cara menabung di bank

Menabung di bank memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Kendati demikian, masih saja ada beberapa pihak yang belum mengetahui cara menabung di bank.  Padahal,  kebiasaan menabung membawa manfaat tersendiri bagi diri sendiri sebagai bentuk investasi untuk hari tua. 

Kelebihan Menabung Di Bank

Ada banyak cara berinvestasi, salah satunya adalah menabung di bank. Dengan menyimpan sebagian uang di bank. Maka memudahkan kamu melakukan transaksi keuangan lainnya. Seperti mengirim atau menerima kiriman uang dari pihak lainnya. 

Berikut adalah beberapa manfaat menabung di bank, antara lain:

  • Praktis dan mudah
  • Terjamin keamanannya
  • Memperoleh berbagai keuntungan
  • Keuangan menjadi lebih terencana

 

5 Langkah Mudah Cara Menabung di Bank

Bagi kamu yang belum mengetahui cara menabung di bank, berikut panduannya. 

1. Menyiapkan Dokumen Identitas Diri

Panduan cara menabung yang pertama adalah menyiapkan dokumen identitas diri, seperti KTP dan NPWP. Bahkan ada beberapa Bank yang meminta KK sebagai prasyarat administrasi. 

2. Mempersiapkan Uang Tunai Untuk Setoran Awal

Tips menabung selanjutnya adalah menyiapkan uang tunai untuk setoran awal pembukaan rekening. Sesuaikan dengan batas minimal saldo di bank yang kamu pilih. Umumnya, berkisar antara Rp. 100.000 sampai Rp. 500.000.

3. Mendatangi Bank Pilihan

Berikutnya, datangi bank yang sudah kamu pilih sebelumnya. Membuka rekening baru tidak perlu mendatangi kantor pusat atau cabang utama. Kamu bisa mendatangi kantor cabang pembantu yang lokasinya. 

Biasanya petugas keamanan akan mengarahkan kamu kepada pegawai customer service (CS) yang akan menjelaskan langkah-langkah cara menabung. 

4. Mengisi Formulir

Selanjutnya, sampaikan tujuan Kamu mendatangi bank, yaitu ingin membuka rekening bank yang baru. Pegawai CS akan menyerahkan formulir pembukaan rekening baru. 

Mintalah bimbingan pegawai CS saat  mengisi formulir. Perhatikan beberapa hal terkait jenis tabungan, dan  keuntungan yang akan kamu dapatkan. 

Pegawai CS juga akan menerangkan beberapa produk tabungan dan fasilitas yang tersedia di bank tersebut. Jangan ragu untuk bertanya tentang titik impas, berapa bunga bank dan biaya administrasi bulanan agar saldo tidak terpotong. 

asuransi digital

5. Mengaktivasi Internet Banking dan SMS Banking

Seiring perkembangan zaman, hampir semua bank mempunyai aplikasi mobile untuk memudahkan nasabah bertransaksi. Pada saat mengisi formulir pembukaan rekening, jangan lupa meminta untuk mengaktifkan internet banking dan sms banking.

Setelah CS membantu proses pembuatan akun rekening yang telah kamu isi  sebelumnya. Maka secara resmi kamu telah memiliki rekening di bank tersebut. 

Biasanya CS juga akan memberikan kartu ATM dan meminta kamu mengatur pin ATM sebelum meninggalkan tempat.  ATM adalah anjungan tunai mandiri yang memudahkan kamu melakukan transaksi tanpa harus datang langsung ke kantor bank dan melalui teller. 

Baca Juga :

 

Cara Menabung di Bank Melalui Mesin ATM

Saat ini, kamu dapat menyetorkan sejumlah dana tunai dengan menggunakan mesin ATM.  Cara menabung seperti ini jauh lebih praktis daripada harus mendatangi bank dan mengantre panjang. 

Ikuti langkah-langkah cara menabung melalui ATM berikut ini:

  • Carilah mesin ATM bank tempat kamu biasa menabung.
  • Selanjutnya pilih ATM yang mempunyai fitur “Setor Tunai”.
  • Siapkan uang yang ingin kamu tabung. Biasanya pecahan Rp50.000 dan Rp100.000.
  • Masukkan kartu ATM pada mesin.
  • Kemudian pilih menu “Setor Tunai” atau “Setoran Tunai”.
  • Masukkan uang pada lokasi yang tersedia. Pastikan uang dalam tidak berlipat, tidak sobek dan rusak.
  • Kemudian mesin akan menghitung jumlah uang dan memberikan informasi jumlah setoran. 
  • Kamu perlu mengkonfirmasi dengan menekan tombol OK.
  • Proses setor tunai pun selesai. Kamu akan mendapatkan bukti setoran melalui slip yang keluar dari mesin ATM. 
  • Lakukan pengecekan saldo tabungan untuk memastikan. 

 

Apa Kamu Siap Mengembangkan Kebiasaan Menabung?

Demikian informasi terkait tentang cara menabung di bank melalui kantor bank atau menggunakan ATM. Seiring perkembangan zaman, Kamu pun dapat menabung  atau membuka pendaftaran rekening baru melalui online. 

Semoga ulasan tentang cara menabung di bank bermanfaat dan membantu kamu yang berinvestasi untuk hari tua. Selamat menabung!