cara membedakan emas asli dan palsu

Emas adalah salah satu jenis investasi yang umum, tetapi untuk melakukan investasi emas harus waspada dari tipuan dan tahu cara membedakan emas asli dan palsu. 

Banyak oknum yang memoles emas palsu hingga terlihat asli demi menguntungkan diri sendiri, tetapi tenang saja karena banyak cara untuk mengetahui perbedaan emas asli dan palsu. 

Mari pelajari 7 cara membedakan emas asli dan palsu.

Table of Contents

Emas

emas

Investasi emas merupakan salah satu jenis investasi yang populer dilakukan karena nilai, kelangkaan, ketahanannya terhadap korosi, konduktivitas listrik, kelenturan, dan keindahannya. Emas juga merupakan salah satu jenis logam mulia dengan nilai yang cukup tinggi sebab untuk mendapatkannya pun lumayan sulit dimana harus menggali dalam ke perut Bumi. 

Banyak yang mengira bahwa emas sudah aja sejak Bumi terbentuk, tetapi aslinya emas baru muncul setelah terjadinya tabrakan meteorit lebih dari 200 juta tahun setelah bumi terbentuk, lho. 

Lalu bagaimana emas masuk ke dalam perut Bumi?

Emas bisa ada di dalam perut Bumi karena saat pembentukan Bumi, besi cair masuk ke dalam pusat planet dan membentuk inti. Hal ini menyebabkan tidak hanya emas yang terbentuk, tetapi seluruh logam mulia. Karena tabrakan meteorit ini, bumi berlapis kandungan emas, platinum dan banyak unsur lainnya. 

Emas Sebagai Logam Mulia

Emas adalah salah satu jenis logam mulia, tetapi apa itu logam mulia?

Secara definisi, logam mulia adalah logam yang terbentuk secara alami dengan nilai ekonomi yang tinggi. Selain itu salah satu kriteria dari logam mulia adalah kelangkaan dan diperlukan untuk berbagai kegunaan serta tahan terhadap korosi. 

Semua karakteristik logam mulia ada pada emas yang menyebabkan emas disebut sebagai logam mulia dan memiliki nilai investasi. 

Investasi Emas 

Sekarang untuk mendapatkan emas tidak perlu menambang emas secara langsung, melainkan bisa dengan membeli dalam bentuk perhiasan atau juga bisa membeli emas dalam bentuk batangan.

Banyak yang berpikiran bahwa perlu memiliki banyak uang untuk melakukan investasi emas, dan memang diperlukan uang yang banyak. Namun, tidak usah khawatir, jika tertarik melakukan investasi emas karena sekarang bisa dilakukan secara kredit atau cicil, bisa juga dilakukan dalam bentuk tabungan emas.

Emas adalah salah satu logam mulia yang populer sebagai investasi jangka panjang karena sifatnya yang tahan inflasi dan cenderung mengalami kenaikan nilai.

Jenis – Jenis Emas

Jenis – Jenis Emas

Pada umumnya emas akan berwarna kuning, tetapi masih banyak jenis – jenis emas lainnya. Yuk, ketahui 8 jenis emas selain emas kuning di bawah ini.

1. Emas Putih 

Ciri ciri emas putih adalah warna silver elegannya yang didapatkan dengan mencampurkan perak, timah atau nikel.

2. Emas Abu – Abu 

Emas abu – abu diciptakan dengan mencampurkan emas murni dengan tembaga dan besi untuk menciptakan warna yang mirip dengan emas putih, tetapi meskipun mirip, emas abu – abu tidak mengkilap seperti emas putih.

3. Emas Merah Muda

Ciri ciri emas merah muda adalah warnanya yang seperti merah dicampur dengan kuning yang sering disebut dengan rosegold. Karena warnanya yang unik, perhiasan emas merah muda cukup populer di kalangan perempuan.

4. Emas Biru 

Emas biru dihasilkan dengan mencampurkan besi murni dengan emas murni.

5. Emas Hijau

Emas hijau dihasilakn dengan mencampurkan emas murni 24 karat dengan perak murni, kadmium dan tembaga.

6. Emas Ungu

Emas ungu dihasilkan dengan mencampurkan emas murni dengan aluminum. Ini adalah emas yang selalu dicari masyarakat karena warna ungu keemasan yang cantik.

7. Emas Cokelat

Emas cokelat dihasilkan dengan mencampurkan emas murni, palladium dan perak murni bersamaan.

8. Emas Jingga

Emas jingga terlihat lebih kuning kemerahan karena menyampirkan emas murni, perak murni dengan tembaga. Warna dari emas jingga bisa disesuaikan dengan menambahkan atau mengurangi komposisi tembaga dan perak murni.

Baca Juga: Ingin Melakukan Investasi? Yuk, Ketahui Aplikasi Investasi Yang Cocok Untuk Pemula!

Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Dengan semakin gampang untuk melakukan investasi emas, jika seseorang ingin menabung emas atau membeli emas harus yakin dengan perbedaan emas asli dan palsu. Harus diingat bahwa emas adalah logam mulia dengan nilai ekonomi yang tinggi karena itu harus sangat waspada. Untuk mengecek keaslian emas, ada beberapa cara membedakan emas asli dan palsu yang bisa dilakukan, ketahui cara – caranya di bawah ini! 

1. Kode Emas Asli 

Salah satu ciri ciri emas asli adalah dengan adanya kode emas asli pada permukan emas yang menunjukkan kemurnian emas tersebut. Namun, ciri ciri ini biasanya ada pada emas batangan jadi jika membeli emas batangan dan tidak melihat adanya cap yang menandakan kemurnian emas maka keaslian emas harus dipertanyakan kepada penjual.

2. Tidak Berbekas pada Kertas 

Salah satu cara membedakan emas asli dan palsu adalah dengan menggoreskan emas ke kertas. Jika emas tersebut merupakan emas murni maka tidak akan meninggalkan jejas atau bekas saat digores ke kertas. Namun, jika meninggalkan bekas goresan maka bukan emas murni.

3. Tidak Bereaksi pada Asam 

Selain dilakukan oleh profesional, tes emas dengan cairan rumah juga bisa dilakukan untuk mengecek keaslian dari emas. Salah satu cairan rumah yang bisa digunakan untuk mengecek keaslian emas adalah cuka. Teteskan cuka pada permukaan emas dan lihat jika logam berubah warna berarti bukanlah emas murni, tetapi jika warna tidak berubah maka itu adalah emas murni.

4. Tidak Menempel pada Magnet 

Emas bersifat non – magnetis, karena dari itu, salah satu cara mengecek emas asli atau palsu adalah untuk didekatkan dengan magnet. Jika saat didekatkan dengan magnet emas saling tolak menolak, maka emas tersebut asli, tetapi jika saling mendekat hingga menempel berarti itu bukanlah emas asli.

5. Semakin Murni Semakin Lunak 

Ciri ciri emas asli merupakan logam mulia lunak yang menyebabkan emas sangat mudah untuk dibentuk. Semakin tinggi kadar karat emas maka akan menjadi semakin lunak. Cara membedakan emas asli atau palsu bisa dilakukan dengan menggigit permukaan emas. Jika meninggalkan bekas maka itu adalah emas asli, tetapi jika tidak bisa jadi palsu. 

Jika mencoba teknik ini, jangan langsung membeli emas, cek keaslian menggunakan cara lainnya karena timah juga merupakan salah satu logam lunak.

6. Warna yang Tidak Mudah Pudar

Perbedaan emas asli dan palsu bisa di cek di rumah menggunakan produk makeup, khususnya foundation. Cara melakukannya adalah dengan meratakan foundation pada permukaan tangan dan gosokkan emas ke area yang sudah dibalurkan foundation. Jika emas tersebut palsu, maka tidak akan berubah warna, tetapi jika berubah menjadi warna hitam maka emas tersebut asli,

7. Emas Asli Jika Dibakar Tidak akan Berubah Bentuk 

Ciri ciri emas asli adalah emas asli jika dibakar tidak akan berubah bentuk, tetapi warnanya akan mengalami perubahan. Pada umumnya, emas asli yang dibakar akan berubah warna menjadi hitam jika dibakar akibat logam yang bereaksi dengan oksigen di udara akibatnya warna emas bisa bervariasi setelah menghasilkan oksida yang berbeda.

Nah, itulah cara membedakan emas asli dan palsu. Saat melakukan investasi emas atau membeli perhiasan emas jangan lupa untuk menyimpan dokumen sertifikat emas agar bisa dipertanggung jawabkan jika terjadi sesuatu. Selain emas, kesehatan juga bisa dibantu pertanggung jawabkan, lho. Memiliki asuransi bisa membantu menjaga kesehatan tubuh saat terjadi hal – hal yang tidak terduga terutama bagi orang tua dimana badannya mulai rentan dengan penyakit.

asuransi penyakit kritis orang tua

Saat ini Super You sedang mengadakan kampanye MY LOVELY PARENTS untuk menjaga kesehatan orang tua dimana dengan membeli produk Super Well Protection akan mendapatkan hadiah alat monitor kesehatan untuk mengecek gula darah, asam urat dan kolesterol. Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut.

Artikel Terkait