buku investasi saham

Sebelumnya kita telah membahas mengenai 5 rahasia investasi saham Warren Buffett. Mari lanjutkan belajar dengan 5 rekomendasi buku investasi saham yang dapat dibaca untuk pemula maupun investor berpengalaman!

5 Rekomendasi Buku Investasi Saham untuk Semua Pelajar

Berikut ini adalah 5 rekomendasi buku yang bisa digunakan untuk pemula belajar invest saham, maupun digunakan bagi yang sudah berpengalaman untuk mereka kembali ke awal:

Baca Juga: Pemula di Dunia Saham? Berikut Rekomendasi Saham Blue Chip 2021

 

  • The Intelligent Investor oleh Benjamin Graham

Buku yang diterbitkan pada tahun 1949 oleh pakar ekonomi yang dijuluki “bapak investasi” Benjamin Graham ini merupakan salah satu buku favorit Warren Buffett, yang masuk ke daftar nomor 9 orang terkaya di dunia. Tidak heran buku ini menjadi kitab suci bagi para pelajar investor saham.

Buku ini tidak hanya membahas mengenai strategi investasi yang didukung oleh informasi pasar modal dahulu, tetapi juga membahas tipe-tipe investor terutama saat menunggu waktu yang tepat untuk mereka menebak saham dengan valuasi murah. Meski diterbitkan lebih dari 50 tahun yang lalu, buku ini masih cocok dengan sekarang.

  • Invested oleh Danielle Town

Buku yang dirilis oleh Danielle Town ini cocok untuk para pemula yang ingin belajar investasi saham. Town adalah seorang pengacara, dan belajar banyak mengenai saham dari ayahnya. Meski tidak banyak membahas mengenai strategi, teknik dan analisis saham, buku ini cocok untuk pemula karena buku ini menceritakan mengenai perjalanan Town mempelajari saham dalam 12 bulan, dan memberikan perspektif menarik.

  • Rich Dad Poor Dad oleh Robert T. Kiyosaki

Robert T. Kiyosaki menekankan kepentingan mengerti finansial dan melakukan investasi untuk mendapatkan keuntungan dan mendapatkan kebebasan finansial. Kiyosaki membahas mengenai perbedaan dari orang kaya dan miskin dimana orang miskin bekerja demi uang, dan orang kaya bekerja untuk belajar. Untuk Kiyosaki, aset yang sesungguhnya menambah pendapatan, bukan mengurangi pendapatan.

asuransi digital

  • The Money Game oleh George Goodman

Buku karya George Goodman yang terbit tahun 1968 ini gampang untuk dipahami karena menjelaskan investasi saham dengan bahasa yang mudah. Goodman berkata untuk menggambarkan pasar saham sebagai sebuah permainan, dan mengambil contoh dari kondisi saham Wall Street di tahun 1960an.

  • The Essays of Warren Buffett: Lessons for Corporate America oleh Warren Buffett

Kumpulan esai ini memberikan pandangan dari sisi Warren Buffett sebagai investor modern tersukses mengenai beberapa topik yang penting disimak untuk para pemegang saham dan perusahaan Amerika. Buffett membahas analisa teknikal saham, dan belajar mengenai manajemen perusahaan, keuangan, merger, dan akuisisi, investasi, dan lainnya.

Baca Juga: Investasi Saham, Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya

 

Cara memilih buku terbaik untuk belajar saham

Dengan meningkatnya ketertarikan pada investasi saham, semakin banyak juga buku mengenai investasi. Namun, dari banyaknya buku yang ada di pasaran, yang manakan yang diperlukan? Nah, ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencari buku investasi mana yang kamu perlukan:

 

  • Latar Belakang Penulis

Tidak hanya saat memilih buku investasi saham, selalu lihat dan ketahui latar belakang penulis saat memilih buku pembelajaran apapun. Mengetahui latar belakang sang penulis dapat memberikan informasi mengenai penguasaan topik sang penulis serta membantu menentukan kualitas tulisan, dan informasi yang ada di buku.

  • Cek Materinya

Mengetahui materi yang ingin dipelajari akan mempermudah saat memilih buku. Ini karena topik mengenai investasi saham sangat luas dan banyak. Tidak hanya saat memilih buku, tetapi saat belajar juga akan lebih mudah apabila materinya sudah dikurasi.

  • Pilih Sesuai Kebutuhan

Pemilihan buku sesuai kebutuhan bisa juga dilihat dari apakah buku tersebut karya orang luar negeri atau dalam negeri. Buku karya luar negeri akan lebih memiliki kasus yang mendalam mengenai investasi saham secara mendunia dimana buku karya dalam negeri akan lebih mudah dipahami dari sisi bahasa.

 

Demikian ulasan buku investasi saham yang bermanfaat untuk pemula maupun investor berpengalaman. Selain buku, ketahui juga tips investasi dari investor terkenal seperti Lo Kheng Hong. Tetapi untuk bisa belajar dengan tepat, buku yang digunakan juga harus yang sesuai dengan kebutuhan, jangan lupa untuk mengikuti cara pemilihan buku di atas. Apabila tidak menemukan buku rekomendasi diatas dalam bentuk fisik, bisa juga dibaca dalam bentuk ebook yang lebih gampang untuk didapatkan.

Artikel Terkait