mengatur keuangan thr

Sebelum tergiur promo THR 2021, kamu perlu pastikan keuangan kamu sudah kokoh tahun ini. Apalagi dengan adanya pandemi COVID-19 yang masih mewabah, ikuti cara mengatur keuangan THR Lebaran kamu di artikel berikut!

Kapan THR 2021 Cair?

THR 2021 bisa mulai dibayarkan dari tanggal 28 April 2021 hingga paling lambat 7 hari sebelum Lebaran, yaitu tanggal 6 Mei 2021.

Perhitungan THR 2021

Perhitungan THR tergantung pada lamanya kamu bekerja dan status pekerja kamu. Berikut adalah cara menghitung THR jika kamu pegawai tetap:

  • Sudah bekerja lebih dari 12 bulan (1 tahun): 1 bulan gaji
  • Bekerja lebih dari 1 bulan tapi kurang dari 1 tahun: Bulan kerja dibagi 12 dikali 1 bulan gaji. Misalnya kamu sudah kerja 4 bulan dan gaji kamu Rp6 Juta, maka THR kamu adalah 4 dibagi 12 kali 6 Juta, yaitu Rp2 Juta.
  • Kurang dari 1 bulan: Tidak dapat THR.

Jika kamu merupakan pegawai dengan perjanjian kerja harian, maka THR kamu dihitung dari rata-rata gaji bulanan kamu selama setahun terakhir.

Cara Mengatur Keuangan untuk THR

Sebelum tergiur promo THR yang tidak penting, pastikan kamu sudah menyisihkan THR kamu untuk kepentingan berikut.

1. Bayar Utang Dulu

Jika kamu masih mempunyai hutang, maka THR kamu wajib digunakan untuk melunasi hutang tersebut. Dengan cara melunasi hutang ini, kamu pun akan lebih lega dan tenang untuk ke depannya.

Baca Juga: Lebih Penting Bayar Utang atau Menabung Dulu?

2. Buat Budget

Tentunya menjelang Lebaran, akan ada keperluan-keperluan yang perlu kamu sisihkan. Misalnya bayar zakat, mudik, atau lainnya. Namun, pastikan kamu bisa membuat budget berdasarkan kebutuhan keuangan kamu, bukan keinginan. 

Baca Juga: Budgeting: Pengertian, Fungsi, dan Tips Cara Membuatnya

3. Perkuat Kebutuhan Keuangan Dasar

Keuangan pribadi kamu perlu pondasi yang kuat untuk bertahan tahun demi tahun. Untuk itu, pastikan kamu sudah mempunyai kebutuhan keuangan dasar, seperti asuransi dan dana darurat.

Baca Juga: Dana Darurat Atau Asuransi, Pilih yang Mana?

Jika kamu lebih memilih perlindungan asuransi, kamu bisa jauh lebih menghemat jika beli produk tahunan dengan THR kamu. Kamu bisa mendapatkan 1 bulan gratis, serta tidak perlu bayar biaya admin berkali-kali. 

SHARE Super you Facebook Super you instagram

Artikel Terkait Lainnya