27001.

SHARE Super you Facebook Super you instagram

Artikel Terkait Lainnya