cara menabung emas

Jika kamu mempunyai uang lebih, maka sudah waktunya kamu memikirkan jenis investasi. Salah satu yang paling menguntungkan adalah emas. Namun, kamu harus tahu terlebih dahulu cara menabung emas yang benar untuk pemula.

Kenapa Menabung Emas?

Sebagai salah satu jenis logam mulia, emas mempunyai jumlah yang terbatas. Karena itu, harga emas pun akan selalu naik karena dianggap langka, sementara peminatnya banyak. Tentu saja menabung emas jadi lebih menguntungkan dibandingkan menabung uang yang nilainya terus menurun karena terkena inflasi. 

Selain daripada itu, nilai emas juga tetap bertahan tinggi. Bahkan di kondisi pandemi COVID-19 pun, emas tetap menjadi salah satu investasi populer karena nilainya tergolong stabil. Risiko sebagai investor pemula pun jadi kecil. Baca juga, 7 cara investasi emas untuk pemula

Kenaikan harga emas pun cukup tinggi. Dalam 5 tahun terakhir saja, kenaikan harganya hampir sebesar 50%. Sebagai bandingan, jika kamu membeli emas dengan harga beli Rp8 juta di tahun 2017, sekarang sudah menjadi Rp12 juta. 

Pada umumnya, orang pun menabung emas melalui pegadaian.

Manfaat Menabung Emas di Pegadaian

Pegadaian adalah perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang menyediakan layanan pinjaman serta tabungan emas. Banyak orang pemula yang mencoba untuk menabung emas dengan membuka rekening tabungan emas di Pegadaian ini. 

Manfaat menabung emas di Pegadaian antara lain:

  • Bisa online maupun offline;
  • Bisa buka rekening mulai dari 0.01 gram;
  • Terpercaya karena dari pemerintah;
  • Jaminan emas 24 karat;
  • Biaya admin yang tergolong rendah.

Karena itu, kamu pun bisa mencoba menabung emas di Pegadaian.

Cara Menabung Emas di Pegadaian

Di Pegadaian, kamu bisa membuka rekening tabungan emas dengan 2 cara, yaitu secara offline maupun online. Namun, sebelumnya pastikan kamu setidaknya sudah berumur 17 tahun dan sudah mempunyai kartu identitas berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk).

Berikut caranya!

Cara Menabung Emas di Pegadaian secara Offline:

  1. Siapkan dokumen berupa KTP dan pergi ke Kantor/Agen Pegadaian terdekat.
  2. Minta dan isi formulir untuk membuka Rekening Tabungan Emas.
  3. Biaya biaya buka rekening dan biaya fasilitas tahunan sejumlah Rp40.000.

Dan selesai! Mudah, bukan? 

asuransi digital

Cara Menabung Emas di Pegadaian secara Online

  1. Download aplikasi Pegadaian Digital di gadget kamu.
  2. Lakukan langkah pendaftaran dan isi formulir pembukaan Rekening Tabungan Emas.
  3. Upload dokumen berupa KTP atau Paspor ke aplikasinya.

Selesai! Jika kamu ingin mempunyai buku rekeningnya, kamu bisa mengunjungi Kantor Pegadaian terdekat maks 180 hari setelah membuka rekening tersebut.

 

Baca Juga :

 

Hal Lain yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menabung Emas

Kamu pun perlu memperhatikan beberapa informasi penting, misalnya: 

  • Kamu bisa membeli emas dengan minimal 0.1 gram dan top up seusai kelipatan 0.01 gr sesuai harga emas pada hari tersebut. Karena itu, pilih hari yang tepat dimana harga emas sedang tidak terlalu tinggi.
  • Jika kamu ingin mencairkan, kamu bisa buyback ke Pegadaian dimana Pegadaian akan memberi kamu uang sebagai ganti emasnya. Namun, minimal jual adalah sebesar 1 gram. Kamu pun bisa melakukan ini di Kantor Pegadaian tempat kamu membuka Tabungan.
  • Kamu bisa mencetak emas batangan dalam bentuk kepingan mulai dari 5 gram sampai 100 gram. Namun, ingat bahwa ada biaya cetaknya ya.
  • Kamu bisa top up dengan menggunakan ATM dengan jumlah top up harian sebesar min 0.01 gram hingga maks 100 gram.

Jadi, apakah kamu sudah siap mencoba tips menabung emas? Semoga beruntung ya!