Bisnis franchise

Teman SUPERjuangan, beberapa tahun belakangan ini bisnis franchise sangatlah digandrungi, terutama bagi pemula dalam dunia usaha. Bisnis franchise dinilai sudah memiliki gambaran modal yang pasti, serta reputasi bisnis yang cukup baik. Pantas saja kalau bisnis franchise kian menjamur.

Dengan adanya bisnis franchise ini, kamu udah nggak pusing lagi mikirin konsep awal, perhitungan modal, menentukan pasar, hingga memperkenalkan produkmu. Sementara kalau nggak, kamu membutuhkan waktu lebih lama untuk merencanakan usaha baru dari nol. 

Bisnis franchise adalah solusi usaha buat yang minim pengalaman. Tapi, tau nggak sih, bisnis franchise apa yang terpopuler sekarang? Ternyata, bisnis franchise minuman masih dipraktikkan hingga saat ini. Bisnis franchise tersebut banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia.

Table of Contents

Meski begitu, untuk berhasil memulai bisnis franchise, kamu harus mengetahui tahapan awal yang harus dipersiapkan, terlebih memilih bisnis franchise yang tepat. Pastinya agar keuntungan bisnis franchise bisa kamu dapatkan. Yuk, pelajari selengkapnya soal bisnis franchise dalam artikel berikut.

Arti Franchise dalam Bisnis

Mungkin sebagian Teman SUPERjuangan masih awam dengan arti franchise dalam bisnis. Dan sebelum menentukan ide bisnis franchise, kita harus paham dulu apa arti franchise dalam bisnis. Sederhananya, franchise adalah mempersilakan seseorang untuk menjual produk dan/atau jasa yang sama di tempat lain. 

Kalau kita mencari arti franchise dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), franchise adalah kerjasama di dalam bidang usaha dengan cara bagi hasil sesuai kesepakatan; hak kelola; serta hak pemasaran. Nah, franchise juga dikenal dengan istilah waralaba.

Sebab menurut Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 71 Tahun 2019, franchise adalah hak khusus yang dimiliki oleh perseorangan atau badan usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang terbukti berhasil sehingga digunakan pihak lain berdasarkan Perjanjian Waralaba.

Dalam bisnis franchise, kamu juga akan mengenal pihak-pihak yang terlibat, disebut si franchisor dan si franchisee. Untuk franchisor merupakan pihak yang punya merek dagang utama, misalnya nih sebuah franchise makanan. Sedangkan, untuk franchisee merupakan pihak yang memanfaatkan merek dagang tersebut. Sekarang kamu sudah mengerti makna dari bisnis franchise, kan?

Keuntungan Bisnis Franchise

Keuntungan bisnis franchise
Sumber: https://www.freepik.com

Sebenarnya kamu pun udah nggak asing dengan bisnis franchise, yang mana kamu pasti pernah makan di restoran yang punya banyak cabang, tapi pemiliknya berbeda. Itulah namanya bisnis franchise, Teman SUPERjuangan.

Kalau kamu penasaran nggak sih, kenapa seorang pegiat usaha lebih memilih bisnis franchise ketimbang bangun usaha sendiri? Ternyata, ada banyak sekali keuntungan bisnis franchise. Bahkan, dinilai aman bagi kita yang baru banget merintis usaha nih. Ini dia keuntungan bisnis franchise!

  • Merek sudah dikenal

Keuntungan bisnis franchise yang pertama, kita memanfaatkan merek dagang yang telah teruji dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan, dianggap mempunyai basis pelanggan yang loyal loh. Keuntungan ini juga membuat kita melakukan promosi secara minimal, alias berkat brand awareness yang kuat. 

  • Manajemen bisnis sudah terbangun

Bisnis franchise bukan cuma membeli merek dagang, tapi juga manajemen bisnis yang sudah terbangun. Sebab, si franchisor membuka bisnisnya saat sudah matang atau terbentuk dengan baik. Maka, kita pun ikut menjalankan operasi bisnis yang sama tersebut sebagai keuntungan bisnis franchise.

  • Kualitas produk relatif terjaga

Selain merek sudah terkenal, bikin kita nggak perlu lagi mikir soal bahan baku, cara membuatnya, sampai dengan menjaga kualitas produk itu sendiri. Keuntungan bisnis franchise satu ini akan memudahkan kita menjalankan usaha serta menarik pelanggan untuk datang kembali. 

  • Risiko lebih rendah

Keuntungan bisnis franchise juga menawarkan analisa pasar serta peluang usaha yang mendalam dan menjanjikan sehingga risiko kegagalannya bisa jauh lebih rendah. Dibandingkan memulai bisnis dari awal, perkembangan bisnis franchise relatif lebih cepat.

  • Mendapat dukungan dan bimbingan

Keuntungan bisnis franchise lainnya, mendapatkan dukungan dan bimbingan dari si pemilik usaha utama. Walau kelihatannya mudah, dukungan dan bimbingan sangatlah dibutuhkan, terutama dalam pelatihan. Hal ini demi perkembangan bisnis franchise yang stabil bahkan lebih menguntungkan ke depannya.

Kekurangan Bisnis Franchise

Jika sebelumnya kita sudah melihat banyaknya keuntungan bisnis franchise, tetap ada sedikit kekurangan bisnis satu ini. Artinya, memang tidak ada yang sempurna mengingat franchise sama dengan metode duplikasi. Kita pun perlu mengetahui kekurangan bisnis franchise tersebut sebagai bahan pertimbangan. Intip beberapa kekurangan bisnis franchise di bawah, yuk!

  • Ketergantungan dengan pihak franchisor

Meskipun standar operasional sudah terbentuk, di sisi lain hal ini malah bikin kamu bergantung dengan si franchisor yang memiliki kendali penuh sama bisnis franchise kamu. Selain itu, kalau terjadi masalah, bisa berpengaruh negatif terhadap kondisi bisnis franchise kita karena terikat oleh satu merek.

  • Sulit melakukan inovasi

Mirip seperti sebelumnya, meski kita mendapat dukungan dan bimbingan, nyatanya agak sulit melakukan inovasi loh. Padahal kebutuhan pasar bisa berubah yang harusnya bisnis franchise kita bisa menyesuaikan diri lewat kreativitas karena terpatok dengan satu supplier tadi.

  • Biaya awal atau tetap tinggi

Dikatakan franchise murah sekalipun, kita akan tetap mengeluarkan banyak biaya sebagai modal awal, royalti setiap bulannya atau biaya lain. Hal ini bisa jadi hambatan bagi yang punya keterbatasan modal. Nggak cuma itu, jadi beban keuangan yang signifikan.

  • Kompetisi dan ketidakpastian pasar

Mungkin kita sudah memilih franchise murah yang dilihat sangat berhasil, tapi itu di suatu tempat. Di lingkungan kita sendiri belum tentu atau perubahan tren. Adapun kompetisi internal dengan franchisee lain dalam daerah yang sama juga menjadi kekurangan bisnis franchisee.

Contoh Bisnis Franchise

Contoh Bisnis Franchise
Sumber: https://www.freepik.com

Tahu nggak, ternyata contoh bisnis franchise nggak cuma ada franchise makanan atau franchise minuman aja. Nah, contoh bisnis franchise ada ritel, kategori yang termasuk swalayan, toko pakaian, toko buku, dan toko elektronik.

Contoh bisnis franchise lain ada juga layanan, kategori yang termasuk misalnya agen perjalanan, laundry, penyewaan barang, hingga pengiriman paket. Ada juga pendidikan, kategori yang termasuk tempat kursus atau pelatihan.

Contoh bisnis franchise selanjutnya ada kesehatan dan kecantikan, kategori yang termasuk klinik medis, salon, atau barbershop. Sementara contoh bisnis franchise hiburan, kategori yang termasuk bioskop atau tempat bermain. 

Kalau contoh bisnis franchise otomotif udah pasti sering berhubungan dengan kendaraan, kategori yang termasuk bengkel, jual aksesorisnya, bahkan dealer itu sendiri. Dan masih banyak lagi. Mana contoh bisnis franchise yang paling menarik menurut kamu nih, Teman SUPERjuangan?

Tips Memulai Bisnis Franchise

Apakah benar memulai bisnis harus dengan franchise murah biar nggak rugi? Atau, karena bisnis franchise saat ini banyak dilirik oleh pegiat usaha, kalau dipikir-pikir bakal berkembang nggak sih? Tenang, franchise makanan atau franchise minuman, franchise murah atau franchise mahal bisa dong jika melalui kiat-kiat berikut ini!

1. Pelajari seluk-beluk bisnis franchise

Kayak kata orang dulu, cari tahu bibit, bebet, dan bobotnya. Nah, begitu pula dengan tahapan memulai bisnis franchise. Kita wajib paham usaha yang kita geluti bisa dari berbagai sumber. Salah satunya melihat sudah sejauh mana bisnis franchise tersebut berkembang di tempat lain. 

2. Selektif memilih mitra bisnis franchise

Pertimbangkan minat usaha kita. Tapi, itu aja nggak cukup, beberapa tips pilih bisnis franchise yang tepat adalah dibutuhkan oleh banyak orang, cek latar belakang bisnis franchise tersebut, pahami juga proyeksi keuangan yang diberi, serta bandingkan dengan bisnis franchise lainnya.

3. Rencanakan modal

Bisnis franchise murah pun memerlukan modal. Setelah memilih mitra yang tepat, tahapan selanjutnya merencanakan modal yang harus kita keluarkan untuk franchisor, sewa tempat, membeli bahan baku, dan sebagainya. Dari mana modal tersebut pun berasal menjadi faktor penting.

4. Pilih lokasi yang tepat

Hati-hati dalam memilih pasar alias tempat bisnis franchise kita dibangun. Sebaiknya, lakukan riset terlebih dahulu secara menyeluruh, akankah ide bisnis franchise ini akan bertumbuh di situ, juga pertimbangkan persaingan yang ada, nggak cuma terpaku dengan tren saat ini.

5. Pahami kontrak kerja

Ketika kamu sudah mendapatkan dana alias modal, segera pahami kontrak kerja dengan franchisor. Dengan menandatangani kontrak kerja, berarti kamu udah menyetujui perjanjian di dalamnya. Karena itu, pastikan kamu udah membaca keseluruhan isi kontrak kerja, ya.

6. Ikut pelatihan serta standarisasi

Teman SUPERjuangan, jangan ragu untuk ikuti pelatihan dan standarisasi yang disediakan si franchisor. Pelatihan ini sebenarnya bertujuan agar nama merek dan kualitas produk terjaga. Sebaliknya, kita juga bisa melihat gimana cara franchisor membangun hubungan kerja dengan para franchisee.

Ide Bisnis Franchise

Ide Bisnis Franchise
Sumber: https://es-teh-indonesia-sesetan.business.site

Kadang lebih tampak contoh bisnis franchise makanan sama franchise minuman aja, ya. Memang nggak dipungkiri kedua contoh bisnis franchise tersebut masih merajai dunia bisnis franchise sampai sekarang. Para franchisor pun berlomba-lomba menyediakan bisnis franchise tersebut bagi para franchisee.

Nah, buat Teman SUPERjuangan yang tertarik dengan bisnis franchise makanan dan franchise minuman, tapi takut bikin mata melotot alias mahal banget. Adakah franchise murah modal dua jutaan aja? Simak rekomendasi ide bisnis franchise di bawah ini!

  • Bisnis franchise MIXUE

Ide bisnis franchise minuman pertama, Supermin rekomendasikan Mixue. Siapa coba yang tidak kenal merek dagang satu ini, menawarkan ice cream serta minuman dingin. Menunya dibanderol murah, nah bagaimana dengan harga franchise Mixue? Diketahui mulai 300 jutaan nih, guys. Tapi, franchisee mereka berhasil meraup keuntungan yang katanya lumayan cepat loh.

  • Bisnis franchise ES TEH INDONESIA

Kalau mau menjual menu minuman yang lebih beragam, ide bisnis franchise minuman satu ini sangat cocok untuk kamu, yakni Es Teh Indonesia. Harga franchise Es Teh Indonesia diketahui mulai 200 jutaan sudah termasuk ruko. Ide bisnis franchise satu ini pernah menduduki sebagai yang paling populer dengan jumlah 945 outlet di Indonesia.

  • Bisnis franchise MIE GACOAN

Sering ramai diserbu pembeli, segini dana yang perlu kamu siapkan untuk buka ide bisnis franchise Mie Gacoan. Diketahui mulai 125 jutaan. Tapi, Mie Gacoan masih eksis sampai saat ini, dengan menu mie pedas andalan harga pas di kantong. Disinyalir kamu bakal mendapat keuntungan bisnis franchise makanan satu ini termasuk dalam waktu cepat.

  • Bisnis franchise ROTI BAKAR NUSANTARA

Bisnis franchise murah untuk yang baru memulai dengan modal kecil, tentu ada dong. Kamu bisa pilih ide bisnis franchise Roti Bakar Nusantara, guys. Pasalnya, hampir setiap orang menyukai roti bakar. Nah, dengan modal 2 jutaan aja,  kamu udah bisa punya bisnis franchise makanan yang amat menguntungkan. Gimana mau coba juga nggak?

Itu dia pembahasan kali ini tentang bisnis franchise. Perlu diingat untuk memilih yang pasti-pasti, Teman SUPERjuangan. Sama halnya pilih asuransi kesehatan pun nggak boleh sembarangan. Kini Super You by Sequis siap menjadi andalan untuk perlindungan cerdas kamu dengan Super Care Protection. Manfaat rawat jalan dan rawat inap di rumah sakit terbaik pertanggungan hingga 1,5 miliar!

Artikel Terkait