gen z

Generasi Z, atau Gen Z, adalah nama angkatan setelah generasi Millennial. Pew Research Center mendefinisikan Gen Z sebagai mereka yang lahir pada tahun 1997 hingga 2012. Ini berarti angkatan Gen Z yang tertua kini sudah berusia 23 tahun, yaitu sudah memasuki usia produktif. 

Dengan masuknya Gen Z ke dalam dunia kerja maupun bisnis, tentunya mereka akan mempunyai kebutuhan finansial dasar. Hal ini termasuk rencana tabungan, dana darurat, investasi, dan tidak terlepas juga dari asuransi.

Namun, di usia yang sangat muda, apakah Gen Z perlu asuransi?

Walau terkesan seakan asuransi lebih penting untuk orang tua, tapi asuransi juga penting bagi Gen Z. Pasalnya, Gen Z juga mungkin menghadapi risiko-risiko dalam hidup, hanya saja risiko yang dihadapi mungkin berbeda dibandingkan generasi yang lebih tua. 

Karena itu, yuk mari kita kupas tuntas 5 jenis asuransi yang Gen Z butuhkan.

1. Asuransi Kecelakaan

Anak muda cenderung mempunyai mobilitas yang tinggi. Terutama di zaman sekarang dimana semakin sibuk karena banyak hal yang bisa dilakukan. Sayangnya, ini menyebabkan angka kecelakaan di antara anak muda Indonesia terbilang tinggi. 

Karena itu, risiko yang ingin kamu antisipasi sebagai anak muda adalah risiko kecelakaan. Dengan asuransi kecelakaan diri, kamu bisa melindungi risiko finansial yang datang dari kecelakaan.

Melalui asuransi digital seperti Super You, kamu bisa mendapatkan jenis asuransi ini dengan harga mulai dari Rp36.500 per bulannya. Selain itu, asuransi kecelakaan Super You juga flat, sehingga bertambahnya usia tidak menyebabkan pertambahan premi.

 

2. Asuransi Perjalanan

Selain asuransi kecelakaan, ada baiknya kamu juga mempunyai asuransi perjalanan. Perbedaannya adalah asuransi kecelakaan melindungi keseharian kamu, tetapi asuransi perjalanan melindungi kamu saat sedang bepergian jauh, seperti ke luar kota atau negeri. 

Kamu bisa membeli asuransi perjalanan sekaligus saat pembelian tiket, atau kamu bisa membelinya secara terpisah melalui perusahaan asuransi. 

Harganya pun berkisar mulai dari Rp40.000 hingga Rp80.000 untuk perjalanan domestik, dan Rp75.000 hingga Rp175.000 untuk perjalanan internasional.

asuransi kecelakaan diri

 

3. Asuransi Kendaraan

Jenis asuransi ini penting, terutama bagi kalian yang mempunyai kendaraan pribadi. Entah itu mobil atau motor. Bila asuransi kecelakaan melindungi kamu dari risiko kecelakaan, asuransi kendaraan melindungi kendaraan kamu dari risiko kecelakaan.

Namun, tidak hanya itu. Ada berbagai jenis risiko yang bisa ditanggung oleh asuransi kendaraan. Ada dua jenis asuransi kendaraan, yaitu all risk dan total loss only. 

All risk merupakan asuransi kendaraan yang meliputi risiko perbaikan mobil kecil seperti adanya goresan atau penyok, hingga perbaikan besar, seperti kecelakaan, pembobolan, atau pencurian mobil.Sementara itu, total loss only hanya akan menanggung risiko-risiko dimana yang kerusakannya mencapai 75 persen ke atas.

 

4. Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi yang satu ini merupakan salah satu asuransi dasar yang dapat melindungi kamu dari risiko penyakit. Walaupun mungkin ada fasilitas BPJS Kesehatan, tetapi kamu tetap membutuhkan tambahan asuransi kesehatan untuk bisa digunakan untuk penyakit tertentu yang membutuhkan penanganan yang cepat.

Asuransi kesehatan online pun sudah menjadi lebih terjangkau dengan kemajuan teknologi. Di Super You sendiri, asuransi kesehatan keluarga secara online hanya mulai dari Rp39.500 per bulan, jauh lebih di bawah BPJS Kesehatan.

 

5. Asuransi COVID-19

Di tengah pandemi COVID-19, ada baiknya kamu mempunyai jenis asuransi satu ini. Kamu bisa mendapatkan perlindungan dari risiko finansial yang diakibatkan oleh terjangkit COVID-19.

Di Super You sendiri, ada dua produk asuransi yang mencangkup risiko meninggal dari COVID-19, yaitu asuransi jiwa Super Life dan asuransi penyakit kritis Super Strong. Mulai dari harga premi Rp28.500 per bulan, kamu bisa mendapatkan perlindungan yang kamu perlukan!

super life corona

SHARE

Artikel Terkait Lainnya