cara bisnis online

Sampai saat ini bisnis online tetap menjadi andalan di tengah situasi apa pun. Urusan jual beli jadi lebih mudah dengan transaksi online. Bahkan dengan bisnis online banyak pebisnis yang mendapat keuntungan tak terduga.

Pasti di antara kamu ada yang bertanya bagaimana memulai bisnis online. Berikut tips membangun bisnis online dari awal atau dari nol.

Apa yang Akan Dijual

Pertama kamu harus paham apa yang mau dijual. Dapat berupa barang atau jasa. Diusahakan kamu harus memahami betul detail produk yang akan kamu jual. Pemahaman kamu sangat membantu kamu mengerti tentang kualitas produk dengan harga dan target customer.

Setelah mengetahui apa yang akan dijual, penting bagi kamu untuk memahami selera pasar. Apakah sedang trending, apakah memang dibutuhkan oleh orang dan mereka ingin memiliki barang atau produk tersebut.

Contoh 5 Bisnis Modal Kecil dari Rumah

Cari Tahu Tentang Kompetitor

Hal penting lain adalah riset kompetitor. Cari tahu apa yang kompetitor tawarkan sehingga banyak customer yang tertarik membeli. Lihat berapa banyak rating dan review. Hal ini cukup mempengaruhi barang atau produk yang akan dijual. Setelah mengetahui tentang kompetitor, kamu bisa menentukan seberapa besar kualitas barang yang mau dijual.

Cari Supplier

Berikut adalah mencari supplier untuk bisnis online kamu. Membangun bisnis online, tentu membutuhkan koneksi yang banyak agar kamu bisa dengan cermat memilih produk dan kualitas yang akan dijual secara online. Kamu juga bisa mencoba kerjasama sebagai dropshipper atau reseller.

Desain Brand

Jika sudah tahu apa yang mau dijual, tentu kamu membutuhkan “brand”. Kamu harus membuat brand bisnis online yang bikin orang percaya. Karena pada umumnya kepercayaan pelanggan terbangun dari suatu citra bisnis itu sendiri. Kamu bisa lihat brand ternama seperti Zara, Nike, dan lainnya. Nama, logo, dan citra brand begitu melekat pada orang-orang ditambah dengan kualitas yang mereka tawarkan.

Butuh Proposal Bisnis Plan?

Membuat Website dan Media Sosial

Untuk menjalankan bisnis online pastinya kamu membutuhkan website dan media sosial untuk menjadi toko online bagi produk-produk kamu. Jika kamu tidak memiliki budget lebih untuk membuat website, kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram. Selain itu, kamu juga bisa memajang produk-produk kami di aplikasi jual beli online seperti Tokopedia, Blibli, Shopee, dan lainnya. Dengan begitu, customer akan dengan mudah menemukan produk kamu.

Melakukan Promosi

Sebagai usaha untuk brand awareness, sebaiknya kamu melakukan promosi gratis hingga berbayar. Dengan begitu dapat membantu meningkatkan volume penjualan terhadap produk kamu. Kamu bisa memanfaatkan Facebook dan Instagram ads untuk mempromosikan brand kamu.

Mempertahankan Pelanggan Kamu

Jika kamu sudah mendapat pelanggan setia, maka kamu wajib mempertahankannya. Misalnya kamu memberikan reward belanja mereka atau bonus diskon menarik agar mereka tetap menjadi pelanggan setia kamu. Mudah bukan?

Untuk menjalankan bisnis, apakah itu online atau offline kamu membutuhkan perencanaan finansial yang stabil sehingga tidak merugikan kamu. Usahakan selain modal bisnis, kamu harus memiliki dana darurat untuk keperluan pribadi, dan asuransi umum untuk melindungi kamu dari resiko yang mungkin saja terjadi.

Dapatkan Berbagai Jenis Perlindungan Asuransi.
Premi Mulai Rp 30 ribuan

sequis

SHARE

Artikel Terkait Lainnya